Bisnis5Milyar.com: Bisnis Tipu-Menipu

Article by : Konobe
Edited by : Edison

Pernahkah teman-teman mendengar kisah “The Humiliation of Bryan Winter“? Kisah nyata tersebut dikatakan bermulai dari seorang wanita yang merasa ditolak secara kasar oleh seorang pria melalui e-mail. Sebagai ajang balas dendam, e-mail penolakan pria itu lalu diforward oleh si wanita ke teman-temannya, dengan catatan tambahan:

“In the hopes that this e-mail might get back to him after being seen by countless thousands of young women along the way … please send this on to a friend!”.

(Tolong sebarkan e-mail ini kepada teman-teman anda. Dengan demikian mudah-mudahan e-mail ini bisa dilihat oleh ribuan wanita sebelum akhirnya kembali ke tangan dia)

Kisah ini sendiri akhirnya menimbulkan efek buruk yang mungkin bahkan tidak diperkirakan oleh wanita tersebut. Dalam hitungan minggu, pria-pria ‘naas‘ yang kebetulan memiliki nama Bryan Winter menjadi korban ‘teror‘ berbagai wanita yang ‘ngamuk‘. Berapa di antara pria tersebut bahkan sampai terpaksa menghapus namanya dari daftar buku telepon agar bisa lepas dari ‘teror’ tersebut. Padahal entah e-mail tersebut benar atau tidak, karena perlu kita ingat e-mail tersebut hanyalah merupakan cerita sepihak.

Kisah Bryan Winter ini sendiri merupakan ilustrasi menarik tentang efek domino yang dihasilkan oleh ‘e-mail forwarding’ di internet (alias menyebarkan kembali e-mail yg kita terima kepada semua orang yang kita kenal).

—–oOo—–

Mungkin sampai di sini sebagian pembaca bingung, apa kaitannya Bryan Winter, efek domino e-mail forwarding dan Bisnis5Milyar.com?

Beberapa minggu yang lalu, seorang teman kantor saya bercerita kepada saya mengenai http://www.Bisnis5Milyar.com. Katanya sih, dengan modal 180rb kita bisa dapat uang milyaran!! Menggiurkan sekali bukan? Ketika itu saya tidak terlalu memperhatikan cerita teman tersebut, karena saya tahu bahwa biasanya tawaran-tawaran ‘aneh’ seperti itu hanyalah merupakan akal-akalan dan penipuan belaka. Kisah teman saya tersebut pun tidak terlalu saya pikirkan lagi.

Kira-kira seminggu setelah kejadian di atas, saya menerima sebuah e-mail dari seorang teman yang lainnya lagi yang juga mempromosikan Bisnis5Milyar. Saat itulah rasa ingin tahu saya menjadi terusik, karena sepertinya sepak-terjang Bisnis5Milyar ini sudah cukup meluas. Saya pun mencoba untuk mencari tahu lebih jauh Bisnis5Milyar.com yang sedang heboh ini. Oleh karena itu saya pun pergi ‘memeriksa TKP‘….alias berkunjung ke situs Bisnis5Milyar tersebut.

Jadi apa yang saya dapatkan dari kunjungan ke ‘TKP‘ tersebut? Hal pertama yang menarik perhatian saya di situs tersebut adalah kacaunya ‘logika’ dan matematika pembuat program penipuan ini. Mengapa demikian? Coba anda perhatikan Screenshot Skema Sistem Bisnis5Milyar.com di bawah ini:

tabel5milyar

Skema sistem Bisnis5Milyar.com

Pencetus program penipuan ini mengatakan bahwa ‘bisnis‘ (dalam tanda kutip) ini akan ‘abadi’ karena setiap tahunnya akan lahir 6 juta pengguna internet baru. Benarkah demikian? Mari kita analisa klaim tersebut. Seandainya kita menganggap si pencetus program penipuan ini adalah member level 0 (paling atas), apa yang akan terjadi?

Ketika sampai di level 5, jumlah anggotanya sudah mencapai 100 ribu orang. Tetapi bagaimana jika kita teruskan tabel itu? Agar sistem ini bisa terus berjalan, maka di level 6 jumlah anggotanya adalah 1 juta orang. Di level 7 jumlah anggotanya mencapai 10 juta orang. Di level 8 jumlah anggotanya mencapai 100 juta orang dan di level 9 mencapai 1 Milyar orang. Jika ada keajaiban dan piramida uang ini mencapai level 10, maka pesertanya adalah 10 Milyar Orang. Mungkin dalam hal ini, pencetus program penipuan tersebut sudah mempunyai rencana ekspansi ke luar angkasa karena terakhir saya periksa, jumlah manusia di bumi belum mencapai angka tersebut.

Jangankan bertambah 6 juta setahun… jika pengguna internet internet bertambah 60 juta pertahun pun tidak akan cukup untuk menopang penipuan piramida uang ini agar bisa berjalan ‘abadi‘.

[Penjelasan lebih lengkap mengenai piramida uang bisa lihat di wikipedia.]

—–oOo—–

Selain kekacauan logika yang saya tulis di atas, hal lainnya yang agak menarik perhatian saya di situs Bisnis5Milyar.com adalah klaim:

Program Bisnis 5MILYAR bukan money game karena ada produk yg diperjual-belikan berupa 7 bh buku elektronik (e-book) yg nilainya bahkan lebih besar daripada uang yg dibayarkan. Dan yg tak kalah bernilainya, anda juga mendapatkan sebuah Website Replika atas nama anda sendiri dengan sistem otomatis yg bisa anda gunakan sebagai Mesin Penghasil Uang (Cash Generator). Sistem sudah ada, tinggal diikuti, mudah, dan sudah teruji.

Membaca klaim tersebut, pertanyaan yang timbul dalam kepala saya adalah ‘apakah benar nilai e-book tersebut lebih besar dari yang dibayarkan’?

Untuk membuktikannya saya iseng browsing. Dan hasilnya?

  • Dalam waktu 10 menit, saya sudah bisa mendapatkan ketujuh buah e-book tersebut secara GRATIS hanya dengan melakukan pencarian di google. Saya tekankan sekali lagi, GRATIS…
  • Dari ketujuh e-book yang ditawarkan, hanya dua buku yang berbahasa Indonesia. Saya yakin, tidak semua pembeli e-book tersebut benar-benar fasih dengan bahasa inggris atau benar-benar membacanya setelah “membeli”.
  • Sebagian besar e-book dari ketujuh e-book tersebut bahkan tidak layak disebut sebagai ‘buku’. Beberapa di antaranya hanya berisi 12 halaman (dan itupun sudah termasuk halaman cover dan daftar isi!!!!!).
  • Berdasarkan apa yang saya lihat, salah satu dari 7 e-book yang dijual tersebut tersebut sepertinya merupakan hasil plagiarisme (menjiplak karya orang lain). Isi e-book “Panduan Kaya Sebagai Karyawan” yang dijual oleh pemilik Bisnis5Milyar.com ini sangat identik dengan buku “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya” karya pak Safir Senduk. Ironisnya lagi, pembuat program penipuan ini dengan beraninya menggunakan label ‘Halal‘. Padahal plagiarisme tiada ubahnya dengan pencurian. Bagaimana mungkin ini bisa diklaim ‘Halal‘?

—–oOo—–

Hal lucu lainnya yang saya lihat di situs Bisnis5Milyar.com adalah seperti yg bisa teman-teman lihat di screenshot di bawah ini:

tawarankonyol

Apanya yang murah ya?

Kalau kita hitung sejenak : Rp 277 x 24 jam x 30 hari = Rp 199.440 / bulan. Sebagai informasi, penyedia jasa Internet First Media, Telkomsel Flash dan lainnya pun sudah punya paket yang bahkan jauh lebih murah.

