B.B: Alamak!!!! Kena Suspended!!

Alamak!!!

(ini cara orang Melayu bilang ‘Astaga!!!)

Perdagangan di Bursa Saham Indonesia dihentikan (suspended)….

Padahal hari Rabu ini adalah jadwal rutin bulanan saya untuk membeli ETF-LQ45.  Pantas ‘pesanan’ saham hari ini saya kok tidak dapat-dapat. Ketika saya cek, kok aneh ada garis ‘lurus’ di grafik bursa?

Kok lurus?

Ternyata pagi ini Otoritas BEI memutuskan untuk menghentikan perdagangan di bursa saham per jam 11.08, karena IHSG mengalami penurunan hingga 10,38%. IHSG menorehkan prestasi sebagai bursa ‘paling jelek‘ di dunia hari ini. Setidaknya begitu kata detik.com

Sebagai investor, saya malah merasa terbalik dengan apa yang dikatakan oleh detik.com. Bagi saya, hari ini justru bursa saham kita menjadi 10,38% lebih atraktif dibandingkan kemarin (dan saya yakin Mister Ben akan setuju dengan saya untuk hal ini). Dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 2800, berarti saham lokal sudah kena diskon hampir 50%.

Saya tahu bahwa tidak semua orang akan memiliki antusiasme yang sama seperti saya terhadap kondisi saat ini, terutama teman-teman yang sudah memegang saham-saham di bursa lokal sejak dahulu. Dalam kondisi seperti ini, saya merasa perlu  untuk berbagi pikiran saya dengan teman-teman investor agar bisa melihat situasi saat ini dari sudut pandang Investor Value.

Sebagian teman-teman yang justru mulai berinvestasi sewaktu IHSG berada di dekat titik puncak, mungkin saat ini sudah mengalami ‘unrealised-loss’ yang cukup besar, terlebih jika selama ini cara mengelola uangnya lebih condong ke spekulasi daripada investasi. Saya hanya bisa menyarankan untuk ‘tidak menangisi susu yang sudah tumpah’. Jadikan kesalahan yang lalu sebagai pelajaran bagi diri kita masing-masing:

  1. Mulailah menyusun portofolio investasi yang baik dan berimbang dengan menggunakan instrumen Saham dan Obligasi seperti yang diajarkan oleh Benjamin Graham.
  2. Gunakan Index Investing untuk menghindari kesalahan Stock-Picking ataupun Sector-Picking.
  3. Lakukan program investasi rutin dengan menggunakan metode DCA (Dollar Cost Averaging) secara disiplin untuk menghindari kesalahan Market-Timing.
  4. Ubah pola pikir dari pola pikir Penyewa Saham menjadi pola pikir Pemilik Usaha.

Jalankan langkah-langkah di atas dengan disiplin dan teman-teman akan bisa merasakan hasilnya di kemudian hari.

(Hmm… sesi 2 BEI nanti dibuka tidak ya?)

33 Comments

Filed under B.B (Berita Besar)

33 responses to “B.B: Alamak!!!! Kena Suspended!!

  1. rzm

    Bro, efek psikologis dari suspensi ini apa yah ??? Maksudnya terhadap kondisi perekonomian makro kita.

  2. Temanggung

    Setelah kemarin Pemerintah (Departemen Keuangan) memberikan pengumuman untuk tidak melakukan lelang SUN lagi, sekarang giliran BEI yang suspend,, siapa yang akan bikin berita lagi?gara-gara subprime mortgage juga ya?

  3. masalahnya adalah kemudian hari itu kapan ?

  4. frengky

    Saya pikir saat2 seperti ini justru momen2 yg tepat buat invest ke saham. Mumpung harganya lagi murah2nya. Kita bisa berkaca dari peristiwa krismon th 97-98 n melihat bagaimana pesatnya pertumbuhan saham dlm 8 th ke depan.

