RahasiaBlogging.com: Lelucon Baru Joko Susilo

Tadi malam, saya sedang berjalan menuju mobil saya di parkir Basement kantor harian JanganSerakah. Ketika saya sedang mengeluarkan kunci mobil saya dari saku, tiba-tiba saya dikejutkan oleh sebuah suara yang datang dari sudut yang agak gelap di parkir Basement tersebut.

‘Pssst!!! Psssttt!!!!’

Pertama kali saya menoleh ke arah sumber suara itu, saya tidak melihat siapapun di sana. Setelah saya amati agak lama, baru tampaklah bayangan seseorang di balik tiang yang ada di sudut yang gelap tersebut. Tetapi saya tidak bisa melihat wajah orang tersebut. Ketika saya baru saja mulai menghampiri orang tersebut….

‘Jangan Mendekat!!!’

Langkah saya pun terhenti…

‘Ada apa pak?’ tanya saya dari tempat saya berdiri.

Tetapi orang tersebut membisu seribu bahasa. Merasa situasi itu terlalu aneh, dengan sedikit rasa was-was, saya pun lalu membalikkan badan dan berniat kembali lagi ke mobil saya. Tetapi saat itu juga….

Orang Tak Dikenal: Kamu pengelola blog JanganSerakah.com?

Edison: (sambil membalikkan badan) Betul pak, ada apa ya pak?

Orang Tak Dikenal: Saya punya suatu informasi yang akan sangat berguna bagi kamu

Edison: Oh ya? Informasi apa ya pak kira-kira?

Orang Tak Dikenal: Blog yang kamu kelola itu, kalau saya perhatikan masih sepi sekali. Padahal usianya sudah hampir 9 bulan, tetapi pengunjungnya setiap hari tidak seberapa. Masak sudah 9 bulan hitsnya baru 171.000. Artinya dalam sebulan, blog kamu dibaca tidak sampai 20 ribu kali…. Blog kamu tidak populer…..

Saya hanya tersenyum simpul mendengar ucapan orang tak dikenal tersebut.

Orang Tak Dikenal: Bagaimana kalau saya beri tahu kamu rahasia?

Edison: Rahasia apa pak?

Orang Tak Dikenal: Tentu saja rahasia agar blog kamu bisa menjadi ramai dan populer?

Edison: Wah, memang bisa pak?

Orang Tak Dikenal: Tentu saja bisa!!! Kamu itu masih ‘newbie’ di dunia internet. Makanya tidak tahu apa-apa… Coba lihat ini…!!

Sambil berkata demikian, orang tersebut melemparkan sebuah map ke dekat kaki saya. Terdorong oleh rasa ingin tahu saya, saya pun memungut map tersebut dan membukanya. Apa yang saya temukan di dalam map tersebut?

…..

Ternyata, di dalam map tersebut, saya menemukan selebaran iklan situs RahasiaBlogging.com. Selebaran tersebut menjanjikan bahwa dengan memakai rahasia dari RahasiaBlogging.com tersebut, sebuah blog rata-rata, yang tidak dikenal dan tidak diperdulikan bisa berubah menjadi salah satu blog paling sukses dan diperhitungkan.

Untuk membuktikan keampuhan rahasianya, di dalam map tersebut ada selembar kertas yang sepertinya merupakan hasil print-out gambar screenshot:

Statistik RahasiaBlogging.com

Statistik JokoSusilo.com

Selain dari screenshot berbentuk statistik di atas, setelah saya periksa, ternyata di dalam map itu ada lagi selembar  print-out screenshot berupa grafik di bawah ini:

grafik

Grafik JokoSusilo.com

…..

Melihat kedua gambar screenshot tersebut, tak ayal saya terlarut dalam lamunan saya sendiri.

(Wah, bagaimana rasanya ya jika seandainya harian JanganSerakah.com mencapai hasil seperti ini? Mungkin asyik ya kalau bisa populer seperti itu? Bagaimana sih rasanya jadi orang populer? Wah.. apa saya mesti ganti penampilan ya kalau sudah populer? Rambut saya bagusnya dipanjangin sedikit gak ya?)

Masih asyik saya bermain dalam khayalan populer tersebut, tiba-tiba saya disadarkan oleh suara orang tak dikenal itu lagi.

Orang Tak Dikenal: Bagaimana? Mau seperti itu? Saya ajari kamu rahasianya. Rahasia ini saya dapat dari guru saya yang terkenal itu, Joko Susilo. Saya bagi rahasia tersebut dengan murah, Rp 470 ribu saja, sama dengan harga dari guru saya.

Edison: Wah, bayar toh pak? Saya pikir bapak mau ajarin saya gratis…Soalnya saya blogging dan berbagi sedikit pengetahuan yg saya punya saja gratis pak….

Orang Tak Dikenal: Enak saja gratis… Rahasia dashyat seperti ini mana sama dengan isi blogmu yang ‘cetek’ itu?!?! Kalau isi blogmu memang mesti gratis… Kalau rahasia milik guru guru saya tersebut, nilainya seharusnya Rp 1.300.000,-!! Harga Rp 470 ribu ini hanya dalam masa promosi saja… Nantinya begitu masa promosi habis, akan naik, dan sekali naik tidak akan turun kembali. (quote dari : Rahasiablogging.com)

…..

Sambil menelan rasa kecewa (karena pupus harapan bisa populer), saya pun mengamati kembali kedua gambar screenshot tersebut penuh harap. Tiba-tiba…

Edison: Eh pak?? Pak?? kok ada yang aneh pak?!?!?

Orang Tak Dikenal: Apanya yang aneh?

Edison: Kok grafik dan tabel Statistiknya nggak nyambung ya pak???

Orang Tak Dikenal: Apanya yang nggak nyambung????

Edison: Coba deh bapak lihat periode  bulan Januari 2008 dan Februari 2008….. Di grafik, angkanya tumbuh lumayan drastis, di bulan Januari, dari sedikit di atas angka 1000, tumbuh DASHYAT menjadi hampir 10 ribu (kira-kira) di bulan Februari.

Orang Tak Dikenal: Lalu apanya yang aneh???

Edison: Padahal kalau kita lihat di tabel, angka bulan Januari dan Februari, sepertinya  tidak ada angka yang seperti itu? Unique Visitor malah turun di bulan Februari. Number of Visits relatif tidak berubah. Hits-nya memang tumbuh cukup hebat dari 85.493 menjadi 128.964, tetapi kedua angka itu kan tidak klop dengan yang di grafik…. Ini grafik dan tabelnya beneran gak sih pak??

Orang Tak Dikenal: Wah, kurang ajar kamu. Maksud kamu Grafik dan tabelnya itu rekayasa?!?!

Edison: Wah, saya kan sekedar bertanya pak, apakah grafik dan tabelnya beneran apa nggak? Soalnya kan nggak klop. Kok bapak malah marah marah..

Orang Tak Dikenal: Sampeyan tidak tahu diri. Apakah kamu tidak tahu bahwa meskipun (guru) saya baru mulai nge-blog sekitar awal tahun 2008 yang lalu, namun dalam usianya yang masih sangat muda, blog ini berhasil masuk jajaran blog paling berpengaruh di Indonesia. Bahkan melampaui popularitas blog-blog yang telah aktif beberapa tahun sebelumnya.

Salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia?

Benarkah salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia???

Edison: Wah begitu ya pak? Maaf ya pak, saya tidak tahu kalau itu adalah salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia. Kalau begitu Google PageRank-nya  pasti dashyat dong pak? Pasti tidak kalah dengan blognya pak Priyadi (PageRank: 5)blognya pak Budi Rahardjo (PageRank:5), blognya pak Wimar Witoelar (PageRank:5), dll?

Orang Tak Dikenal: Yah, kalau dibandingkan dengan blog-blog senior itu, kita cuma kalah sedikit lah. Namanya juga blog baru. Usia blog mereka kan sudah jauh lebih tua….

Edison: Oh, kalau begitu Google PageRanknya 4? Itu juga sudah hebat sih pak

Orang Tak Dikenal: Nggak juga sih. Google PageRank kita nilainya 3. Hebat kan?