Kejujuran seharusnya menjadi prinsip utama yang dipegang dalam menjalankan bisnis baik di dunia riil maupun maya, dan terus terang saya tidak melihat ada unsur kejujuran dalam bisnis ini. Sama seperti dengan penipuan Skema Ponzi dan Piramida uang, akan ada sebagian kecil dari orang-orang yang mengikuti program ini yang akan bisa menikmati sedikit keuntungan (yang jumlahnya boleh dipastikan JAUH LEBIH KECIL dari Rp 5 Milyar). Tetapi apakah hati nurani anda bisa tenang menikmati uang tersebut, padahal anda tahu uang tersebut didapat dengan cara yang tidak benar. Ingatlah bahwa uang yang anda dapat dari program penipuan seperti ini didapatkan atas kesengsaraan orang lain.

—–oOo—–

Di awal artikel ini saya telah bercerita tentang e-mail forwarding yang terkesan sepele, tetapi akhirnya malah menyengsarakan berbagai orang yang ‘bernasib sial’ memiliki nama Bryan Winter.

Saya mempunyai harapan agar teman-teman yang menerima e-mail ‘iklan’ Bisnis5Milyar.com tidak lagi melakukan e-mail forwarding yang mempromosikan program penipuan tersebut. Meskipun terkesan sepele, dengan menyebarkan e-mail tersebut, kita telah membantu menyebarkan penipuan tersebut. Jika memungkinkan, saya malah berharap tulisan ini yang diforward kepada teman-teman anda. Dengan demikian, efek domino dari e-mail forwarding malah bisa kita manfaatkan untuk mencegah penipuan Bisnis5Milyar.com ini semakin meluas….

Say No To SCAM!

Catatan Kaki: Pada tanggal 19 Februari 2009, web ini di-suspend sehingga tidak bisa diakses. Kabarnya, ada masalah dan baru bisa aktif 5 sampai 7 hari ke depan. Saya hanya bisa berharap bahwa situs tersebut tidak aktif lagi. Tetapi jika sampai ternyata situs tersebut kembali aktif, mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini bisa membantu mencegah orang-orang menjadi korban situs tersebut.
Sebagai tambahan
analisa lain mengenai bisnis 5 milyar dengan sudut pandang berbeda bisa lihat di sini.

123 Comments

Filed under SCAM/Penipuan

123 responses to “Bisnis5Milyar.com: Bisnis Tipu-Menipu

  1. indie

    hehehe kadang untuk meyakinkan korbannya scam seperti ini dilengkapi dengan “scan” buku tabungan/mutasi rekening net banking

    • Endang

      iya bener tuh, gw waktu diajak juga ditunjukin buku tabungan, awalnya sih agak ragu tapi setelah gabung ternyata buku tabungan gw juga bertambah tuh, banyak transferan 50rb & 10rb.

  2. Agung Sedayu

    Pak,

    MEmang saya setuju, situs itu PENIPUAN…
    Gak ada ceritanya, kalo mau kaya cuma usaha segitu.

    Biasanya seperti itu, tiba-tiba gak bisa diakses dengan berbagai alasan, terus menghilang akhirnya.

    HATI-Hati !!!

  3. Joko Purnomo

    hari gini pengen uang banyak tanpa kerja ?
    ck,,,ck,,ck,,,,

  4. bapakehasna

    hah……… alamatnya http://www.bisnis5milyar.com dah gak bisa di akses lagi….
    Ya Allah…. berilah kesabaran pada member yang telah mentransfer sejumlah uangnya,
    …berilah kekuatan kepada mereka agar bisa berusaha mencari nafkah dengan benar
    …berilah mereka kebijaksanaan dalam tiap langkahnya
    …berilah mereka rizki yg halal
    …jauhkanlah mereka dari sifat putus asa

    • udah bisa diakses lagi tuh… baik .com maupun .net …. sejak jaman smp saya pernah terima beginian versi surat, tapi sekarang kerenan dikit versi internet😀 … herannya masih banyak juga yang percaya…

      perlu dilaporin gak? ke polisi, ke ylki, ke mui (secara ngakunya legal dan halal)

      bisnis seperti ini gak cuma ada di indonesia. saya juga sempat ditawari bisnis sejenis dari luar negeri

      btw, MLM itu termasuk kategori ini juga gak sih?

    • flanker

      he he he untung gua dapet 21 jutaan….. dulunya jg gak percaya…..

  5. bapakehasna

    Mohon ijin ngelink situs ini. Menurut saya ini salah satu amar ma’ruf nahi munkar

    Edison: Monggo pak.. silahkan.. malahan saya mengucapkan terima-kasih telah membantu menyebarkan artikel ini..

    • Putra

      Saya juga berterima kasih dengan adanya pencerahan dari Pak Edison ini, karena saya sering dapat mail seperti ini dan saya hampir2 saja tertarik.Tapi saya juga mikir masa ia dapat uang semudah itu.Orang kerja keras saja belum tentu dapat uang semudah itu.
      Terima kasih Pak Edison.

  6. Pingback: Apakah anda Tertipu ???? « Perluas Wawasanmu

  7. Secara nalar yg disampaikan betul, Bisnis ini sebetulnya spt iklan di TV yg mengatakan dalam 7 hari, jerawat Anda akan hilang tuntas (Apa betul ?), wah kalo begitu dokter kulit ndak laku dong…Cuman coba Anda lihat, dgn Modal 180rb (ini dibagikan kepada Sponsor sebelumnya+ hadiah 7 e-book+website replika). Dgn hanya mencari 4 anggota, modal kita udah kembali kok, klo terus berhasil…Ya namanya Bonus Dong, pak.
    Krn kita terpaku pada kata “5Milyar”, jadi pikiran negatif kita mengatakan “Mana Mungkin Modal 180rb, dapet 5 Milyar?”
    Spt kata Mario Teguh : “Semua kesempatan utk berhasil, ditemani oleh kemungkian gagal. Bila Anda tdk mencoba, Anda akan sama gagalnya dgn orang yang mencoba, dan kemudian gagal.”
    Terima kasih

    • Jangankan Rp 5 milyar, mas kuswadi… begitu piramida uang ini tumbang, sebagian dari member utk mendapatkan kembali modalnya yg Rp 180 ribu pun tidak bisa🙂

      Ketika menulis tentang InterMetroFund, reaksi dari para membernya juga tidak berbeda dengan reaksi mas🙂 Jadinya saya sendiri tidak merasa aneh jika member program piramida uang bisnis5milyar sulit utk menerima apa yang disampaikan di artikel ini

      Tentu saja reaksi member-member bisnis5milyar yang menolak isi artikel ini bisa dimengerti (meskipun point dan argumen yang disampaikan sangat jelas dan gamblang).

      Ini karena semakin banyak orang yg membaca artikel ini, semakin cepat piramida uang itu akan ‘roboh’ dan kemungkinan member tersebut untuk mendapatkan hasil dari piramida uang ini semakin kecil….

      Maaf ya komen iklannya saya hapus…Tidak pas rasanya blog ini malah dipakai utk promosi program scam/penipuan seperti ini…

      PS: Satu lagi, penipuan semacam ini jangan disamakan dengan obat jerawat dong mas, kasihan obat jerawat, jadi turun martabatnya…… 🙂 Kalau beli obat jerawat tidak manjur, minimal kita tidak merugikan orang. Penipuan seperti ini, uang yg mas terima itu dari hasil menipu uang orang lain…

  8. Memang terlalu muluk, kalau kita bicara Rp 5milyar, Saya ikut bisnis5milyar inikarena saya melihat sendiri sponsor saya, dgn modal awal 180rb sdh dapat hasil Rp 1,7 jt dlm 2-3 minggu (nilai yg fantastis menurut saya). karena klo kita taruh di bank, wah jangankan jadi 1,7 jt, klo habis iya kemakan pajak bunga dan adm/bln.
    Sistem ini betul tetap punya resiko seperti yang Anda katakan, tetapi resiko ini kecil dibandingkan klo permainan saham yang beresiko modal habis dalam hitungan hari bahkan mungkin detik.
    Mungkin kata-kata Mario Teguh ini berguna:
    “Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin, Anda akan bisa mencapai yg terbaik dari yg mungkin Anda capai.”