  5. gelo

    bagus lah di suspend utk mengurangi kepanikan orang yg ikut ikutan aksi jual.
    buat asing yg lagi jualin sahamnya mungkin jadi cari pasar saham lain utk dapet likuiditas.

    bukan cuma saham, pasar obligasi juga turun drastis. jadi mangsa buat yg pengen beli obligasi murah. yg tadi 90-an sekarang tinggal 80-an.

    habis gelap terbitlah terang..

  6. putrie_kmps

    Bung dapat kabar nih, klo besok regional masih berdarah-darah suspend akan diperpanjang. Eh bung nikken dicariin anak2 di thread tuh, jarang nongol di sana.

    Wah klo pasar tutup terus bisa2 ga gajian ni bulan depan, efek jangka panjangnya nikah bisa ditunda nih, hihihihi…..kabur….

  7. hm….keputusan untuk suspend sih bagus untuk menyelamatkan kejatuhan yang lebih dalam lagi..
    masalahnya kenapa ditengah2 perdagangan.. Ini kan sama aja lagi makan…(bahkan baru mau suap)..piring dan sendoknya diambil dan mau dicuci…. apa ga pengen melotot nih mata….

    Kalau dari pagi kan jelas…dan banyak yang terselamatkan…Ato BEI mau hajar yang tiba2 langsung nge short ISAT…

  8. Chibikenshin

    Bro Edison, saya masih bingung,
    di yahoo finance malam hari ini dikatakan kalo bank2 negara lain di dunia lagi menurunkan rate, sedangkan bank indonesia kemarin malah menaikkan rate?
    Kalau hal ini dilakukan agar uang asing malah masuk ke indo karena suku bunga naik, tapi dengan naiknya rate kan membuat saham jadi turun.
    Mengapa pemerintah lebih menjaga rupiah daripada saham?
    Thanks

  9. haduh untuk anak ipa mencerna masalah ekonomi ini sungguh sulit *halah*

    Edison: Kalau dimulai dari artikel ini, mungkin akan sulit🙂 Cobalah baca artikel-artikel yang lama, terutama seputar krisis Subprime (artikel seri Warung Soto) dan krisis Kredit. Dua-duanya ada di kategori “Saya Suka Cerita Ekonomi”

  10. tonyjkt

    dah lama gak nongol tau2 dah banyak neh yg harus dibaca… ikut komentar ah….

    kalo aku seh kurang setuju banget klo harus di suspend… ini kan pasar, masalah ada orang untung dan ada orang rugi kan ya biasa lah… gak adil dung kemarin naik gila2 an IHSGnya ko gak di suspend, malah dengan bangganya klo bursa kita yg terhebat di asia bla bla bla…. nah klo sekarang bursa kita paling buruk ya biar2 aja lah… toh klo emang udah bener2 drop banget ya pasti banyak yg masuk juga…. nah klo kondisinya gini bagi yang dah jual sahamnya saat kemaren2 trus mao belanja kan gak bisa trus fee buat sekuritas jg gak ada… nah lo… BEI mao gak tuh gantiin fee buat para sekuritas… masa klo ijo2 aja teriak2 bursa kita hebat… trus klo pada merah di suspend…. nah kira2 ini pelanggaran HAM gak ya (wih, tinggi amet ngomongnya) kita2 yg mao jual ato mao beli saham tp gak bs gara2 disuspend..?

  11. Tom

    Saya rasa “suspend” udah bener. Biar sempat koordinasi dan defend secara serentak, bukan sendiri-sendiri.

    Mana ada yg “Fair” sih di trading. Mumpung jd authority, mesti manfaatin hehe..

    Hasilnya tadi malam.. BUMN di-komando “buy-back”, prosedur buy-back buat corporate di-perlonggar, gak usah RUPS lagi (kita liat si Bakrie beneran buy-back gak besok. kemaren alasannya mau RUPS dulu).

    Berita di mana-mana mengkampanyekan “It’s A Good Time To Buy..” Ada issue pembelian USD akan dibatasi.

    Karena masalah kita kali ini adalah kepercayaan, sy rasa langkah pemerintah cukup jitu.