Google PageRank JokoSusilo.com

Google PageRank JokoSusilo.com (dari http://www.prchecker.info)

Edison: ?!?!?!?!

Google PageRank JanganSerakah.com (dari www.prchecker.info)

Google PageRank JanganSerakah.com..... Lumayan, tidak kalah dari 'salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia'. Padahal usia blog JanganSerakah lebih muda 4 bulan dan pengelolanya tidak tahu apa-apa tentang internet....

…..

Jadi bagaimana? Ada yang mau berkomentar ataupun menerangkan mengapa tabel dan grafik statistik mas Joko  tidak ‘kompak’?

Oh ya, satu lagi, kira-kira berapa lama ya sebelum masa promosi Rp470 ribu ini habis dan harga RAHASIA ini naik jadi Rp 1,3 juta? Ada yang berani menebak🙂 ?

………..

NOTE: Bagian Komentar artikel ini saya tutup karena sebagai penulis artikel ini, saya merasa komentar-komentar yg datang ke artikel ini semakin menjurus ke arah debat yang tiada ujungnya. Jika ada yang ingin memberikan penjelasan ataupun masukan yang bisa bermanfaat seputar topik yg dibahas di artikel ini, silahkan e-mail ke edison@janganserakah.com

87 Comments

Filed under Celoteh

87 responses to “RahasiaBlogging.com: Lelucon Baru Joko Susilo

  1. san

    wuakakakakak… kocak!!!

    ngehibur bro!
    promosi ampe nyentuh harga jebot juga ga tertarik tuh…! lagian dengan semakin banyak promosian, dah jadi rahasia umum namanya….

    thanks buat hiburan paginya…

  2. wkwkwkwkk…anda termasuk orang yang smart bro..nyaris aja gue kena begituan…

    kira2 ada program laen yang bisa bangkitin perekonomian keluarga gue ya sob??

    pliss repp…

  3. wakakakka postinganya mantap bos😀

    ngakak aku baca tuh ilustrasi😀

    emang ki joko bodo ini udah hebat banget dalam soal tipu menipu😀

    aku nunggu ada yg ngeshare ebooknya aja ah, baru ku review😀

  4. kejadian ini benar-benar terjadi atau hanya ilustrasi saja?

  5. Kayaknya pak Edison ga perlu deh yg begituan.isi artikel2 di harian-nya udh bagus2 nambah pengetahuan masyarakat Indonesia.minimal aku terbantu bgt dg baca harian ini. Aku mau promosiin jg akh ke temen2ku di facebook mudah2an mrk jg jd tambah maju. Sukses terus ya harian janganserakah.com

    Edison: Thanks atas supportnya. Untungnya juga banyak teman-teman yg membantu saya mengurusi blog ini, terutama akhir-akhir ini… jadinya saya harus thanks kpd teman-teman semua, terutama putrie_kmps, Alina dan Konobe)…

  6. Pall

    Cocok kali ini bro, biar kena sentil dikit kupingnya dia. Berkarya terus Bro.

  7. Tuh bneran tuh? Joko susilo yg diblognya isinya kiat2 ama tutorial blog itu kan? Wew..tp emg diblognya, comentnya bejibun..he5,
    Btw, salud deh, penyampaianya maknyus..ngehibur bngt, thx maz:-D

  8. LogOut

    Wah sekarang bro edison punya bisnis baru ya…:D
    Lagi ngembangin MLM ya bro? ikutan punya pak joko? hehehehe
    Url link nya mana neh bro? biar kita2 bisa ikutan di bawah bro edison..:P

    (It’s Just a Joke ..OK!!!…:P)

  9. PR nya dia mmg rendah, cuma 3 tapi alexa ranknya luar biasa. soal PR, saya rasa dia paling hebat mentok di 4, no way bisa lebih dari itu.

    Dulu saya salut sama dia, salah satu orang Indonesia pertama yang bikin affiliate lokal. Tapi sampai di situ saja. Soal yang rahasiablogging, terus terang secara pribadi saya rada kecewa. kesannya blog itu its all about traffic and money.

    anyway saya mau nambahin neh, bulan desember 2008 tertulis bandwidth 49,16 GB. angka yang menurut saya sangat tidak masuk akal…

  10. toto_lutu

    Kayaknya nama Joko Susilo sering banget berhubungan dengan ‘rahasia’2 semacam itu (biar cepat ini-itu)..
    Coba aja digoogling..
    Eh, jangan2.. blog JanganSerakah ternyata juga didalangi oleh si Joko Susilo.. Inisialnya sama.. JS!😀

  11. hartono

    my opinion blog edison ini justru salah satu yang paling bagus,
    keep on going bro,
    thank alot

  12. putrie_kmps

    wahahaha….artikel yang lucu dan comment yang lucu, terutama comment toto_lutu yang lutu bgt

    JS = Jangan Serakah atau Joko Susilo ?

    …..

    Edison: Iya.. jadi ada sedikit penyesalan mengapa saya tidak memakai nama blog :

    http://www.JanganSerakahBedakanAntaraInvestasiDanSpekulasi.com

    Kalau memakai alamat itu kan orang tidak rancu, krn singkatannya jadi JSBAIDS dan bukan cuma JS lagi… Tapi mungkin jadinya pembaca blog agak capek ya ngetik alamat website ini…..hahahaha

    Padahal selama ini saya punya kebiasaan menyebut blog ini sbg blog JS. Sepertinya kebiasaan itu mesti saya stop. Kalau tidak, takutnya nanti orang rancu/salah paham dan mengira blog sederhana ini adalah blog si Pak JS yang (ehm..ehm…..) ‘masuk jajaran blog paling berpengaruh di Indonesia‘……🙂

  13. Gyahahaha..lucu juga gan🙂

  14. Hahaha… JSBAIDS… Jadinya malah JS B AIDS…
    lol…

  15. adit

    Hmm…dimana sih hati nuraninya, sampe tega “membohongi” newbie blogger utk e-book seperti itu, dgn harga mahal?

    BTW, ada yg beli gak tuh rahasiablogging.com?

  16. Barusan masuk ke
    HXXP://www.rahasiablogging.net/index2.php

    Ketahuan dah, kalo statistiknya juga hasil cropping…..mengapa? karena di dasbor Statistik Blog, tidak akan pernah muncul nama blog yang diikuti dengan kata “(dasboard)”….makanya tampilan Stats : Blog Bisnis Internet | JokoSusilo.com (dashboard), SANGAT MERAGUKAN……

    Selanjutnya, layar grafik tampilan stats blog, koq bisa sih muncul tampilan menampilkan nama JokoSusilo.com….kayaknya di WordPress, tidak muncul seperti itu??

  17. Suprise deh… Bro Edison pemerhati yang satu ini juga. Waktu dikasih tau JS yang satu ini sudah launching blog barunya saya langsung ke TKP dan memang surprise liat grafiknya yang tidak nyambung dengan data dibawahnya. Mo.. diklop-klopin juga tidak nyambung.

    Apakah kali ini teknik bombastisnya dengan menyajikan data-data yang aneh (ga nyambung) akan berhasil..? Rasanya beda dengan tahun 2001. Newbie yang menjadi sasarannya jauh lebih pintar dan banyak dukun yang jagain supaya newbie tidak terperosok kedalam lubang yang sama.

    Diblog saya juga pernah dibahas sepak terjang sebelumnya mengenai FB tapi tantangan saya untuk diskusi lebih lanjut tidak ditanggapi, sepertinya memang dia sendiri sudah mulai sadar belangnya ketauan. Bahkan klonengannya di forum kaskus juga tidak berani menjawab pertanyaan saya yang ini http://ajimonoarfa.wordpress.com/2009/01/10/surat-terbuka-untuk-joko-susilo/#comments

    Review yang satu ini OK punya bro.., lucu namun membawa pesan yang dalam.

  18. toto_lutu

    Yah..selama masih banyak orang yg cuma mau hasil yg wah tanpa mau mengerti dan menjalani proses yg sebenarnya.. akan tetap berkeliaranlah para penjual mimpi yg mengeruk keuntungan di atas mimpi orang lain..