    • konobe

      kalo baca artikel orang, tolong dibaca keseluruhan ya Pak…🙂

      saya ga bilang “ga bisa dapat duit” lho… Yang ingin saya bahas adalah logika dan cara berbisnis yang ga benar secara etika, moral dan bahkan hukum. Well, orang korupsi juga bisa dapat uang kan? Tapi apa itu benar? Silakan tanya pada diri sendiri ya..

      Piiiisss ah…hehe

  9. NewCo

    saran saya nggak usah diperdebatin lagi..

    pembaca yg berakal sehat juga sudah tahu kok..

    nanti kayak IMF😀

  10. Amar

    ingin dapat uang lewat internet itu harus belajar byk….ngga bisa cepat….bsa juga tp ngga akan bertahan lama…percya deh ama saya….oke….

  11. saya juga setuju banget dengan Pak Amar, saya juga sedang merintis bisnis lewat internet. Emang sih ga gampang tapi ga sulit asal mau belajar dan meluangkan waktu untuk terus mencoba. Kasian orang2 dengan budaya instan pengen cpt dapat uang spt itu, yang ada malah ketipu/ dapat uang dengan mengorbankan orang lain. Saya juga pernah membahas tentang budaya instan spt itu di catatan/notes saya di Facebook Felicia Wiwih dengan judul “Life is like a cafetaria – from sex before marriage to financial life- di http://www.facebook.com/note.php?note_id=51356222354

  12. Annisa

    “Ingatlah bahwa uang yang anda dapat dari program penipuan seperti ini didapatkan atas kesengsaraan orang lain.”
    Atas kesengsaraan orang lain? Kalau bergabung karena dipaksa mungkin orang tsb merasa sengsara.

  13. Shaggy

    Setiap orang punya rejeki masing2, jadi gak perlu sirik lah…..

  14. simpi

    mnrt saya bisnis semacam ini sah2 aja kok.krn dr awal kan kita ud tau kl hrs keluarin duit 180rb. dan setiap member yg join pasti ud tau konsekuensiny saat dy brgabung dgn bisnis ini.jd ya tidak ada unsur penipuan&merugikan org lain.apalagi kl sampe diblg brsenang2 diatas penderitaan org lain.lgpula apakah anda sdh prnh join dgn bisnis ini&dirugikan?kl tidak sebaikny jgn terburu2 berkomentar.

  15. Jadi bernostalgia waktu saya mesti berhadapan dengan member IMF jaman dahulu…..🙂

  16. goes

    Aku dukung artikel ini, sebarkan ke orang lain.. wahh kalo ada yang bisa buktiin itu kejahatan penipuan di dunia maya laporin aja ke Polisi man.. Siapa yang mau angkat jari jadi saksi ahli mungkin? laporkan aja.. STOP PENIPUAN!!!

  17. Santi B.

    Namanya orang jualan, ya pasti dibuat semenarik mungkin, selama komisi para membernya tetap dibayarkan ya tidak bisa dikatakan penipuan. Para member sudah berusaha menjual produk berupa e-book, setelah berhasil trus terima komisi kan wajar ada imbalan atas usaha mereka. Beda kalau komisi member tidak dibayarkan, itu baru namanya penipuan!

  18. Duh, kasihan Konobe, baru artikel pertama di sini sudah harus menghadapi yang seperti ini…. Sabar ya Konobe, waktu dulu saya juga terpaksa menghadapi ‘sandiwara tunggal‘ model begini….

    …..

    @Annisa, Shaggy, Kiky, Karim, Endang & Santi.B

    Sudahlah mas, tidak perlu ‘menyamar‘ dan ganti-ganti nick untuk spam. Kalaupun ingin spam, minimal cobalah utk lebih ‘cerdik‘ dan sembunyikan alamat ip.address anda agar tidak sama (ip.address: 114.58.126.61) (ini gambar screenshotnya)

    Terima kasih atas kunjungan anda yang berulang-ulang ke artikel ini. Berkat hits dari kunjungan anda yang berkali-kali itu, posisi artikel ini di google.com semakin tinggi.

    Jika search ‘Bisnis5Milyar’ di Google, artikel ini sekarang sudah berada di posisi 4 halaman pertama, sehingga lebih mudah ditemukan orang (padahal tadi pagi masih posisi 8)

    Jadi, sekali lagi, saya mengucapkan terimakasih kepada mas karena dengan kunjungannya yang berulang-ulang telah turut membantu mengangkat artikel ini…. Jangan bosan-bosan berkunjung ya mas🙂

  19. kaskus addict

    jadi inget jaman IMF dulu…
    ternyata perilaku manusia mang ga pernah berubah ya..😛
    selamat buat konobe.. analisa yang jitu

    • konobe

      wah, jadi malu..:”>
      Kredit juga ditujukan untuk bro Edison. artikel ini dapat banyak sekali bantuan dari beliau. Thanks a lot ya bro!😀

  20. toto_lutu

    Wah..diangkat juga.. Thx Konobe..
    Tuh kan bro Ed, dah rame juga kan..?

    Ada kesamaan dari isi komen yg membela ‘bisnis’ seperti ini. Kebanyakan mengangkat jumlah ‘kecil’ modal dibandingkan potensi wah hasilnya. Kalaupun rugi, ya paling ‘cuma segitu’. Mereka lupa, kecil ataupun besar, yg namanya menipu ya tetap menipu. Lihat caranya, bukan bersembunyi di balik nominal.

    Dalam bisnis apapun (bahkan yg haram sekalipun), jelas yg diperjualbelikan. Jika kita diharuskan membayas sesuatu yg di tempat lain bisa diperoleh dgn gratis.., itu namanya apa ya?

    Cari duit dgn menipu.. apa gak malu?

    (Next.. angkat juga ‘bisnis’ yg lain.. seperti.. ehm.., pulsa)

  21. tanyakenapa

    Boleh sekalian dibahas yg lainnya om?

    http://frenstore.bizz.cc/ << katanya 100rb bisa dapet 22jt, ga tau juga nih, blm sempet baca isi web

    http://www.mabetra.com/ << baru banget nih, katanya 40rb bisa 2.7m, yg ini membingungkan

    http://www.investasimandiri.com/ << pemaen lama nih, afiliasi dari asiabersama ya?

    seru juga nih bahas ginian
    thanks

  22. Adi.

    wah nipu ya?
    Masa iya? Untungnya yang saya alami lihat buku tabungan saya nambah 10rb ama 50rb aja.. begitu juga dengan member yg join di bawah saya, tidak ada yg sampai sengsara hidupnya.. dan mudah2an jangan sampai terjadi seperti yang anda sampaikan di atas..

    Komentar aja, klo soal iklan yg menipu itu, gk cuma web itu aja yg “menipu”. Masih banyak contoh iklan yang “berlebihan” dalam memasarkan iklannya. Misalnya iklan produk sabun cuci yang diklaim mampu membuat putih cemerlang seperti baru.. Tapi sampai sekarang, masyarakat masih banyak yang pakai..

    Atau contoh lainnya, iklan produk susu untuk pria yang menjanjikan body six pack. Produk tersebut bukan tidak bisa menepati janjinya tersebut, tapi harus ada usaha juga dari penggunanya juga dengan melakukan body building.

    Sama seperti iklan web ini, bukan berarti anda dengan join dan transfer saja, anda sudah bisa dapat uang.. Perlu usaha bung..