    So.. Bursa Asia mulai rebound, rapat tadi malam uda berhasil merapatkan barisan. Besok, BEI buka lagi, mestinya momentum OK. Tinggal bayangkan S.B.Y jadi Leonidas aja, hehe..

    Eng.. Ing.. Eng.. Prepare For The GLORY!!!

  12. rotyyu

    Sangat mengenaskan memang akibat dari krisis di negeri Paman Sam ini…

  13. antialias

    pak edison, gimana nih kira2 pengaruhnya terhadap sektor riil –bukan sektor finansial di Indonesia? Apakah kondisinya bakalan mirip tahun 1998?

  14. ycs

    Saya ingin tanya, bagaimana dengan nasib reksadana, sebab mulai tgl 25 Sept sebenarnya saya ingin redeem untuk pegang cash dulu ( rugi 10%) daripada ikut turun sampai ke bottom (kalau rebound nanti rencana ambil lagi), tapi masih menunggu sampai rugi 15%, 20%, sekrang sudah rugi 50% hanya dalam waktu 2 minggu.
    hari rabu sudah saya bulatkan tekad untuk redeem, sayangnya kemarin di-suspend, dan ada tanda-2 sudah bottom line, saya jadi ragu untuk redeem.
    Namun saya ada kekhawatiran karena hari kamis ini masih suspend, apakah bila bursa dibuka, bukannya malahan investor panic seperti saya malah panic selling. Misal : jumat besok buka, langsung turun 10% lagi ke 1305. Suspend. Senin buka suspend turun 10% lagi ke 1175, suspend. Selasa, dst . APAKAH TIDAK LEBIH BAIK CUT LOSS, atau biarkan 3-5 tahun seperti kata2 analyst saja ? Terima kasih sebelumnya.

  15. Tom

    @ycs

    Gimana kalo jumat anda redeem, ternyata senen market rebound naik 20%?

  16. putrie_kmps

    @Tom

    Klo ga jd redeem ternyata market makin turun jg?

    Kembali lagi ke tujuan awal investasi dan metode yg digunakan, jgn ikut kt org dech, tar nyesel lg. Ikuti perasaan di hati aj… cewek bgt yach

  17. gak ngerti mode:)

    yg jelas orang jepang juga bilang “alamaa!”, kalau kaget mirip “alamaak”-nya kita….he..he.

    maaf OOT
    salam

  18. Tom

    @putrie

    betul, setuju. mending “salah” sendiri ketimbang “salah” ikut orang, kekeke..

  19. congo

    let’s just hope for the best and prepare for the worst🙂 atur aja deh, tar pasti diingetin sama edison buat baca gimana pake strategi defensif

  20. Midut

    @ Bung Edison

    Hari ini BEI rencana buka, gmn bung jadi beli ETF-nya?? Pagi tadi bursa US masih anjlok,walaupun kemarin sempat naik dikit,
    apa bung Edi gk nunggu aja?? Gmn pendapat bung??Good luck & GBU

    Midut

  21. putrie_kmps

    Pak Edison

    Hari ini IHSG buka, tapi menurut saya masih akan turun, klo mau beli jgn mpe kesiangan takutnya disuspend lagi.
    hihihihi…..

    @Midut
    Pak Edison ga akan nunggu, ini aja udah telat dari jadwal… deadlinenya udah kelewat

  22. putrie_kmps

    Info terbaru Sesi 1 hari info tidak adi buka
    blm tau sesi 2.

    Sabar ya bung Nikken

  23. Midut

    Sepertinya begitu putrie…
    klo “sinyal” yg sy dpt sih sesi 2 jg gk akan dibuka.
    he he he bung Edi gk lg deh pergi k pasar🙂

  24. ycs

    @ tom

    justru itu yang menyebabkan saya ragu-2 untuk redeem. Apalagi kalau bung edison justru mau ke pasar (beli) berarti optimis kan sudah rendah. Tapi di satu sisi, berita indeks regional dan global yg semakin jelek buat saya ketar-ketir apakah kerugian saya bukannya 50%, malah akan jadi 60, 70% dst. kalau sudah begitu, otomatis biarkan dulu deh. Any suggestion

  25. putrie_kmps

    Bung nikken ga bikin “B.B: Alamak!!!! Kena Suspended Lagi!! ”

    hihihihi….