    Intinya sih JS.. Jangan Serakah.. dan selalu gunakan akal sehat (kalo belum sehat ya diinfus dulu dengan informasi dan pengetahuan yg cukup).., bukan minta mantra ajaib dari mbah ‘JS’ dan malah Jadi Serakah.. Atau.. Jadi Sesat..?
    Eh, di tempat lain mbah JS itu katanya Jualan Sampah (sudah umum/banyak orang yg tahu) tapi dikasih harga tinggi.. padahal banyak yg ngasih gratis..

    Ah.. Jangan Su’udzon..

  19. gue salut banget ama bang Ed ngangkat yang beginian….wakakakkkk…ya ampun itu urat malu nya pada kemana..coba belajar ama gua aja dah…..gak nyombong silakan mampir dan di cek sendiri..blog saya kurang dari 3 bulan aja udah pagerank 3 padahal saya yang punya, bikin screen shut aja gak bisa. asli gue emang gaptek, tapi buktinya?

  20. kalo ane blog ane punya statistik yang kyk gitu sih, buat apa lagi cari duit dari jual ebook ginian. dengan stats segitu ga kebayang berapa ribu dolar yang bisa ane hasilin sebulannya.

  21. Vian Kirsta

    Baru tau ada blog Joko Susilo dari bung edison..mantap ulasannya dan terkesan tdk menghakimi Joko Susilo..
    Kalo dipikir2 apa si Joko gak malu yah dgn orang Semarang dan sekitarnya secara dia memberikan alamat dan pic wajahnya dgn lengkap???

  22. Indra

    Karena penasaran, Saya sudah beli meskipun harganya cukup lumayan dan saya rasa isinya cukup bagus juga, nggak kayak ebook kebanyakan. Kalau ada yang mau ebooknya pm aja ke email saya atau kesini. Nanti saya kasih link downloadnya. thanks

    …..

    Edison: Substansi artikel ini sebenarnya ada dua.. yang pertama adalah pertanyaan apakah data dan grafik yg ditunjukkan itu asli atau tidak.🙂

    Yang kedua adalah bahwa karena setahu saya (karena saya bukan seorang pakar SEO), PageRank itu lebih ‘dihargai’ daripada sekedar traffic ranking (kata teman-teman)… Jika PageRank saja cuma 3, saya bingung dengan klaimnya sbg ‘salah satu blog paling berpengaruh’ di Indonesia.

    Tetapi tentu saja saya mengakui bahwa saya bukan ahli masalah seperti ini🙂 Itulah sebabnya saya meminta input dari pembaca blog yg mungkin punya kapabilitas di bidang ini…

  23. NewCo

    maap nubie ngecek pagerank di mana yah?

    Edison: Sesama nubie menjawab : googling aja “pagerank checker”🙂

  24. yg bikin saya penasaran malah percakapan antara bro Edison dan orang tak dikenal tsb he he he, benar2 ada atau gimana?

    …..

    Edison: hahaha.. kalau menurut intuisi mas widis gimana?

  25. Sejak dulu saya tidak percaya dengan model internet marketingnya mas Joko Susilo atau yang sejenis, karena sistemnya sama dengan money game.
    Tentang kiprah mas Joko Susilo ini dalam dunia money game memang sudah tidak baru lagi karena beliau sudah aktif sejak masih dibangku kuliah (maaf, bukan bermaksud character assassination lho), saya adalah adik kelas/yunior beliau di Arsitektur Undip, banyak teman-teman seangkatan saya yang dulu sempat tergiur dengan sistem yang ditawarkan, tapi ya gitu dehh. . . . . akhirnya banyak yang nyesel.

  26. Wkakaka…..lucu banget Gan,
    Btw gw ketinggalan berita banget nh ampe ga tau klo si JS bikin produk baru lagi…
    Thanx inponya Gan, gw terhindar dari kesalahan untuk kedua kalinya…

  27. bukan siapa2

    Salute untuk Janganserakah.com, semoga anda diberikan rejeki yang berlimpah karena telah berani membeberkan penipuan ini ke publik.
    Untuk JOKO GOBLOG SUSILO harap berhati-hati, saya adalah 1 dari ribuan orang yg telah anda tipu, dalam waktu dekat ini (sampai pertegahan tahun) saya akan melaksanakan apa yang telah saya rencanakan, pikirkan dengan matang dan segala konsekuensinya. Semua ini saya lakukan karena jika tidak, akan semakin banyak korban penipuan yang anda lakukan. Oleh karena itu, diharapkan JOKO GOBLOG SUSILO dapat menikmati hidupnya yg mungkin tidak lama lagi. Saya telah mendapat semua informasi yang saya butuhkan, hanya tinggal menenangkan diri, setelah itu saya akan melakukan eksekusi.
    SEKALI LG, JOKO GOBLOG SUSILO HARAP MENIKMATI HIDUP !!!

    thx to janganserakah.com

  28. saya sudah mempunyai ebook rahasiablogging tersebut mas. Saya sudah menerapkannya dan berhasil. blog saya sekarang minimal kunjungan 2000/hari. kalo anda mau ebooknya, silahkan komentar di blog saya nafasku.com ! saya kasih gratis..😀

    • Saya pikir tujuan utama mayoritas orang yang blogging bukanlah untuk mencari ‘traffic’, tetapi lebih kepada sharing pemikirannya dan membangun hubungan/ikatan dengan pembaca blog.

      Sebagai ilustrasi, salah satu post saya yang dulu paling tinggi trafficnya adalah mengenai scam IMF. Tetapi karena kebanyakan yang ‘datang’ ke artikel tersebut adalah member IMF yg ‘mencak-mencak’ karena saya membongkar penipuan IMF, maka justru saya tidak mendapatkan kepuasan karena sama sekali tidak terjadi hubungan/koneksi antara saya dengan mereka.. Dalam kasus ini, ‘kuantitas‘ traffic artikel tersebut bagus, tetapi ‘kualitas‘ trafficnya menurut saya sangat mengecewakan.

      Sebaliknya beberapa artikel saya yg pembacanya tidak banyak justru mendatangkan kepuasan bagi saya, karena pembacanya menangkap apa yang saya ingin sampaikan dan juga sharing saya tersebut berguna bagi mereka… Meskipu ‘kuantitas‘ traffic artikel-artikel itu kalah dari artikel IMF saya, tetapi ‘kualitas‘ trafficnya membuat saya senang.

      Jadi menurut saya, dalam blogging bukan ‘kuantitas‘ traffic yg harus diperhatikan, melainkan juga ‘kualitas‘ trafficnya. Saat ini, visit rata-rata ke blog ini hanya sekitar 700/hari. Tetapi saya tahu bahwa mayoritas orang yang datang ke blog saya ini benar-benar adalah orang yang antusias dan ingin tahu tentang topik yang ingin saya bicarakan, yaitu ekonomi dan investasi. Oleh sebab itu saya tidak akan mau menukarkan hits yg 700/hari itu dengan hits 70.000 bahkan 700.000/hari jika ‘kualitas‘ trafficnya adalah cuma seperti yang terjadi di artikel IMF yang pernah saya tulis.

      PS:Suatu test yang menarik juga utk dilakukan, jika kita tanyakan kepada pembaca blog ini, blog saya atau blog anda yang lebih mereka sukai, belum tentu mereka akan lebih menyukai blog anda meskipun blog anda trafficnya lebih tinggi daripada blog sederhana ini.

      Sekedar tambahan, Jika tujuan saya adalah sekedar menghendaki traffic tinggi, mungkin saya akan memilih topik yg lebih luas audiensnya ataupun menulis tentang topik-topik kontroversial yang sekedar memancing argumentasi saja. Misalnya saja menyediakan gambar-gambar ‘cihui‘, manga/anime download, file/sofware download, dll

      Beberapa teman saya yg menggeluti dunia internet sharing bahwa Page Rank dari Google dianggap lebih ‘bonafid‘ daripada Alexa traffic. Rata-rata blog yang mendapatkan penghargaan sebagai blog terbaik di weblog awards misalnya, minimum Page Ranknya 6 (kecuali utk kategori newblog). Mayoritas pageranknya 7 dan tidak sedikit dari mereka yang mempunyai Page Rank 8. Mungkin jika suatu mas Joko Susilo sudah bisa mempunyai PageRank seperti itu, barulah saya tertarik untuk mendengar apa yang dikatakannya mengenai Blogging🙂

      • betul sekali mas edison, sangat disayangkan para blogger pemula menghalalkan segala cara untuk cari trafik blog. Apa lagi caranya Copy Paste dan penuh barang bajakan😛

  29. laraslia

    Jadi mikir hakikat ngeblog itu untuk apa..