    Sependapat dengan Santi B.
    Bagi saya, selama komisi member dibayarkan dengan jumlah yang benar, ini belum saya rasa sebagai penipuan..
    Dan tenang saja, bila sampai terjadi penipuan apapun itu bentuknya, saya akan mendukung penuh anda dalam menyebarkan artikel ini..

    Peace and No Offense bro..

    P.S Justru yang perlu dicemaskan adalah banyaknya program Multi Level asing yang masuk ke Indonesia dengan biaya pendaftaran (dalam mata uang asing).. Sehingga banyak rupiah yang “pergi” ke luar negeri..
    Sekali lagi, Peace and No Offense..

  23. bozzan

    Karakteristik orang indonesia yah kurang lebih seperti ini suka sekali meng Hakimi atau meng justice seseorang/sistim dsb bahwa ini salah yg ini yg benar menurut versinya..
    Ada baiknya sebelum memutuskan sesuatu atau mengulas sesuatu pelajari lebih dalam atau minimal ikut dulu spt apa sih yg di maksud dgn sistim ini..?
    Seorang Komentar olah raga spt yg sering kita lihat di TV2..nampaknya jauh lebih jago di bandingkan pemainnya sendiri..he…he.. spt itulah tipikal orang2 Indonesia..suka menghakimi sendiri..seolah2 dia lebih tahu..

    Kembali ke masalah bisnis ini, semua tergantung kepada orangnya dan sudut pandangnya..apakah ini baik atau buruk/penipuan. semuanya kembali kepada orang2 tsb yg ingin ikut atau tidak.
    Saya tdk membela atau membenarkan bahwa bisnis ini benar atau buruk.
    Spt di uraikan di atas..ttg imel wanita tsb…
    sebenarnya apa yg anda lakukan kurang lebih spt itu juga sifatnya..jika menurut anda blog ini benar..itu mungkin dari sisi anda, tapi bagi yg bernama”Brian (bisnis ini) ini bisa merugikan yg bersangkutan. Karena kita semua tidak tahu isi yg sesungguhnya dari bisnis ini.
    Kecuali anda sudah pernah ikut dan sudah melihat sistimnya..mungkin Anda bisa menyebarkan informasi ini bahwa bisnis ini tdk benar berdasarkan pengalaman anda yg ikut bisnis ini, tapi kalau semua hanya asumsi anda saja melihat dari web dan tata cara perhitungannya yg mungkin benar ngawur..saran saya mbok ya..kita jangan meng hakimi dan lalu menyebarkannya…bisa jadi maksud anda baik, lah bgmn jika bisnis tersebut misalnya legal dan benar..? apa bukannya kita sendiri yg repot.
    Sekali lagi sy tdk bermaksud membela siapapun..krn semua punya prinsip yg berbeda atas bisnis ini. di satu sisi menurut anda salah…bisa jadi anda benar dan mungkin dari sisi yg sdh ikut..ini bisnis benar dan anda yg salah.

    Krn kalo ini di perdebatkan tdk akan ada habisnya..yg terbaik adalah kalo bisnis ini penipuan cukup kita tidak perlu ikut bisnis ini, tapi bagi yg berani ambil resiko monggo silahkan ikut, karena segala sesuatu yg kita lakukan semua ada resikonya..tinggal berani tidak kita mengambil resiko tersebut.
    Biasanya orang2 yg berani ambil resiko adalah orang2 yg sukses dan yg tdk berani ambil resiko biasa hanya bisa bicara doang..

    So semua kembali ke diri anda masing2..jika ini beresiko jgn di ambil jika anda takut, tapi jika anda penikmat resiko so monggo di ambil..

    Dan kelihatannya koq sy jadi penasaran dgn bisnis ini…? ehmm ikut ngga yah..?

  24. benar-benar jadi Inter-Metro Fund Part 2🙂 …..

    @ Adi & Bozzan

    Ada ungkapan ‘Those who refuse to learn from history are doomed to repeat it’….

    Ketika saya berhadapan dengan ‘massa‘ Inter-Metro Fund, argumen-argumen seperti yg kalian berikan itu sudah ‘kenyang’ saya dengar…

    Tetapi akhirnya omongan saya menjadi kenyataan kan?🙂

    Bagaimanapun juga, sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada para member dan supporter program penipuan ini. Berkat kunjungan anda ke artikel ini, artikel ini semakin terangkat di hasil pencarian di Google🙂

    • adit

      Lho? Inter Metro Fund akhirnya bubar juga tho? Secara banyak banget pembelanya….

      Intinya gini aja : Kalo Anda memakan uang sesama manusia dengan (model bisnis money game) yang menjanjikan hal yang penuh kebohongan, saya janjikan Anda akan mendapatkan karma, bukannya Anda semakin kaya tetapi Anda akan terpuruk.

      Teman saya ada yang menjajakan MLM bernama USI (United Stars Indonesia) dengan biaya join 1,6 jt, dengan mendapat cincin yg katanya senilai 1,3 jt (padahal di pasaran hanya 4oo ribu). Selama 1 bulan pertama, dia bisa meraup 100 juta lebih…Apa yang terjadi 3 bulan berikutnya? USI bubar dan teman saya harus berhutang untuk kehidupan sehari-hari krn uangnya lenyap tak berbekas, akibat seluruh keluarganya sakit berbarengan dan hrs membayar 150 jt.
      Boleh percaya, boleh tidak. Ini adalah karma.

      Thanks, Sis Konobe atas artikel ini.
      BTW : IMF bener-bener bubar. dimana Sri Darwanto skrg?

    • rachma

      @Edison wrote: “Berkat kunjungan anda ke artikel ini, artikel ini semakin terangkat di hasil pencarian di Google”.
      Rupanya ini trik anda ya untuk mengangkat rating blog ini. Dan spt-nya anda bahagia sekali.
      Saya cuma heran aja…lha wong saya yg nyata2 ikut di bisnis ini nggak merasa tertipu kok. Jadi apanya yg menipu..???
      Biasalah dalam hidup ini ada pro & kontra. Kalau melihat bisnis org maju pesat pasti dech bibuat berita macem2 yg intinya mau menjatuhkan.
      OK…HIDUP BISNIS5MILYAR….PISSSSS AH

  25. simpi

    Pak Edison,knp dr komentar2 anda sptnya anda bnr2 brharap bhw bisnis ini bnr2 mrpk penipuan yah??wong yg member aja ga merasa ditipu kok..

  26. xxx

    jgn jgn yg nulis blog ini adalah korban dari penipuan tersebut juga makanya diluapkan dengan cara menghujat seperti ini. jadi menurut saya mendingan kita pasrain ama masing2 aja toh yg merasakan mereka juga bukan orang laen hehehehehehehehe…… jadi sekali lagi jgn jadi PENGECUUUUUUUUUUUUUT seperti ini hehehehehehehehehehehehehe

    • rthamrinr

      @xxx

      jika anda berpikiran seperti ini, berarti anda egois, tidak punya hati nurani terhadap orang lain yang menderita akibat penipuan bisnis tersebut. Harusnya sebagai manusia, anda harus berbuat baik kepada sesama manusia, bukannya menipu atau membiarkannya menderita

  27. konobe

    @simpi..
    good question. Saya belum pernah join, dan kayanya… ga akan (@least untuk bisnis5milyar ya🙂 ).

    simpi said: “dan setiap member yg join pasti ud tau konsekuensiny saat dy brgabung dgn bisnis ini.jd ya tidak ada unsur penipuan&merugikan org lain.apalagi kl sampe diblg brsenang2 diatas penderitaan org lain.”

