EVENT: Presentasi Reksadana Kresna Indeks 45

Salah satu keluhan utama saya mengenai dunia Index Investing di Indonesia adalah sedikitnya pilihan yang tersedia bagi para index investor dibandingkan dengan di negara maju seperti Amerika. Selama ini para investor yang tertarik untuk melakukan index investing hanya bisa memilih di antara Reksadana DINAR dan ETF R-LQ45X, di mana dalam artikel yg lalu saya telah mencoba melakukan perbandingan kelebihan & kekurangan keduanya.

Kurang ‘ramai’-nya dunia Index Investing Indonesia, pada akhirnya tentunya akan merugikan para investor karena rendahnya ‘kompetisi’ antara instrumen itu. Oleh karena itu, ketika seorang pembaca blog menyampaikan kepada saya bahwa telah datang sebuah wajah baru di dunia index investing Indonesia, sejujurnya saya merasa ‘excited’ sekali. Harapan saya adalah bahwa dengan adanya ‘pendatang baru’ di dunia Index Investing ini, akan terjadi persaingan yang lebih sehat yang tentunya akan menguntungkan bagi para Investor.

‘Pendatang baru’ di dunia Index Investing Indonesia yang ingin saya bicarakan kali ini adalah Reksadana Kresna Index 45. Produk Reksadana ini dikeluarkan oleh Kresna Securities (Kresna Graha Sekurindo TBK).

—–oOo—–

Dari pembicaraan singkat melalui telepon dengan Marketing dari Kresna Securities, saya diinformasikan bahwa Reksadana Index tersebut mengacu kepada indeks LQ-45. Sayangnya, prospektus lengkap Reksadana tersebut belum tersedia online, dan masih berbentuk hard-copy yg akan dikirimkan melalui pos. Meskipun demikian, marketing tersebut menjanjikan untuk mengirimkan ‘brosur singkat’ melalui e-mail untuk Reksadana ini (akan saya upload setelah saya menerimanya).

Selain meminta prospektus, dalam pembicaraan melalui telpon itu, saya sempat juga ‘mengorek-ngorek’ tentang berbagai fee/biaya yang terkait dengan reksadana ini. Seperti yang telah saya tekankan selama ini, besarnya fee/biaya yang ditanggung oleh Investor akan sangat mempengaruhi hasil dari Investasinya. Meskipun Marketing tersebut belum berani memberikan komitmen Fee/biaya melalui telpon, dalam pembicaraan singkat tersebut, sepertinya Fee/biayanya akan cukup kompetitif dibandingkan dengan Reksadana DINAR.

Ketika saya menyampaikan bahwa ada beberapa teman yang juga tertarik dengan Index Investing, Marketing tersebut lalu menawarkan untuk memberikan presentasi privat utk group. Dalam presentasi itu, selain akan dijelaskan informasi yang lebih detail tentang reksadana indeks baru ini, sepertinya (dari ucapan Marketing tersebut) kita juga akan bisa mendapatkan tawaran diskon fee/biaya. Tawaran presentasi ini sendiri menurut saya cukup menarik, terlebih setelah timbulnya sedikit kekecewaan saya terhadap ETF R-LQ45X.

—–oOo—–

Waktu dari presentasi ini sendiri belum saya pastikan dengan marketing yang bersangkutan. Ini karena saya terpikir bahwa mungkin ada beberapa pembaca blog yang tertarik untuk mengikuti acara presentasi ini. Mungkin dengan datang secara kolektif (beramai-ramai), teman-teman bisa mempunyai posisi ‘tawar-menawar’ yang lebih baik.

Adapun utk pelaksanaan presentasi tersebut, alternatif waktu yang ditawarkan kepada saya adalah sewaktu jam makan siang, ataupun sore seusai kerja. Sebenarnya selain waktu ini pun bisa, tetapi saya pikir mungkin dua pilihan tersebut akan lebih ‘cocok’ utk teman-teman yang bekerja. Untuk Alternatif tanggal, sementara ini adalah 24 Oktober (Jum’at ini) ataupun 28 Oktober (Senin depan).