  30. n4n4z

    keren mas, aku sudah sering dpt promosi begituan
    ujung2nya tetep UUD hehe.. kyk bpk DPR aja

  31. toto_lutu

    ‘Blog paling berpengaruh’

    Hmm.. itu pengakuan atau klaim? Berpengaruh kepada apa/siapa?

    JanganSerakah.com saya akui punya pengaruh yg cukup besar bagi saya dalam menambah ilmu tentang ekonomi dan investasi. Ini pengakuan jujur dari pembaca yg gak ada hubungan apapun dgn bro Edison.., bukan klaimnya.

  32. soyjoy76

    Wah, mas Edison emang analis sejati deh… Ngga nerima begitu aja disajiin tabel dan grafik yang ‘kelihatan’ heboh… Jadi malu kalo mengingat blog saya trafficnya cuma <100 hits per harinya… Apatah lagi page rank… ckckckck

  33. Blackmagic

    Iya,joko susilo memang penipu,tp kok gak dipenjara saja ya

  34. he…apik apik
    sip, lucu….
    cari makan caranya beda2
    he….

  35. Halo salam kenal?
    Seru juga pembahasannya, dari dulu mah sebernarnya saya gak begitu peduli sama postingan yang seperti ini, yang terpenting blog saya bisa ramai dan web bokin saya bisa banyak pembelinya itu saja, gak tau kenapa saya gak pernah pd komentar di blognya joko susilo dan blog2nya member2nya, abis kelihatannya mereka sudah pada pintar sih? btw seru kayanya nih kalau tukeran link, kalau anda berminat, jujur saja saya belum pernah berani minta tukeran link sama yang sudah punya dot com, baru kali ini saya request ( cuma buat analisis aja kalau yg sudah punya nama dot com masih mau tukeran link seperti blog saya ), trims dan tetep posting?

    • Salam kenal juga. (maaf komentar ini terlewatkan oleh saya)….

      Untuk membantu analisis Ruli, saya ingin memberi tahu bahwa dalam menaruh blogroll atapun link, saya sendiri tidak terpengaruh oleh apakah blog tersebut masih ‘gratis‘ (alias pakai embel-embel .wordpress ataupun .blogspot) ataupun sudah membeli domain. Jika dilihat di blogroll yang saya taruh misalnya, 4 di antaranya masih memakai embel-embel blogspot ataupun wordpress. Dan dari 6 blogroll yang saya taruh tersebut, hanya 1 yg ada link balik ke saya🙂 (padahal 2 diantaranya teman saya🙂 )

      Blogrolls dan links yg saya taruh di blog ini, bukanlah hasil tukar-menukar.. Mungkin saya termasuk orang ‘aneh‘ dalam hal ini, karena biasanya kebanyakan orang sangat ‘getol‘ sekali bertukar link. Sepertinya kebanyakan orang memandang Blogroll sebagai alat networking…. Tetapi saya pribadi punya opini bahwa blogrolls dan links itu ibaratnya seperti ‘rekomendasi‘ dari saya : ‘Saya senang sekali membaca blog yang ini‘… Jika saya pribadi jarang membaca suatu blog, saya merasa janggal jika blog itu saya malah ‘merekomendasikan‘ blog itu untuk dibaca para pembaca blog ini…

      Mudah-mudahan penjelasan saya tersebut bisa diterima. Terima kasih atas ajakannya utk bertukar link, saya pribadi senang sekali kalau sampai blog ini dianggap pantas utk dimasukkan dalam blogroll orang lain, tetapi sepertinya untuk saat ini, saya terpaksa menolak tawaran Ruli tersebut…

  36. Yah, ebook hanya berlaku bagi newbie yang awam tentang internet. JS punya target pasar (niche) sendiri. Bukan untuk semua kalangan.

    Tapi memang sales letternya sangat berlebihan, istilah Joe Vitale dalam Bukunya Hypnotic Writing : “Dimana Daging-nya?”

    Memang ada yang kecewa dengan ebook-nya JS dengan Sales Letter yang tidak sepenuhnya benar, karena itu banyak blogger2 menulis dan menshare ebook nya dengan gratis.

    Resiko untuk Joko Susilo yang telah mengecewakan customernya dengan semena-mena menghapus keanggotaan member-nya.

    Beberapa terbukti PENIPU terang-terangan, seperti Felix Satwika dan Donny Wijaya. Wahai internet marketer, jual-lah produk Anda sewajarnya.

    So sah-sah saja ada yang benci lihat JS dan bisnisnya. Mau ebooknya dan lainnya?

  37. haha.. sotosop statistiknya😀

  38. hua..ha..ha..ha…lucu banget nih ceritanya. kalo dijadiin sinetron atau film kayaknya oke juga tuh…salut…

  39. kalo cerita ini dijadiin film, aq mau jadi pemain figuran sbg korban penipuan script joko susilo…🙂

  40. salam kenal mas edison…
    saya sih masih newbie,
    juga ga terlalu tertarik sama rahasia yang aneh-aneh itu… hehehe…
    lucu juga cara nipu orang nya…=)

  41. gyahahaha

    lucu banget merangkai ceritanya

    saya juga baru sadar tuh grafiknya aneh dibanding visitornya…😀

  42. wkwkwkwk…….
    Lucu banget….

  43. Lucu banget n membantu para newbie seperti saya untuk gak mudah tergiur sama rahasia tepa-tepu begituan.

  44. Untung nggak ikut, padahal udah siap-siap untk ikut. Hebat ya anda bisa teliti baca statistiknya.

    Edison: Bukan hebat, cuma sekedar efek sampingan dari kebanyakan baca prospektus investasi🙂

  45. Sindirannya cerdas…😉

  46. Nggak mau punya blog paling laris se Indonesia kalau kerjaannya ngapusi dan susah biaya bandwidth-nya …. bisa tekor penghasilan lewat TLA untuk ngurus traffic … sedikit traffic banyak duit … JanganSerakah …..🙂

  47. ikh.., sukanya main rahasia-rahasiaan. saya juga punya rahasia. tapi gak mau kalo dibilangin di sini… buayar dulu….🙂

  48. Wah sy kok gk merhatikan ada yg aneh dgn grafiknya ya. Dasar gk teliti hehe. Ceritanya lucu haha

  49. Kalo yg ada diblog sy murni copasan cm buat daftar adsense doank mampir tuan-tuan?

  50. Pingback: Lelucon Formula Bisnis : JOKO SUSILO NGELAWAK | Simple Blog by dNoxs

  51. sudah seharusnya artikel seperti ini beredar, supaya netters bisa nyadar (atau setidaknya dapat acuan) sebelum mengambil keputusan, lalu terjerat dalam lingkaran…

    nice post, bravo

  52. ngakak bacanya.. rayuan gombal apa lagi nih😀

  53. Lebih hebat mana sama aku coba..
    1 hari bisa dapet PR4..
    Berarti lebih berpengaruh dari JokoSusilo.com yang PR3 dong😀

    Mau tahu rahasia dapet PR4 dalam sehari.. buka aja Adsense-id.com atau adsense-sby.com.. banyak kok yang jualan disana..

    Hehehehe…😀

  54. Sky

    Saya bukan member JS, tidak pernah membeli formulabisnis dan tidak berusaha membela JS, tetapi saya ingin mengkritik anda:

    No. 1
    Tentang statistik. Tahukah anda, jika Satistik WordPress adalah berdasarkan HITS! bukan Unique Visitor yang anda Lingkar?

    Yang harus anda bandingkan adalah block berwarna biru muda! bukan block berwarna jingga… Jika dibandingkan, maka statistik tersebut tidak mengandung kesalahan.