    Simpi sudah join? Saya ingin bertanya tiga hal aja sebagai contoh.
    1. Simpi tau ga kalau salah satu e-book nya hasil plagiat, dan ada konsekuensi hukum yaitu ancaman penjara/denda untuk itu?
    2. Kalau belum tau, bukankah ini berarti simpi sudah ditipu dan ternyata simpi belum tau konsekuensinya?
    3. Kalau sudah tau, simpi pernah ga menjelaskan hal tersebut pada “downline”-nya simpi? Ask why…

    Kalau simpi belum join, mungkin pertanyaan ini bisa disampaikan pada owner bisnis5milyar atau member lainnya.

    IMHO, menjadi plagiat, dan menyebarkan hasil plagiat setidaknya sudah merugikan penulis aslinya. Atau simpi berpendapat itu tidak merugikan?🙂 (saya belum berbicara soal skema piramida uangnya ya..)

    @bozzan.
    perlu waktu yang cukup lama untuk menulis artikel ini. Terus terang beban moralnya sangat berat. Dan saya akui, saya bahkan pernah berpikir untuk coba ikut agar benar-benar tahu seperti apa dalamnya. Sehingga mungkin saya bisa memberikan pandangan yang lebih baik dalam tulisan saya. Sayangnya, dari awal pun sudah terlalu banyak hal janggal, sehingga jelas bagi saya untuk menyebut ini sebagai bisnis “tidak benar” dan termasuk penipuan. Dan sebenarnya, kejanggalan yang saya paparkan diatas hanya sebagian lho, belum semua🙂

    Mengenai risiko, sepakat sekali. Segala sesuatu ada risikonya. Dan untuk itulah artikel ini dibuat, agar teman-teman yang ingin masuk atau sudah masuk bisa benar-benar mengerti risikonya. Bukankah lebih baik mendapatkan banyak pandangan sebelum memutuskan sesuatu? Karena bagaimanapun, keputusan untuk tetap ikut atau ga nya tetap di tangan Anda / mereka. Again, It’s up to you..😉

    @all
    Salah satu yang saya soroti dari bisnis5milyar adalah plagiat, dan mungkin ini belum disadari oleh beberapa komentator disini.

    Ingat kasus pencatutan kebudayaan kita (Indonesia) oleh Malaysia? Banyak reaksi bermunculan, mulai dari yang berkepala dingin hingga yang beremosi tinggi. Namun tampaknya seluruh bangsa Indonesia setuju akan sesuatu yaitu: mengecam dan sakit hati atas klaim yang dilakukan Malaysia.

    Saya ingin bertanya, jika seandainya nanti, Malaysia meminta maaf kepada Indonesia, lalu mereka berjanji untuk berhenti melakukan ‘klaim budaya’, apakah Indonesia akan memaafkan dan percaya begitu saja janji Malaysia?….

    Sekarang, apa bedanya yang dilakukan oleh bisnis5milyar (Malaysia) terhadap penulis asli buku tersebut (Indonesia)? Again, ask your self…🙂

    Terakhir, mudah-mudahan sudah cukup sampai disini saja saya perlu berkomentar. Jika masih ada yang kurang puas, bisa email saya japri. Atau perlu ketemu face to face? Wow, terus terang saya pengen banget ketemu sama owner bisnis5milyar😀 Seandainya whois nya ga diprotect, mungkin sudah saya telepon/datengin langsung buat tanya-tanya lebih jauh ^^

    • putrie_kmps

      Big Aplause buat konobe…

    • lilyardas

      lama2 konobe identik dengan anti bisnis5milyar… jadi inget mas priyadi yang identik dengan anti unitlink… hehehe… piss mas!

      ijin ngelink page ini di blog dan fb-ku ya…

      sekalian ulas asia bersama dong… banyak banget tuh yang nawarin, termasuk sodara2 gue yang konon katanya pada sekolah di luar negeri, kerja di perusahaan bonafid, tapi kok ya gitu?

      say no to scam

  28. san

    Disebut-sebut diatas soal MLM asing. Cuma buat share aja waktu join ma MLM (ada produknya). Saat promosi sama lah.. omong gede bakal dapet gini dan gitu bahkan kalo jadi upline level tinggi ada bonus trip keliling dunia dan passive income. Penasaran join deh… bayar cuma Rp. 60rb, lalu kita pasarin produk dan cari downline sebanyak-banyaknya. Ditengah jalan baru nyadar semakin cape cari downline tentunya upline ku akan semakin upline. Aku cape dilapangan nyari downline dan masarin produk sementara upline ku bisa makin banyak poin yang membuatnya semakin dekat ke titik level tinggi dan dapet passive income yang diiming-imingi dan menjadi dambaan semua member. Walau pernah dapet segelintir rupiah, ga tertarik lagi. Kalo manisnya dah keliatan didepan mata apalagi diekspose sekian jelas, bukankah persaingan akan makin banyak? Semua orang pengen, berlomba dan akhirnya menggila. Dalam kasus MLM diatas, satu downline pernah ribut dengan downline lain untuk memperebutkan calon downline dan calon konsumen. Satu member mengeluh….. persaingan makin kuat sehingga area pemasaran maupun perekrutan downline makin sempit. Katanya lama-lama impian keliling dunia dan punya passive income hanya indah dipelupuk mata.

    Sejak itu terpikir, mending bener-bener nyari job buat dapet penghasilan. Lalu penghasilan diinvestasi buat dapet penghasilan lagi. Misalnya kayak beli ORI, dapet passive income dari pembayaran kupon obligasi. Kalo pegang saham bisa dapet deviden dan gain. Sementara kita bisa teruscari penghasilan, dengan ilmu investasi mumpuni yang dimiliki bisa juga kok dapet pasiive income tanpa merugikan siapapun. Main saham, investasi “gitu-gituan” kan beresiko? Semua pasti beresikokan? Yang bisa kita lakukan adalah menambah ilmu pengetahuan terhadap investasi apapun yang akan kita lakukan.

    Penulis maupun pemilik blog ini juga tentunya tidak bisa berbuat apa-apa jika ada rekan yang ngotot pengen gabung. Mereka hanya mengemukakan pandangan dan pendapat mereka. Kalo member “bisnis” ini yakin pemilik bisnis ini bukan TUTI (Tukang tipu) kenapa gentar dengan artikel ini? The bright sidenyakan kalo orang ga mo gabung jadi member tapi pemasaran produk tinggi artinya persaingan ga ketat? Pemasaran “produk” bisa gencar? Tapi kalo bicara soal pemasaran e-book nya yang kata Konobe plagiat, awas.. dikejar borgol pak polisi….!!

    Buat Konobe… Ngapain buang waktu apalagi ngajak kopi darat pula nanggepin orang yang lagi asik ngimpi? They’re not worth it!!! Ciayo!!!

  29. toto_lutu

    Mengakui hasil karya org lain sebagai hasil karya sendiri sudah jelas penipuan. Belum lagi menjual sesuatu yg dapat dgn mudah diperoleh dgn gratis..

    Menipu atau tidak bukan tergantung pada apa yg dirasakan org lain, tapi pada subjek itu sendiri. Tidak selalu korban penipuan menjadi sengsara, terlebih bila tdk sadar. Apalagi bila menghitung besaran rupiahnya. Tapi sekali lagi, penipuan tidak tergantung pada besar-kecilnya nominal melainkan pada caranya.

    Rekening tabungan yg terus bertambah saldonya tidak bisa membenarkan penipuan. Lihat lagi.. dari mana uang itu berasal..

    Tidak ada org yg tahu dirinya telah ditipu jika ia tidak mengetahui apa yg telah menipunya, terlebih lagi bila ia menikmatinya.

    Memang sulit menyadarkan org yg tidak ingin terbangun dari mimpinya..
    Ingin terus menggapai kenikmatan yg semu atau ingin tahu telah seberapa dalam masuk ke lubang kelinci yg seperti tak berujung?
    Kita cuma bisa memberikan pil merah dan biru tapi mereka sendiri yg harus mengambil dan menelannya.