Tempat presentasi sementara ini adalah kantor Kresna Securities di Gedung BEJ, Tower 1, lantai 30.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mengikuti presentasi ini, mohon mendaftarkan diri melalui komen di artikel ini, dengan mencantumkan waktu yg paling ‘cocok’ baginya. Pilihan akhir tanggal dan waktu presentasi akan saya tentukan berdasarkan ‘suara terbanyak’.

Sebagai catatan akhir, saya merasa perlu menambahkan bahwa saya tidak mempunyai kaitan apapun dengan Kresna Securities. Saya juga tidak mendapatkan ‘imbalan’ dalam bentuk apapun dari Kresna Securities. Artikel ini saya tulis murni sebagai informasi saja, dan bukan merupakan rekomendasi untuk berinvestasi melalui reksadana tersebut.

36 Comments

Filed under EVENT

36 responses to “EVENT: Presentasi Reksadana Kresna Indeks 45

  1. Ok, siapa yg tertarik utk datang ke presentasinya? Saya yg pertama🙂

    Putrie, kamu harus ikut, tempatnya satu gedung sama kamu…nggak ikut awas… hahaha

  2. Nata

    Mmmh… kyknya belum bs datang deh.. maaf ya mas mudah2an lain waktu bs datang….
    Tp jangan lupa lho ya….. bagi2 ulasannya ttg produk ini…

    Tq.

  3. toto_lutu

    Wah..bagus tuh ada presentasi..
    Kalau bisa sih, saya juga mau datang..biar bisa dapat diskon juga..🙂
    Titip absen saja deh sama bro Ed..

    *Kalau dapat diskon, minta supaya itu berlaku untuk satu group yah..😉

  4. Ut

    saya menunggu upload brosurnya saja..:D

  5. putrie_kmps

    iya saya ikut, mau jumat atau senin hayuk aja. Tapi sepertinya mending senin dech biar yang ikut lebih byk, karena br diumumin nih. Klo jumat terlalu mendadak.
    Wah saya baru tahu klo Kresna Graha kantornya di BEI, klo tau saya samperin aja kemarin.

  6. sereno

    Sayang sekali gak bisa ikut karena lokasi di luar Jawa…:(
    Ditunggu informasinya dan semoga lancar!

    Thanks & GBU, bro Edison.

  7. xpoll

    sy prefer habis jam kerja aja………
    sementara saya daftar dl. liat sikon

    utk file, kemarin sy udah di kirimin ttg kresna index 45 ini, tp blm menjawab pertanyaan yg banyak, utamanya ttg fee, ngga di sebutin sama sekali

    Edison: Informasi tentang fee-nya juga hasil ‘interogasi’ lewat telpon. Tetapi baru berupa angka range, dan katanya masih bisa ‘ditawar’🙂

    Oh ya, ingat juga bahwa gedung BEJ itu terkena 3 in 1.

  8. ekanata

    Titip prospektus aja deh. Soalnya saya cuma sempat pas weekend, terutama weekend ini yg bertepatan dgn gathering nya BEI.

  9. toto_pwr

    Saya pilih senin, jam makan siang…
    Thanks..

  10. putrie_kmps

    @ ekanata

    Saya sebagai panitia gathering mengumumkan klo gatheringnya dibatalkan.

    Gara2 krisis pasar modal nih

  11. salam aja sama mbak IKA.ga bisa ikut.

  12. Halloo… salam kenal smua..
    Sebenernya udah beberapa kali baca postingan bro nikkentobi, tapi baru skali ini ngasi komen.

    New comer boleh ikutan ga? mau ikutan dong.. Prefer hari senin setelah jam kerja (soalna kantor di karawaci.. ^^; )

    TQ ya..

    Edison: Ya boleh lah, masak boleh dong? Durian aja dibelah bukan dibedong… (sorry garing jokenya, soalnya di mana kedengeran lagu project pop tersebut… )

  13. Sepertinya memang betul saran Putrie, lebih baik hari Senin saja, karena kalau besok agak ‘mepet’ mengingat ini baru saya umumkan kemarin…

    Sekarang pertanyaannya cuma tinggal Jam Makan Siang atau Usai Kerja🙂..