  26. Dan ini menjadi bukti kalau sistem saham tak bisa secure …. mari beralih lagi ke standart emas …

  27. Tom

    @ ycs

    saya ngerti banget dilemma anda. masalahnya adalah kita tidak akan tahu besok, bulan depan, harga saham anda akan naik/tidak. sy pernah di situasi demikian dan terus terang tidak sehat bgt, hehe.

    kalo sy jadi anda, sy akan mencoba berpikir dalam kerangka waktu jangka panjang karena proyeksi akan lebih jelas dan segala sesuatu menjadi lebih simple.

    so kalo saya jadi anda.. saya akan pasif saja. krn lebih gampang membedakan BEAR ama BULL daripada BEAR kecil atau BEAR besar. Dan baru jual saat BULL, meskipun itu berarti bisa 3-5 tahun lagi.

    untuk membantu, saya akan melakukan pembelian kecil2-an secara teratur dengan dana jangka panjang sambil average down.

    mungkin hambatannya adalah bila dana investasi anda diperlukan untuk jangka pendek. kalo itu, pertimbangannya adalah seberapa penting dana itu, jangan di-campur aduk ama Profit – Loss lagi.

    good luck, man.. spt kata Guru_Edi kita, ini saat yg sangat menarik. Tinggal bagaimana kita berpikir dengan akal sehat dan menguatkan mental dengan.. ke blog JS minimal 1x sehari hehe..

  28. salam
    ya begitulah pasar skg volatile sekali, bisa bikin shock euy klo portofolio ancur2an😀 *sotoy gw*

  29. Midut

    @ Muda Bentara

    Klo beli emas sekarang bukannya lagi mahal,mas??
    klo aq sih tahan dulu aja, so pas harga emas turun bru bli, skrg sih pgnnya spt bung Edi (pergi ke pasar) he he he

    Midut

  30. aryk

    sebagai awam, saya punya pertanyaan sederhana tapi jawabannya pasti ndak sederhana:
    – apa ini bakal jadi krismon jilid lanjutan?

    klo SBI naik, otomatis kredit yg lain bakal naik. kredit rumah, kredit motor, kredit panci, kredit barang2 elektronik, dan kawan2nya.
    gak cuman kredit, yg tunai juga bakal naik krn dollar naik.

    kredit dan tunai pada naik padahal gaji gak naik. mudah2an ndak ada perampingan massal🙂
    amin.

  31. ycs

    @ TOM
    ok thanks atas advisnya

    @edison
    Btw, apakah beli ETF LQ-45 itu maksdunya beli indeks LQ45. mohon pencerahan. thanks

  32. Pranar

    Bro,

    Sorry di luar bahasan dikit, hanya penasaran pengen tau…

    Disini bro nunjukkin grafik bursa, bro dapetin grafik itu dari mana ya?? koq bisa langsung dapetin yang live, apakah pake software khusus atau live di internet ya?? kalo boleh bagi-bagi ilmunya donk, supaya bisa ikutan monitor yang live-live juga..

    di artikel tentang ETF juga bro nunjukkin harga ETF dan sepertinya itu juga nilai live ya bro?? itu software apalagi??

    Edison: Rata-rata software utk trading dari broker online biasanya menyediakan yang seperti ini. Grafik ini adalah screenshot dari software IPOT

    Meskipun demikian, saran saya bagi yg belum terbiasa, sebaiknya jangan melihat data ‘live’ seperti ini, karena saya khawatir timbul godaan utk menjadi trader🙂 Bagi saya sendiri, chart seperti itu tidak berarti dan jarang sekali saya lihat (kalau lihat pun hanya krn iseng). Takutnya, nanti ‘terhipnotis’ chart dan malah jadi chartist… hahaha🙂

    hehe teknis dasar banget nanyanya ya?? thank’s

  33. Kirana

    Thanks atas infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s