    Dan perlu anda ketahui, bahwa ‘UV’ tidak selalu berbanding lurus dengan ‘Hits’. Blog joko pada saat itu memang mengalami penurunan UV. Tetapi terjadi peningkatan Hits… Yang menurut saya justru bagus…

    2. Tentang popularitas website
    PageRank tidak ada hubungannya dengan traffic dan popularitas. Jika anda berbicara demikian, cosaaranda.com PR berapa? dan apakah anda yakin, blog PR-3 anda lebih populer cosaaranda.com?

    dan Kaskus.us ber PR-5. Apakah blog2 PR-5 yang anda sebutkan diatas sama populer dengan kaskus? Saya rasa masih sangat jauh.

    Tentang JS, memang tidak dipungkiri, bahwa JS memang populer… Meskipun sama sama PR-3, Tetapi coba tanyakan kepada para netters, lebih kenal Joko Susilo atau JanganSerakah.com?

    PageRank Tidak ada kaitannya dengan traffic dan popularitas.

    PS: Saya akui anda memang ahli dalam investasi… dan Anda memang jeli dalam analisa.

    Namun dalam masalah ini, anda harus klarifikasi dulu sebelum mencemari nama baik JS.

    thanks

    • konobe

      Wah, baru tau saya kalo ternyata stat di wordpress itu artinya Hits.

      Eh…?…. mm, mas mas (ato mba?).. tapi ko setelah saya bandingin yang biru muda di tabel sama grafik dari wordpressnya, tetep ga sinkron ya? apa saya salah baca?:-/

      bulan januari 2008, hits di kolom biru muda tertulis 85.493 hits. Tapi kalo di grafik, bulan januari 2008 cuma ada dikisaran 1000, dan dibawah 51.000 (jauh banget sama angka yang di hits ya..). Emang bisa beda gini ya…?:-/

      Nubie memohon petunjuk suhu untuk menjelaskan cara membaca stat nya ^^;;

    • @SKY, commentnya saya respond di bawah saja ya?

  55. @Mas Indra
    Bole tuh Klo mas indra mau ngasih Link Download Rahasia Blogging.. ^_^

  56. yang paling lucu sampe ada yang nanyain percakapan mas Edison dengan orang yang tidak dikenal itu… intuisi…:mrgreen: Sorry…

    Seep… langsung bookmark ke fesbuk siapa tahu teman2 saya ada yang belum baca ini…😀

    Edison: Iya, saya juga sempat tersenyum simpul waktu baca pertanyaan tersebut… cuma bingung mau komentar apa🙂

  57. saya cari mr joko nya yang comment joko yang lain yahh, joko yang lainnya mana😀

  58. cow

    wah benar benar di analisa nih.

  59. @SKY

    Hallo Sky, salam kenal. Saya sendiri bukan pakar internet, tetapi kalau boleh saya menanggapi komentar anda :

    1. Saya tahu benar bahwa statistik WordPressa adalah berdasarkan HITS dan bukan Unique Visitors (by the way, yg melingkari itu bukan saya, tetapi mas Joko Susilo sendiri🙂 )

    Tetapi kalau kita lihat angka Januari misalnya, UNIQUE VISITORS angkanya LEBIH KECIL daripada angka HITS (Unique Visitors 9371, sedangkan HITS cuma 1000).

    Bagi saya itu aneh, karena dalam logika saya, yang mungkin terjadi adalah UNIQUE yang angkanya LEBIH BESAR dibandingkan dengan HITS. ini akan terjadi jika misalnya masing-masing visitor membaca beberapa posting, sehingga 1 visitors bisa menimbulkan beberapa HITS… (jadi bisa jadi Visitornya cuma 1000, tetapi HITS yang terjadi jauh di atas itu)…

    Blog saya yang sederhana ini misalnya, rata-rata HITS per harinya sekitar 650-700… tetapi saya yakin bahwa pembaca blog ini tidak sampai sebanyak angka itu, karena ada beberapa pembaca yang ‘bolak-balik’ beberapa kali dalam sehari, sehingga 1 orang bisa menimbulkan 5-6 hits, bahkan lebih…

    Tetapi kalau HITS lebih kecil daripada UNIQUE VISITORS? Saya nggak kebayang bagaimana caranya itu bisa terjadi…. Mungkin karena seperti yang saya akui sendiri di dalam tulisan saya ini, saya bukan pakar internet. Mungkin anda bisa menerangkannya bagaimana kejadiannya sampai angka UNIQUE VISITORS sampai lebih kecil dari HITS???

    2. Tentang pertanyaan anda bahwa apakah blog PR-3 saya lebih populer daripada cosaaranda.com:

    Saya agak bingung darimana anda bisa sampai menarik kesimpulan bahwa saya merasa/mengaku/mengklaim blog saya ini lebih populer daripada cosaaranda.com? (kok bisa sampai disangkutkan ke cosaaranda.com ya? Saya bahkan tidak pernah merasa/mengaku/mengklaim lebih populer daripada JokoSusilo 🙂

    Yang saya tulis hanyalah (dibagian Caption screenshot PageRank JanganSerakah.com):

    “Google PageRank JanganSerakah.com….. Lumayan, tidak kalah dari ‘salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia’. Padahal usia blog JanganSerakah lebih muda 4 bulan dan pengelolanya tidak tahu apa-apa tentang internet….

    Seperti bisa dilihat, Saya sama sekali TIDAK MENGKLAIM bahwa saya LEBIH POPULER atau bahkan sekedar SAMA POPULER dengan JokoSusilo. Yang saya tulis itu hanya mengatakan bahwa PR blog ini ‘lumayan’..tidak kalah dengan blognya JokoSusilo yang diklaim oleh dirinya sendiri sebagai ‘salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia’….

    3. Apakah saya mencemarkan nama baik JokoSusilo?

    Jika anda perhatikan, artikel ini saya tulis dalam kategori CELOTEH, dan TAGS yang saya pakai adalah OPINI dan SANTAI. Setahu saya (mohon dikoreksi jika salah), salah satu fungsi blog adalah tempat bagi orang untuk menuliskan OPINI-nya?🙂

    Kalau saya ingin ‘keras’, tentunya bukan kategori CELOTEH yg saya pakai. Spt anda bisa lihat, di blog ini ada satu kategori lain yg ‘lebih tajam dan keras’, tetapi saya baru memakai kategori itu ketika saya tahu persis 100% saya tidak salah. Ada 1% saja hal yang saya ragu ataupun saya tahu saya belum pahami benar, maka saya tidak akan memakai Kategori yg ‘lebih tajam dan keras’ itu…

  60. paling berpengaruh di indonesia ?? Btw, blog nya URL nya apa yah, kok saya gak tau ? ato sayanya yang kurang gaul ???

  61. wah semprul tuh joko susilo, PR 3 ajah kemaki… dasar tuh orang…

    • wach bener-bener ra genah.. lagi nduwe pagerank 3 wae kemaki..

      pagerank ku seng 8 wae biasa wae, tpi doeloe !! saiki ijik diutang maneh ma google.

      @edison yach gitu sejauh ini klo saya sndiri, masih pegang prinsip komunikasi 2 arah, apa yg saya tulis semoga ada feedback dan pengaruh yg positif

  62. Maap, saya kira anda yang lingkar😛 saya barusan buka rahasiablogging.com dan emang ternyata si Joko sendiri yang salah lingkar.

    Mengapa Hits di stats WP cuman 1000 ? sedangkan UV di awstats tercatat 8000?

    1. angka yang tertera 1000 pada grafik wp-stats bukanlah berarti 1000 hits, itu hanya meteran, untuk menyesuaikan grafik… bisa saja itu 3000 / 4000 / 5000

    jika tidak percaya, silahkan buka wp-stats anda pada bagian months dan buktikan sendiri. Angka yang benar akan muncul pada saat bulatan pada grafik disorot. Jauh berbeda dengan ada yang di meteran itu.