  14. tula

    saya jg di luar kota .. nitip info aja mas nikken dan mbak putrie🙂

    tp kalo beli dari mereka lgsg mesti agak repot ya beli nya .. secara saya tidak bisa kluar2 dari kerjaan sama sekali …

    Edison: Akan saya coba tanyakan tentang cara pembelian bagi pembaca blog yg di luar kota…

  15. blazy DK

    nasib….nasib…jauh dari ibu kota😦

  16. xpoll

    @yofa-yola,
    hahaha…. jadi yg handle sama yah, Ratu Ika…

    Kemarin yg reply imel sy juga Ratu Ika

    Jadinya senin yah??

    Nanya CW ah, minat jadi agennya kresna 45 ini ngga yah…😀


    Edison:
    Custodiannya Standard Chartered🙂 Mungkin sebelum ke CW, coba ke sana dulu

  17. Soft-copy Prospektus singkat Reksadana Kresna Index 45 telah saya terima dan saya upload ke widget Box.Net yang bisa diakses di Sidebar sebelah kanan.

    Saya baru membaca sekilas dan ada beberapa hal yang agak menarik yang saya baca. Tetapi untuk kali ini, saya tidak akan mengatakan apa hal tersebut.

    Tindakan saya ini tentunya ada alasannya. Setiap investor wajib membiasakan diri utk membaca prospektus sendiri (tanpa mengandalkan orang lain).

    Saya kerap mengatakan bahwa ‘satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas uang kita adalah kita sendiri’. Jika membaca prospektus pun enggan, seandainya investasi kita mengalami masalah, yang bisa kita salahkan hanyalah diri kita sendiri.

    Teman-teman yang telah membaca prospektus, bisa mendiskusikan isi prospektus tersebut di sini. Dengan demikian, dalam presentasi nanti, akan lebih siap utk ‘menginterogasi’ pihak Kresana Securities.

    Bagi teman-teman yang mempunyai pertanyaan yang belum terjawab di prospektus dan ingin ditanyakan kepada Kresna Securities, bisa menuliskan pertanyaannya di sini, dan akan saya tanyakan kepada mereka dalam presentasi.

  18. Setelah saya pikirkan kembali, pembahasan isi prospektus lebih baik di artikel yg baru saja

    Bisa utk ‘latihan’ para pembaca blog agar membiasakan diri membaca prospektus dengan teliti…

  19. mau ikut,,,,mudah2an bisa,,,salam kenal bro edison, saya baca hampir tiap tulisan dan nyimpen tulisan2nya juga…
    thanks ya!

  20. SunnY

    seusai kerja tuh jam brp ya ?

  21. Mungkin sekitar jam 5.30 atau jam 6

  22. By the way, saya lupa menambahkan acara presentasi produk seperti ini tentu saja GRATIS… (khawatirnya ada yang tidak jelas, krn ada yg menanyakan lewat e-mail).

  23. SunnY

    hehe.. kurang tempatnya son yg detail …
    thankss…

  24. bro ediison, thx berat atas infonya ttg RD ini. kebeneran saya lagi cari RD indeks selain yg punya IPOT. kira2 transaksinya kyk RD biasa (beli UP) atau sama dengan RX LQ 45, yg pake mekanisme bid-offer itu ya? thx atas pencerahannya…

    Edison: Kalau yg ‘punya’ IPOT itu adalah ETF, sedangkan kalau Kresna Indeks 45 ini merupakan Reksadana, jadi mekanisme pembeliannya berupa UP…

  25. Maaf agak terlambat koordinasinya….(2 hari ini lebih banyak spend time dengan family karena kebetulan adik saya sedang pulang ke Jakarta)..

    Dari hasil polling, suara terbanyak memilih utk slot waktu hari Senin seusai jam kerja. (9 orang)

    Untuk sementara ini, waktu tentatif yg saya ajukan adalah jam 6 sore. Besok pagi saya akan konfirmasikan ulang waktu tersebut dengan pihak Kresna securities.