    • Claudia D.

      Numpang tanya DIKIT…….

      Koleksi CD ataupun DVD di rumah anda apakah versi ‘ORIGINAL’ semuanya ?

      oh ya 1 lagi….Sofware Windows maupun Software lain yang anda gunakan apakah juga versi ‘ ORIGINAL’ ?

      THANKS infonya

  30. omikawa

    kayaknya yang bikin situs ini orang yang sakit hati /kalah bersaing dengan si owner bisnis5milyar………

  31. Ternyata ada blog Mpu Gondrong yg juga sempat membahas scam ini…. tetapi cara analisa yang dia pakai berbeda (walaupun kesimpulan akhir sama)…

    Menarik juga utk dibaca🙂

    http://oguds.wordpress.com/2009/02/13/program-bisnis-5-milyar/

    • konobe

      A very good approach!!!😀
      Sudut pandangnya lebih bisa ‘kena’ ke siapa pun😉

      haha, karena saya ga dapet hasil scan-an nya, jadi ga pernah neliti. Jadi boleh tu ditambahin satu lagi keanehannya. Scan buku yang aneh bin ajaibs..😀

  32. kalo situs2 lain yang serupa gmana pak edison?
    kayaknya yang seperti ini banyak deh….

    • Memang banyak🙂

      Ibaratnya jamur di musim hujan, dicabut satu, besok tumbuh 10….

      Itu juga sebabnya mengapa tidak semua program penipuan spt ini sampai dibuat menjadi artikel, karena bisa-bisa isinya blog ini jadi tentang penipuan semua, padahal topik seperti ini bukan ‘minat’ utama saya….

      Akibatnya, agar lebih ‘efisien‘, artikel penipuan hanya fokus kepada program-program penipuan yg penyebarannya mulai ramai….

  33. Claudia

    Oooh…..5 Milyar

    BRIYAN WINTER
    Contoh Kasus Briyan memang cukup menyentuh…. ( baca : membingungkan )
    Perasaan hati seorang wanita disetarakan dengan Pelaku Bisnis….? ( rada menggelikan ), lebih2 si wanita telah dikisahkan tidak menyadari efek buruk yang timbul diluar perkiraan. NB: Pelaku Bisnis 5 Milyar adalah Orang sangat menyadari resiko akan kerugian/kehilangan sebesar Rp.180.000,-

    PENIPUAN ?
    Belum Jelas sampai detik ini….. ( Kita amati saja ). NB: Pelaku Bisnis ini akan menerima kembali modal Rp. 180.000,- setelah mendapat member level 1 = 4 orang …..selebihnya adalah Keuntungan! OK

    BAHASA PROMOSI
    Rp. 180.000,- dapat keuntungan Rp. 5 Milyar !!!
    Bagi orang yang Negative Thinking ( ma’af ) akan bikin otaknya berputar2….. karena sebenarnya Dia yang terbuai ‘Bahasa Iklan’ . NB: Bisnis ini bisa saja berjudul: Rp.180.000,- dapat keuntungan Rp. 500.000,- ? atau Rp. 180.000,- dapat keuntungan Rp. 1.000.000,- ? ( untuk batas 2 level saja ) …. tapi apakah bisa menarik minat calon member ? Program Kedalaman 5 level cukuplah fantastis !

    PRODUK
    ‘Originalitas’ ? bisa Gratis ? Bermanfaatkah ?
    NB : senasib dengan Keping DVD… , mau beli original / bajakan / copy sendiri / download ?

    KASIH & KASIHAN
    Saya salut perasaan anda akan nasib 1 juta orang ( level 6 ) dan selebihnya….. NB : ma’af saya bukan paranormal yang tahu nasib mereka atau masa depan Webmaster nantinya kelak. Perlu digarisbawahi, Pelaku Bisnis ini bukanlah Orang yang perlu dikasihani ( uda saya paparkan di awal ) …. Pelaku Bisnis ini sangat yakin akan resiko berat yang akan menimpanya. Belas kasihan Anda sebaiknya ditujukan kepada Fakir Miskin di negri ini yang jumlahnya juga jutaan jiwa….., Anda bisa bantu mencari solusi REAL buat mereka ? Semoga

    PIRAMIDA
    Webmaster kaya raya ?
    NB : Pabrik Rokok jg punya jaringan distribusi kebawah beberapa level….. dari Distributor Besar sampai pada Pedagang Kaki Lima. Masing2 punya prosentase keuntungan tentunya. Lebih2 BILL GATE sangat kaya raya!

    Survei membuktikan…. , para Pelaku Bisnis di bidang lain juga bisa mengalami resiko kerugian Rp. 1 sampai Milyaran rupiah.

    HALAL ?
    Tergantung kacamata kita masing2…..
    NB : Mudah2an Para Pelaku Bisnis ini yang telah berhasil, hatinya tersentuh pada Bidang Sosial. Pada prinsipnya Dana yang didapat bukanlah hasil Pencurian atau Perampokan…..

    Regard
    Claudia D

    • adit

      Common !!
      Kenapa Anda para pemimpi masih bebal?
      Sebuah proposal bisnis yang jujur akan menjelaskan kepada para calon mitra tentang resiko bisnis ini. Bahwa kemungkinan dapat 5 milyar, adalah HANYA sekian persen dari member.
      Anda bisa jelaskan kepada mitra bisnis, dari 230 juta penduduk Indonesia, maka peluang yang bisa direkrut sebagai member adalah HANYA sekian persen? Lihat Inter Metro Fund? Apa yang member peroleh dari ikut IMF? Hanya sedikit yang balik modal dan mayoritas gagal? Apakah kegagalan ini adalah kesalahan member? Oh tidak, resiko IMF bisa ditebak, karena mereka pola bisnis mereka berupa spekulasi pada instrumen VALAS, sangat tidak realistis untuk mampu menghasilkan keuntungan sedemikian rupa?
      Lagi pula, bila sebuah bisnis bisa menjanjikan keuntungan milyaran rupiah, untuk apa dibagi-bagi dengan orang lain?
      Jadi keberadaan member di IMF dan Bisnis5Milyar, diperlukan sebagai kaki piramida. Bisnis macam ini ada ribuan, atau ratusan ribu di dunia, dan ini merupakan skema Ponzi. (silahkan googling tentang Ponzi Scheme).

      Claudia (itupun kalo nama real Anda), kalau Anda adalah founder bisnis5milyar (mirip Haris Wisnu di Inter Metro Fund), berhentilah menipu orang lain. Banyak ribuan member akan menjadi korban Anda, dan ini bukan bisnis, tapi fraud.

    • maniez_106

      Ampuuuunnn… deh..!!! Masih aja ada yang belain! Mbak, bu, tante atau sapapun anda… Insyaf euy!!! Kalo emang bisnis beneran kenapa pake pasang iklan yang menggiurkan? Kalo cuma untuk dapet balik modal Rp. 180rb mah, ngapain cape2 nyarin donlen 4 orang? Taro aja tuh duit dibawah bantal hari ini, besoknya tengok, langsung balik modal. Tapi kalo Rp. 180rb kita join, terus ga dapet donlen… ilang tuh duit! Daripada dibuang ke bisnis ini Rp. 180rb mending traktir anak yatim makan bakso! Perut anak yatim kenyang, kita dapet amal, tukang bakso senang…😀

      O iya lupa.. mungkin anda takut ga dapet donlen yah? Takut uang ilang ga bisa beli bakso yah?? Kaciaaannnn…..!!!

      Bung Edison, mbak Konobe, sis Alina… komen disini diklos aja deh… useless, bikin konsentrasi n emosi pembaca harian ini ga fokus belajar ekonomi and investasi!!!