    Hits di Awstats akan jauh lebih banyak karena WP Stats hanya meghitung real-traffic. Dalam arti:
    – WordPress stats bekerja berdasarkan javascript.
    so, hanya akses dari browser yang dihitung. Akses dari Crawler and pingler dan spammer tidak akan dihitung.
    – Penggunaan anonymous surf lewat proxy juga tidak dihitung WP-Stats
    -User yang sedang login juga tidak dihitung WP-Stats

    Sementara awstats akan menghitung semuanya.
    so, that’s why kenapa angka di wp-stats lebih kecil daripada awstats.

    2. (dari tulisan anda) “Maaf ya pak, saya tidak tahu kalau itu adalah salah satu blog paling berpengaruh di Indonesia. Kalau begitu Google PageRank-nya pasti dashyat dong pak? Pasti tidak kalah dengan blognya pak Priyadi (PageRank: 5), blognya pak Budi Rahardjo (PageRank:5), blognya pak Wimar Witoelar (PageRank:5), dll?”

    Saya TIDAK PERNAH bilang anda mengklaim lebih populer. Tetapi dari tulisan yang anda bold sendiri. Disitu anda menggunakan indikator PageRank untuk menilai popularitas suatu website.

    Saya hanya mencontohkan, bahwa website cosaaranda.com hanya mempunyai PR-2 dan janganserakah.com mempunyai PR-3. Apakah lantas PR lebih gede berarti lebih populer?

    Trus, Kaskus.us dan blog2 yang disebutkan diatas mempunyai PR yang sama. Apakah lantas sama populer?

    3. Ya, menurut gw sih agak menyindir JS dan meskipun anda memasukkannya di dalam celoteh, namun dengan analisa diatas, bagaimanapun orang-orang akan berpikiran jika JS adalah penipu.

    Kalo menurut gw sih, jangan mengganggu bisnis orang aja. Anda juga tidak mau khan jika bisnis anda diganggu?

    • 1) Thanks atas penjelasannya mengenai perbandingan antara WP-Stats dan AwStats. (ada literatur yg bisa dibaca mengenai ini?) Masih seputar WP-stats ini, mengapa tampilan grafik stats JS berbeda dengan grafik stats saya? Di grafik stats saya, saya tidak menemukan tulisan : Stats : Blog xxxx | JanganSerakah.com (dashboard) spt yg terlihat di grafiknya mas JS?

      2) Jika anda lihat baik-baik, pertanyaan saya adalah ke “PENGARUH” dan bukan “popularitas” (coba lihat caption salah satu gambar dan juga ucapan saya yg anda quote)

      Seperti yg saya katakan, blog itu bersifat opini. Dan dalam hal ini, Opini saya pribadi adalah bahwa traffic dan popularitas tinggi bukanlah alat ukur dari ‘PENGARUH’… (tentunya dalam hal ini saya bicara Pengaruh Positif).

      Misalkan saja saya membuat blog yang isinya murni gambar pornografi. Lalu saya berhasil mendapatkan traffic yang tinggi, anggaplah jika misalkan traffic saya bahkan lebih tinggi daripada traffic Kaskus…. Blog saya tersebut bisa jadi sangat populer… Traffic tinggi, popularitas tinggi, tetapi apakah itu artinya blog saya adalah ‘salah satu blog paling berpengaruh’??

      (meskipun mungkin blog ‘porno’ tersebut akan berpengaruh ke ehm..ehm…)

      Saya mengerti kalau anda keberatan jika saya mengkaitkan PageRank dengan “Popularitas”… tetapi bukankah itu tiada bedanya dengan keberatan saya kalau Traffic tinggi dikaitkan dengan “Pengaruh”?…

      3)Mengenai komentar “jangan mengganggu bisnis orang aja.”:

      Kita ambil contoh Kiyosaki dan Donald Trump misalnya🙂 Ketika mereka meluncurkan buku mereka berdua, harian Wall Street Journal mengkritik habis-habisan buku tersebut. Apakah artinya itu Wall Street Journal mengganggu bisnis Kiyosaki dan Donald? Di Wikipedia, anda juga bisa menemukan kritik terhadap Kiyosaki, apakah itu artinya Wikipedia mengganggu bisnis Kiyosaki?

      Sekali lagi, blog itu adalah berisi opini. Opini saya bisa sama dan bisa juga tidak sama dengan orang lain. Jika saya kurang menyukai sesuatu, apakah saya harus malah menulis kalau saya suka? Atau malah saya tidak boleh menuliskan tentang ketidak-sukaan saya tersebut?🙂

  63. wkwkwkwk.. ada2 aja kerjaannya si JS he..he..

  64. ini aku bagikan link download formulabisnis.com, disana ada banyak bonus yang katanya ber dolar-dolar, tapi nyatanya hanya 0 dollar aja. ebook sampahnya juga ada. Kalau aku bilang, si joko itu cuma menang blow up aja

  65. 1. Tampilan WP-Stats anda tidak menampilkan “Stats : Blog xxxx | JanganSerakah.com (dashboard)” karena anda hanya men-track 1 blog. Coba anda bikin 1 blog lagi dan install WP-Stats dengan API key yang sama. Maka pada dashboard WP-Stats akan muncul selection untuk blog2 yang anda punyai dan judul: “Stats : Blog xxxx | JanganSerakah.com (dashboard)” akan muncul sesuai dengan selection yang aktif.

    2. Benar… Traffic bukan alat ukur untuk PENGARUH dan POPULARITAS. Saya juga tidak tahu bagaimana caranya mengukur pengaruh. Tetapi pada kasus diatas anda menggunakan PageRank sebagai alat pengukur.

    PR didapat dengan tiba2 dan tergantung keberuntungan. Sedangkan Traffic bisa dibangun dengan usaha keras, promosi, dan membagun komunitas (lebih realistis).

    “Jika memang mau mengukur” (tanda kutip yach.. :P), Kalo menurut saya, masih lebih baik menggunakan traffic daripada PageRank.

    3. Saya tidak tahu menahu tentang Kiyosaki dan Donald karena saya bukan pebisnis.

    Saya tidak tahu apakah kritik wall-street itu benar / salah.
    But, anyway
    – Analisa kebohongan statistik anda ternyata salah.
    – Analisa pengaruh berdasarkan pagerank juga salah.

    Tentang opini. Gw setuju dengan anda jika Blog adalah media untuk bertukar opini. Anda memang tidak salah. Bahkan jika dimasukkan ke dalam category SCAM juga tidak salah. Karena Blog sifatnya bebas.

    Tetapi Bayangkan anda membuat suatu produk siap jual, dan ada seseorang membuat analisa salah mengenai produk anda yang mempengaruhi ribuan calon pembeli anda.

    Tanyakan kepada hati anda? Jangan tanya kepada aturan dan hukum.

    Saya bisa tau blog ini karena kemarin alamat blog ini ada di twitter/facebook cosa. pasti gede khan trafficnya? wekeekekek… Mungkin ribuan orang membaca analisa anda dan ribuan orang menyangka JS adalah penipu.

    But, jika analisa saya memang salah dan bisa berdampak negatif terhadap bisnis seseorang. Saya bersedia untuk mengklarifikasi-nya.

    • yg jelas aku gak bilang kalo JS menipu loh🙂

      aku jg minat dng produk ini kok (udah daftar malah, tinggal bayar, bisa dicek), cuman karena sementara ini masih ada beberapa “kejanggalan” seperti yg didiskusikan di atas, ditunda dulu beli produknya. Semoga sih yg bersangkutan langsung bisa/mau kasih konfirmasi🙂

      …..

      EDISON: hahaha, iya.. mas Cosa… yg mas Cosa tulis kan cuma sekedar “Cosa mo beli RahasiaBlogging-nya JS, tapi gak jadi gara2 JS yg ini (blog saya)”…

      Mudah-mudahan nanti Mas Cosa tidak sampai dimintai klarifikasi seperti saya🙂

      PS: Mas Cosa belum memakai RahasiaBlogging.com saja sudah begitu populer… jika nanti memakai rahasia JS ini dan semakin populer, wah…tidak terbayangkan bagaimana jadinya… Mungkin bisa mengklaim sebagai Blog PALING (bukan “Salah Satu” lagi) berpengaruh???:D

    • 1) Thanks atas klarifikasi atas dashboardnya. Dengan nick ini, saya sendiri punya 2 blog yg saya host di WordPress.com (kurang mengerti apakah API-nya sama atau tidak), tetapi tampilan WP-stats saya tidak seperti demikian. Apakah karena faktor hosting di wordpress.com? Atau karena API-nya tidak sama?