    Mohon bagi yg tertarik utk ikut, e-mailkan nomor HP anda yg bisa saya hubungi utk memberi kabar kepastiannya (ke edison@janganserakah.com).

    Tempatnya nanti adalah di gedung BEJ. Mengingat tempat tersebut termasuk area 3-in-1, utk yg berminat ikut tetapi agak kesulitan masuk ke area tersebut, tuliskan juga di e-mailnya. Kemungkinan nanti kita berkumpul di luar area 3-in-1 (Senayan City?) lalu baru bersama-sama ke tempat itu.

  26. Dan jangan lupa, baca prospektusnya baik-baik… Siapkan pertanyaan yg ingin ditanyakan🙂

  27. squais

    Teman-teman, bagaimana hasil presentasi kemarin? Boleh di share gk?

    Thx

  28. putrie_kmps

    @ squais

    Hasil presentasi kita tunggu bung nikken menjelaskan, karena sepertinya masih harus menunggu beberapa jawaban dl dr pihak Kresna, ada beberapa informasi yang belum bisa diberitahukan secara langsung

    Oh iya jadinya yang datang cuma 3 orang termasuk bung Nikken, yang lain pada ke mana ya?

  29. Nata

    Yah.. ko tiga orang seh, tau gitu mah tak paksa2in dateng deh…. meskipun belon bs invest tp kan bisa nanya2 doank he he he he he he….(gak papa dunk muka tembok dikiiit…. itung2 nyari tempat diskusi gretongan he he he he he he he…)

  30. xpoll

    Sorry ga bisa datang jg.

    yg datang, yg dr karawaci siapa yah?

  31. SunnY

    aduh..
    mendadak sakit jd ga bs ikut huhuhu~~
    hasilnya gmn ya ???
    thanks before…

  32. putrie_kmps

    @ xpoll

    kok tau ada yang datang dr karawaci?

  33. info hasil ‘jalan-jalan’ saya, baca di artikel baru saja🙂

  34. xpoll

    putrie,

    Senin pagi sist Ika, datang ke tempat gw. Gw dah bilangin ada rencana kumpul2 senin sore….. kemungkinan gw datang…..

    Senin sore gw di konfirmasi jadi datang ngga… secara hari hujan/gerimis, pasti macet…. gw batalkan datang ….

    Selasa pagi kemarin, sist Ika datang lg, bawa temennya… nganterin form

  35. Dorojatun

    mungkin sedikit OOT: baru2 ini saya ikut reksadana dan sangat kecewa mengapa reksadana itu mirip sekali dengan ‘main index’.. kalau ihsg jatuh ikut jatuh persentasenya pun sama… apakah memang seperti ini? apakah perusahaan reksadana tidak punya strategy untuk mencegah jatuhnya yg terlalu cepat dsb. mohon informasinya thanks

    Edison:Jika bro mengatakan bahwa jika IHSG jatuh, maka reksadananya ikut jatuh dengan persentase yg hampir sama, maka ada kemungkinan (1) Reksadana itu adalah reksadana indeks; atau (2) Reksadana tersebut ukurannya sudah besar sehingga memang mau-tidak mau isinya sudah mirip-mirip dengan komponen indeks; atau (3) Meskipun bukan reksadana indeks, pengelola reksadananya cuma sekedar menjiplak isi index (index-hugging).

    Reksadana (mutual fund) mempunyai aturan-aturan yang harus dipenuhi utk operasionalnya, dimana peraturan-peraturan tersebut akan mempengaruhi kebebasan bergerak dari manajer investasinya. Misalnya saja ada saham yg bagus dan di-‘incar’ oleh manajer investasi… meskipun dia sangat menyukai saham tersebut, dia tidak berarti bisa membeli saham itu sampai 50% misalnya…

    Saran saya, jangan merasa kecewa, justru seharusnya merasa senang. Bagi investor sejati, kondisi pasar seperti ini justru merupakan saat yang paling menyenangkan. Mungkin bro bisa membaca-baca artikel lama blog ini yg menjelaskan mengapa demikian..

  36. Pingback: Tips Keuangan » Blog Archive » Prospektus Reksadana Kresna Indeks 45

Leave a Reply