  34. fredy

    He…he…..
    geli aja bacanya…..
    btw, artikel pertama yang luar biasa dari konobe.

  35. Midie

    No comment dah, saya dah ikut.
    Tp gak merasa tertipu. Wong uang yg di pakai dah balik modal. Dan sudah saya sisihkan sebagian untuk ojek sepeda bpk tua dekat kantor saya.

    jadi gimana dung…

    Edison: kalau komentar yg ini saya akui lucu… soalnya diawali dengan ‘No Comment’🙂

    • Claudia D.

      Sungguh tulus upaya anda menyisihkan sebagian dana untuk ojek sepeda bapak tua , perbuatan mulia…..menabur karma baik untuk kehidupan di masa mendatang : )

  36. Midie

    Hi..hi…iya yahh.. maksud ga mau komen, yah gak panjang-2 bahas, gitu deh…

    Hi..hi….

  37. Lucunya jika mencoba dialog dengan orang-orang yang sudah terlalu menjadi member program penipuan spt ini adalah anda ibaratnya sedang berdialog dengan ‘tembok’ (pengalaman berhadapan dengan member IMF)

    Padahal dengan sekedar googling, mereka bisa tahu apa itu penipuan piramida uang, tetapi sebagian dari mereka lebih senang memilih untuk ‘tidak tahu’ ataupun pura-pura tidak tahu🙂

    (baca ttg piramida uang)

    Tujuan utama artikel ini adalah untuk menjelaskan tentang penipuan ini agar orang-orang yang belum masuk tidak jadi masuk🙂 Belajar dari pengalaman menghadapi member IMF, orang-orang yang telah masuk, akan sangat ‘resisten’ dan memilih untuk menolak apapun yg kita katakan (meskipun apa yang kita katakan itu benar)

    Saran saya kepada para pembaca blog ini, komentar para member bisnis5milyar di sini tidak perlu ditanggapi terlalu serius (saya pribadi hanya menanggapi komentar mereka yg bagi saya terasa lucu).

    Semakin sering member penipuan tersebut ‘berkunjung’ ke sini, artikel ini akan semakin terlihat di Google. Akibatnya orang-orang yang belum ikut bisa lebih mudah menemukan artikel ini. Semakin banyak orang yg batal bergabung dengan bisnis5milyar akibat artikel ini, semakin cepat piramida uang ini akan roboh dengan sendirinya.

    Jadi sekali lagi, biarkan saja member-member tersebut berkomentar, jangan ditanggapi dengan serius ataupun dengan emosi🙂 Artikel ini sudah cukup jelas dan fasih penjelasannya. Biarkan saja artikel ini yg ‘bekerja’

  38. NewCo

    klo gw ngerasa nunggu kejatuhan bisnis5milyar agak susah.. ibaratnya klo nggak ada member baru juga nggak masalah-kan…

    beda dengan IMF, owner-nya kan harus terus ngeluarin duit tiap jangka waktu tertentu..
    lah duitnya kan perputaran duit member lama dan member baru.

  39. @NewCo

    Memang penipuan piramida uang sedikit berbeda dengan penipuan Ponzi… Tetapi pada 2 model penipuan ini akhirnya tetap akan ambruk begitu sudah mencapai tahap tertentu…

    Artikel ini cuma sekedar membantu mempercepat proses itu saja🙂

  40. Shi_i

    Ni program halal gak sih?

  41. Shi_i

    habis webmasternya kan ngejelasin sistemnya secara detail.kok masih dibilang gak halal sih.Aku jdi takut dah terlanjur mo ikut programnya..
    Knapa?

    …..

    Edison: Justru seharusnya saya yg bertanya “kenapa?” …. Kenapa masih banyak yg ‘tutup kuping’, padahal sudah dijelaskan bahwa ini penipuan piramida uang? Informasi mengenai penipuan model ini bisa ditemukan dengan mudah di Internet…. linknya pun sudah saya kasih di komentar saya di atas…. tetapi kenapa masih banyak yg tidak tahu, pura-pura tidak tahu atau bahkan tidak mau tahu🙂

    Dulu saya belum menemukan jawaban tersebut, tetapi kini saya sudah tahu ‘kenapa’…. Jawabannya sebenarnya sangat terkait dengan nama blog ini🙂

    Berbeda dengan Konobe, fokus saya sendiri bukanlah kepada halal/haram, tetapi pada dua hal:

    Pertama, ini bukanlah bisnis… model seperti ini, sekali lagi dikenal sebagai Piramida Uang…

    Kedua, setiap Piramida uang akan memakan korban, yaitu orang-orang yg masuk belakangan… jika hati nurani anda tidak keberatan melakukan penipuan, maka tentunya saya juga tidak bisa berkata apa-apa….

  42. heru

    Haaahahahahahaha

    hahahahahahahaaaaaa
    huahauhauahhahahahahahaaahhhhh

    Sampe sakit perut gue
    .
    Owner bisnis5milyarnya bego, pengikutnya tolol, yang ngomentarin lucu2.

    buheuheuheheheheehh

  43. aha

    ambil tikar, beli kacang rebus ah.. sambil nunggu komentar yang lucu2….
    memang tabiat masarakat kita pada umumnya pingin cepet kaya……nggak peduli apa dan siapa, satu lagi selalu mensiasati kata2..
    hanya pesen satu aja “bisnis lah dengan hati nurani, marilah mengajarkan masarakat pengguna internet ini dengan santun, ajarkanlah untuk bekerja keras, jangan pernah menjual mimpi-mimpi di awal” saya sering ikut program gini an, ada mungkin 5, saya pelajari dan pada akhirnya semua sama aja, dan kebetulan saya ndak nawarin ke orang lain, ndak tahu kenapa. hati nurani saya kok nggak tega, mending saya cari di program2 yang laen, review,adsense, jualan domain.. kayaknya lebih enjoy, maaf klo ada yang kurang berkenan….

  44. waw, keren mas artikelnya,,,
    saya tunggu analisa2 lainnya,

    just my opi : ini salah satu pendidikan buat kita semua, ironis kalau internet banyak digunakan untuk hal2 yg bisa membutakan mata hati orang.

    EDISON: Yg nulis ini bukan saya, tapi Miss Konobe 🙂

  45. awi

    bagaimana menurut anda tentang ini??

    http://duta4future.com/?pg=home

    apakah ini juga penipuan..??soalnya ada teman sy mengajak masuk sini..

  46. bowz

    trus, klo gw mo ikut bisnis online yg ok n gampang jalaninnya apa dunks? secara, ditawarinnya model bisnis begini… ada referensi?

  47. konobe

    @maniez_106
    Thanks a lot for your support😀
    Kalau sampai hari ini artikel ini belum ditutup komennya, karena saya rasa komentar pendukung bisnis5milyar masih dalam batas tenggang rasa saya pribadi🙂

    Kecuali untuk yang sengaja sambil menuliskan link referensi bisnis serupa, sory ya.. terpaksa ga diapprove. Mungkin Anda (yang komentarnya terkena filter otomatis karena link Anda) bisa berkomentar dengan cara yang lebih ‘wise’😦

    @lilyardas dan awi
    Bung Edison memberikan link wiki terkait piramida uang (ada di catatan kaki artikel). Dari link tersebut, ada link lain ke pengertian skema ponzi dan bisnis MLM Amway yang lolos dari tuduhan skema piramida.

    Beberapa alasan Amway bisa lolos dari dugaan skema piramida karena:

    (1) not having a ‘headhunting’ fee; (2) making product sales a precondition to receiving the performance bonus; (3) buying back excessive inventory (4) requiring that products be sold to consumers (5) Is not in business to sell distributorships.