      PS: kembali mengenai perbandingan WP-Stats dan aw-stats, bisakah anda memberikan literatur yg bisa saya baca ttg itu?

      …..

      2) Quote: “- Analisa kebohongan statistik anda ternyata salah.”

      Saya pribadi tidak merasa ada melakukan ANALISA statistik apapun dalam artikel ini, sehingga saya bingung, analisa apa yang anda katakan salah (karena saya tidak melakukan analisa)🙂

      Seperti yang telah saya katakan, dan juga bisa dilihat dengan jelas di tulisan saya ini… tulisan saya ini bersifat PERTANYAAN (coba anda lihat sekali lagi di akhir tulisan)

      Dalam hal ini, saya merasakan suatu keanehan di data statistik, dan saya lalu BERTANYA tentang keanehan statistik tersebut (tentunya sambil menunjukkan keanehan tersebut).

      Dalam artikel itu, anda bisa lihat sendiri, saya menghindari untuk berkata bahwa grafik itu palsu (karena memang saya tahu bahwa saya tidak punya kompetensi untuk menilai asli atau palsu)…

      Seperti yg bisa anda baca juga:

      “Wah, saya kan sekedar BERTANYA pak, apakah grafik dan tabelnya beneran apa nggak? Soalnya kan nggak klop. Kok bapak malah marah marah..”

      “Jadi bagaimana? Ada yang mau berkomentar ataupun MENERANGKAN mengapa tabel dan grafik statistik mas Joko tidak ‘kompak’?”

      …..

      3) Quote: “- Analisa pengaruh berdasarkan pagerank juga salah.”

      Kalau anda mengatakan bahwa OPINI (bukan analisa) “PENGARUH” terkait pagerank salah, maka saya juga boleh mengatakan bahwa OPINI “PENGARUH” berdasarkan Traffic itu tidak benar.

      (alasannya sudah saya berikan di komentar saya sebelum ini)🙂

      …..

      4) QUOTE: “Tetapi Bayangkan anda membuat suatu produk siap jual, dan ada seseorang membuat analisa salah mengenai produk anda yang mempengaruhi ribuan calon pembeli anda.”

      Menurut saya, pada akhirnya bisa sukses atau tidaknya suatu produk akan tergantung kepada produk itu sendiri (kualitas, harga, dll).

      Anggaplah jika misalkan J.K Rowling mengarang buku Harry Potter no. 8🙂

      (Saya pakai contoh J.K Rowling & Harry Potter saja ya, karena anda bilang anda tidak tahu menahu tentang Kiyosaki dan Donald Trump)

      Jika saya lalu menulis artikel : “Harry Potter no 8 itu JELEK!!”, kira-kira menurut anda berapa besar dampaknya terhadap ‘calon pembeli’ buku J.K Rowling tersebut?

      Ilustrasi lainnya: Bagaimana jika saya menulis artikel: “NdoroKakung.com itu membosankan”? Atau artikel : “Priyadi.net itu cuma cari sensasi”?

      (maaf ya ndoro dan mas Priyadi, namanya saya ’tilep’ utk ilustrasi, blog ndoro dan Priyadi itu termasuk yang masuk daftar blog favorit saya🙂 )

      Apakah artinya blog ndorokakung dan mas Priyadi itu akan jadi sepi karena artikel saya?

      Saya pikir, jika memang PENGARUH (dan Popularitas) JokoSusilo begitu hebatnya (sampai mengklaim sebagai ‘salah satu blog paling berpengaruh’), seharusnya tulisan saya ini tidak akan berarti apa-apa… apalagi jika tulisan saya ini tidak benar (seperti yang anda katakan)

      …..

      5) Jika anda bicara tentang ‘klarifikasi’, saya bingung apa yang hendak ‘diklarifikasi’?🙂
      Saya tidak melakukan analisa apapun, terlebih juga tidak menuduh apapun, saya sekedar BERTANYA… jadi apa yang perlu saya klarifikasikan? Bahwa saya tidak pantas ataupun tidak boleh bertanya???

      Jika anda mau, anda bisa dengan mudah menemukan berbagai komentar miring tentang JokoSusilo di berbagai forum. Tidak sedikit eks-member yang membeli e-booknya merasa kecewa karena ternyata isinya ‘cuma segitu’.

      Di forum Kaskus misalnya, anda bisa menemukan satu thread yang isinya khusus adalah tentang kekecewaan orang-orang yg membeli produk JokoSusilo… Tulisan-tulisan di sana bahkan lebih berbentuk caci-maki dan bukan berbentuk pertanyaan seperti tulisan saya ini. Atau anda ingin mengatakan bahwa tulisan ini akan lebih besar pengaruhnya daripada satu thread yg aktif di forum Kaskus? (yg spt anda katakan sendiri, sangat Populer)🙂

      Sekali lagi, coba baca bagian akhir tulisan saya:

      QUOTE:
      “Jadi bagaimana? Ada yang mau berkomentar ataupun menerangkan mengapa tabel dan grafik statistik mas Joko tidak ‘kompak’?

      Oh ya, satu lagi, kira-kira berapa lama ya sebelum masa promosi Rp470 ribu ini habis dan harga RAHASIA ini naik jadi Rp 1,3 juta? Ada yang berani menebak🙂 ?

      PS: Soal traffic akibat artikel ini… Jumlahnya sih not bad.. tapi tidak sampai mencengangkan kok. HITSnya tidak sampai 300 (Beberapa artikel yang saya tulis, hitsnya masih jauh di atas itu).

      Mengingat pastinya ada pembaca yang membaca artikel ini lebih dari 2 kali (spt anda misalnya), pembacanya mungkin di bilangan 100-an… Yang pasti jauh dari ‘klaim/dugaan/opini (?) anda (saya tidak akan mengatakan bahwa ini adalah ANALISA anda)‘ bahwa “Mungkin RIBUAN orang MEMBACA ANALISA ANDA dan ribuan orang menyangka JS adalah penipu”.

      • san

        Bung Edison bersemangat dan berapi-api sekali menanggapi komentar 1 orang ini!!! Komentarnya bisa jadi satu artikel. Sampe silau roll kebawahnya dan mabok bacanya…..😀

        EDISON: Iya, saya juga heran kenapa kok bersemangat sekali menanggapi komentarnya ayaw…. Mungkin karena rambutnya mirip rambut saya beberapa waktu yg lalu? hahaha…

      • Koreksi: Itu foto gw waktu kuliah, sekarang rambut gw udah tumbuh.

  66. wakakakakakaka
    geli banget gw baca nya😀

  67. numpang tersenyum ya om….

  68. pada ebook tersebut sebenarnya sama dengan tips2 blogging yg ada di blog2 lainnya. hanya saja pak joko merangkainya menjadi lebih enak dibaca. Tidak ada rahasia dalam blogging. Semua tips2 blog lebih baik di sharing saja. Walaupun dirahasiakan, pasti isinya sama seperti tips2 blogging yg ada di blognya orang2 senior.

    Yg terpenting dalam blogging adalah kualitas content dan pemilik blog yg ramah. Jika hanya ingin mendapatkan trafic, itu bertujuan mencari uang dalam blogging. Sebenarnya blog itu bisa menghasilkan uang yg tidak sedikit jumlahnya.

    Lalu apakah tujuan anda blogging? Itu inti dari rahasiablogging.

    …..

    EDISON: Nah, anda yg bilang ya kalau : (bukan saya loh😀 )

    1) ‘Tidak ada rahasia dalam blogging’ dan
    2) ‘ebook tersebut sama dengan tips-tips blogging yg ada di blog lainnya’

    • wkwkwk… cara yg cerdas merespon komentar orang lain bro Edison😀

      Emang gak ada kok yg namanya rahasia, mungkin yg punya rahasia cuma tukang sulap😛

  69. 1. Duh… bandel ama sih… Lihat disini saja http://wordpress.org/extend/plugins/stats/screenshots/
    Apakah ada tulisan “Stats:…. (dashboard)”?
    Masih gak percaya kalo tulisan itu? Cape d…

    Literaturnya silahkan dibaca di FAQ plugin dan googling🙂

    Tenang om… coba lihat tulisan saya dan anda, siapa sih yang marah?

    Kan sudah saya tulis, Apapun yang anda mau tulis di blog, itu terserah anda. Tidak ada aturan bahwa sebuah blog boleh begini, boleh begitu.

    Memang jika anda menulis “NdoroKakung.com itu membosankan”? Atau artikel : “Priyadi.net itu cuma cari sensasi”? atau “”RahasiaBlogging.com: Lelucon baru Joko Susilo” Anda tidak salah, dan mereka tidak akan sepi.

    Tetapi jika anda menulis itu? tanya ‘hati’ anda. Apakah anda benar? Sekali lagi, tanya ‘hati’ jangan tanya aturan blogging.

    Hahaha… Tenang… Bagian mana saya meminta klarifikasi? Coba baca baik-baik.
    Saya hanya bilang, jika saya salah memberikan informasi, saya akan klarifikasi jika merugikan.

    Bahkan ‘SAYA’ akan meminta maaf kepada pembaca saya karena saya telah salah memberikan informasi walaupun hanya bersifat guyonan. Paling tidak, saya sadar saya telah berbuat salah.

    Sekali lagi, itu adalah ‘SAYA’… Saya tidak pernah meminta anda mengklarifikasi. Karena setiap orang punya sifat yang berbeda.

    • 1) nah loh… skrg saya yg bingung.

      Padahal saya tidak bilang saya tidak percaya.. Malahan saya bertanya kpd ayaw (karena ayaw terlihat sangat mengerti topik ini) : ‘kenapa saya punya tidak spt itu? Apakah karena API saya tidak sama? Atau karena saya hosting di WordPress?🙂

      Itu pertanyaan murni karena ingin tahu (curious) dan bukan karena tidak percaya…

      Sebagai contoh, seringkali pembaca blog ini bertanya kepada saya tentang topik investasi yg sudah pernah saya tulis di blog ini. Ketika mereka bertanya, tentunya saya tidak akan mengatakan bahwa ‘DUH!! Sudah ditulis masih tanya terus!!! Tidak percaya sama saya ya??’….

      …..

      2) Saya juga tidak bilang ayaw ‘marah’.

      Saya hanya mengutip tulisan saya agar ayaw bisa melihat bahwa dalam tulisan itu saya BERTANYA (dengan huruf besar dan diBold).. yang marah itu hanyalah tokoh fiktif dalam tulisan saya tersebut.

      Jadi coba tenang dulu… Coba deh lihat lagi pelan-pelan apa yg saya tulis…

      Saya rasa di sini, antara kita berdua tidak ada yg marah-marah (minimal saya bisa confirm bahwa saya tidak ‘marah-marah’)🙂

      …..

      3)Ayaw menulis : “Bagian mana saya meminta klarifikasi? Coba baca baik-baik.”
      😀 Sekali lagi, justru saya yg perlu meminta ayaw utk ‘coba baca baik-baik’…

      Yang saya tulis adalah :

      “Jika anda BICARA tentang ‘klarifikasi’, saya bingung apa yang hendak ‘diklarifikasi’?”

      dan bukan “Jika anda MEMINTA saya ‘klarifikasi’…”

      Jadi, saya tidak pernah bilang kalau Ayaw meminta saya untuk klarifikasi… Dalam komentar saya itu, saya hanya bingung kenapa anda sampai bicara topik ‘klarifikasi’.

      Menurut saya, saya pribadi, tidak ada yg perlu diklarifikasikan dalam hal ini, karena dalam artikel ini saya sekedar bertanya, jika ada yg menjawab, good. Jika tidak ada yg menjawab, itu juga tidak masalah.

      Saya senang jika Ayaw adalah orang yang punya ‘hati’ untuk meminta maaf kepada pembaca blognya ketika ayaw MEMBERIKAN INFORMASI yang salah kepada pembacanya..

      UNTUNGNYA, kasus saya ini tidak sama dengan kasus Ayaw, karena saya sekedar BERTANYA (dan BUKAN MEMBERIKAN INFORMASI yang salah) kepada pembaca blog saya…

      Tapi percayalah, JIKA suatu hari saya sampai SALAH MEMBERIKAN INFORMASI kepada pembaca blog saya, maka saya akan dengan senang hati meminta maaf kepada pembaca blog saya

      (bingung karena ayaw tidak memahami juga apa yg saya sampaikan berulang-ulang)….

  70. Okay, begini saja? karena pertanyaan sudah dijawab… maka saya mau bertanya kepada pak edison.

    1. Apakah stats diatas tidak klop?
    2. Apakah blog berpengaruh PageRank-nya pasti dahsyat?

    PS: coba baca balasan untuk cosa:
    “Mudah-mudahan nanti Mas Cosa tidak sampai dimintai klarifikasi seperti saya”

    pssst…..

    • 1) Ayaw memberikan suatu penjelasan tentang salah satu KEMUNGKINAN mengapa ‘keanehan’ statistik di atas BISA terjadi. Untuk itu tentunya saya mengucapkan terima kasih.

      Tetapi apakah itu berarti itu PASTI merupakan kebenaran/fakta yang sesungguhnya? Kalau saya pikir, kebenarannya hanya JokoSusilo yang tahu ataupun orang-orang yang melihat secara langsung statistik tersebut dengan mata kepala sendiri.

      Mengapa saya tetap menaruh skeptisisme? Karena ‘sejarah’nya JokoSusilo di FormulaBisnisnya, dimana klaimnya/ceritanya terasa tidak logis sehingga kemungkinan besar ia menggunakan screenshot palsu di awal operasionalnya. (baca artikel ini dan ini)

      …..

      2) Apakah blog berpengaruh PageRanknya PASTI dashyat?

      Jawabannya: Tidak.

      Tetapi kalau saya tanyakan kembali : apakah blog yang Trafficnya tinggi PASTI Berpengaruh (spt yg diaku oleh Joko)?

      Saya telah memberikan contoh misalnya sebuah ada sebuah blog berisi foto porno yang mempunyai traffic tinggi. Apakah itu artinya itu blog tersebut layak disebut “Berpengaruh?? Tapi sampai sekarang anda sepertinya enggan menjawab pertanyaan saya ini🙂

      PS: Psst… apakah dalam reply saya kpd Mas Cosa tsbt saya ada menyebutkan kalau ayaw yg meminta klarifikasi terhadap saya?🙂 Saya sempat dimintai ‘klarifikasi’-nya masalah ini oleh seorang teman saya yg tertarik ingin tahu ‘apa masalahnya’ setelah membaca diskusi tentang hal ini. Dunia saya tentunya bukan hanya berisi ‘ayaw’ seorang saja😀 Jangan terlalu cepat menarik kesimpulan…

      Begini saja ayaw, di awal saya tertarik utk diskusi mengenai masalah ini dengan anda, karena sepertinya ayaw cukup fasih dalam bidang ini. Tetapi arah diskusi ini malah cenderung ke arah ‘bickering’ dan saya terus terang tidak tertarik untuk ‘bickering’…

      Ayaw sudah mengulang-ulang berkali-kali argumennya dan saya juga sudah mengulang-ulang respons saya… Saya pikir, dengan apa yang telah dituliskan oleh kita berdua, seharusnya orang-orang yang membaca artikel ini lengkap dengan komentar-komentarnya sudah bisa mengambil kesimpulan bagi dirinya masing-masing.

      Oleh karena itu, mengingat ‘warna’ komen di artikel ini sudah terasa ‘tidak sehat’, bagian komentar artikel ini saya tutup saja…

      Jika memang ayaw ingin melanjutkan pembicaraan kita, ataupun ada yang ingin memberikan info tambahan yang dirasakan bisa bermanfaat, bisa melalui e-mail saya saja🙂

  71. Pingback: Mau Jadi Master? - 10.000 Dulu..