    Anda bisa membandingkan pengertian dan ciri-ciri skema piramida / skema ponzi di link2 tersebut dengan bisnis yang Anda tanyakan, lalu memutuskan sendiri jawaban atas pertanyaan Anda🙂

    • san

      Kayaknya perlu ditranslate deh… Artikel bahasa Indonesia aja masih ga mudeng pahamnya n masih terbuai khayalan tingkat tingginya apalagi yang beginian….😀

      Ga usah diklos aja deh! makin banyak yang komplen.. makin tinggi hits blog ini, makin tersebar, makin cepat runtuh scam-scam kaya ginian. Kita sih paling nonton n siap tepuk tangan sambil saur kembang aja deh!!!😀

  48. Jokerz

    Hihihi, lucu2 juga komennya, sampe ada yg mengutip kata2 seorang motivator ulung. Mas, yg bener aja, kalo situ nawarin ke beliau, apa beliau mau ikut ? Member club-nya banyak lho, potensi yg sangat besar bagi beliau.

    Saya ikut kutip deh buat Konobe ‘Kalau niat baik anda ditolak orang, lalu anda sudah introspeksi cara penyampaiannya dan ternyata masih ditolak, besarkan hati, karena mungkin orang2 yang menolak belum mengerti bahwa maksud anda baik’. And one more quote : Is there any reward for good other than good ?

  49. Sifat alami manusia, pengen hidup enak dan tidak mau bersusah payah mencari nafkah.
    Apalagi tipikal orang Indonesia, enggak mau repot dan mencari tahu lebih, asal enak kepenak bagi dirinya sendiri. Sebodo teuing dengan nasib orang lain🙂

    Menurut perhitungan matematis, bisnis piramida model ini, hanya 11% persen member yang berhasil, sedangkan 89% member akan gagal.
    http://aditpulsa.wordpress.com/2009/03/03/bisnis-dengan-nyata/

  50. James

    Kalau gw lihat si Penulis atau siapapun yg mendukung-nya terlalu skeptis dalam berpikir. Gw punya uang yg gw investasikan ke banyak tempat ( Saham, rekasadana, deposito dll). tapi gw ga ngelihat kalo Bisnis5M ini sebagai ajang buat penipuan (secara core bisnis-nya), kalo buat gw ini buat Income for Fun aja, dan kalo gw rajin dan bisa pengaruhin orang lain ya gw dapat untung (dan itu terjadi). Dan kalo gw lihat fokus bisnis dari Bisnis5M ini sperti MLM bukan ke arah ebook-nya. Sorry bukannya mau berdebat, kita ga bakalan tahu bahwa investasi kita menguntungkan Sblm kita mulai meng-investasikan sesuatu, dan bekerja keras buat investasi tersebut. kalo dalam bisnis, uang 180 rb itu cuma nilai investasi yg kecil jadi sense of loss-nya pun kecil. Coba loe lihat dari para bisnis-man yg investasiin uang-nya sampai ratusan juta, milyar dan akhir-nya rugi, is it make them lost, i think they don’t. Because that is part of lesson learn in business.

    EDISON: saya jiplak sedikit ya🙂 ‘Kalau saya lihat, si Penulis komentar ini, ataupun siapapun yg mendukungnya terlalu malas untuk membaca apa itu penipuan piramida uang’…..

    • James

      Justru kalo gw lihat disitulah sisi skeptis diri anda. makanya ga ngerti segi bisnis. Anggap aja itu bagian dari investasi kita.
      dalam case Bisnis5M yg di sebut penipuan kalo komisi yg seharusnya kt dapatkan dari setiap member level yg daftar dibawah kita tidak di berikan ke kita. kalo masih di kasih, dimana sisi penipuannya ?
      Ingat mas, kita nabung di bank aja hitungannya masih rugi (ga sesuai inflasi), tapi kenapa loe tetap tabungan duit loe di bank ? emang loe ga ngerasa kena tipu karena bunga-nya dibawah nilai inflasi ? itulah bentuk segi investasi.

      Sekarang gw tanya sama loe, Investasi apa aja sih yg udah loe lakukan, baru deh loe bisa bicara banyak. kalau cuma sekedar ngomong mah banyak orang yg bisa ngomong.

      Konobe: Wah.. jadi ‘aga panas’, padahal niatnya Edison cuma becanda, haha😀
      Ehm, ehm.. saya ga mau debat panjang, even saya yang nulis ini artikel (edited by edison, soalnya bahasa saya lebih ‘nusuk jantung’, hehe).
      Nah Mas.. sebelum kita berdiskusi lebih lanjut, bisa coba baca komen-komen edison / saya yang sebelumnya di artikel ini? Atau link2 yang disarankan? Disitu ada jawaban ‘kenapa bisnis5m disebut penipuan’ dalam sudut pandang saya / edison. Kalau udah, dan Mas masih bilang bukan, ya saya sih ga maksa Mas buat berubah haluan. You decide lah.. Udah besar, udah bisa nentuin mana yang salah dan benar. Lagipula, berbeda pendapat kan boleh. Dan menurut saya akan lebih ‘wise’ kalau Anda mau berdiskusi disini dengan mengatakan alasan yang lebih baik. Misal: ternyata alasan saya bilang penipuan itu ga benar, dan Mas bukan cuma sekedar mengulang alasan pendukung bisnis5m sebelumnya. Tararenkyu lho..🙂

      • James

        Mas, yg namanya penipuan pasti dirasakan langsung sama member-nya, sekarang what is the root cause of this, mungkin karena kita berpikir bahwa kita takut di tipu, setelah memasukkan uang kita dan kita cari member di bawah kita eh uang-nya ga di transfer ke kita. that’s the point….. nah sekali lg gw tanya, kalau kenyataan-nya hal itu nggak terjadi, apakah langsung kita generalisir penipuan ???
        Ingat sekali lagi core bisnis ini apa dulu ? kalau selama apa yg kita cari kita dapatkan, kenapa di sebut penipuan ? hal-hal lain yg anda sebutkan bukan sebagai core bisnis ini, ebook mah ga di pandang mas, kalau ebook banyak tuh gratisan, cari aja di google. dan saya rasa owner dari Bisnis5M masih punya hati nurani yg baik, sudah dua kali Web-nya down karena masalah capacity, tapi dia tetap berbaik hati utk meng-upgrade capacity-nya agar bisa di gunakan lagi (sampai ada dot net), kalau memang dia ga punya hati nurani, udah pasti ditinggalin karena dia pasti udah untung.
        Sorry ya mas, saya tuh bukan emosi tapi memang gaya ngomong saya seperti ini. bicara secara blak-blakan.

        Konobe: Hehe, gpp ko Mas, lebih enak ngomong blak-blakan.
        Wah, e-book bukan core? Asik dong. Kalo gt, saya boleh dong minta owner dan member bisnis5m ga usah pake embel2 e-book lagi? Katanya kan ga dipandang, berarti boleh saya simpulkan kalo itu ga ngaruh dong. Jadi, mending skalian di apus aja e-booknya, gimana?😉 Tolong sampaikan ya Mas.. ya, itung2 berbuat ‘kebaikan’ demi masa depan bisnis5m, at least ga kena kasus plagiat kan… Cuma, cuma nih ya mas… kalo e-book ga ada, makin keliatan d skema piramidanya😀

        Mm, mengutip perkataan awal Anda, IMHO lho ya… yang namanya penipuan, ga akan langsung dirasa ‘itu tipuan’ oleh korbannya.
        Ah, ko saya ngerasa Anda belum membaca apa yang saya/edison tulis di komen-komen sebelumnya ya? Ga langsung generalisir lho.. Ada alasan kuat ko… Btw Mas, kalo emang benar belum baca, again, please read my comment and other link that Edison/I suggest before ya..🙂
        Kalau setelah Anda baca, dan Anda masih bilang ini bukan tipuan.. ya monggo… ga ada yang ngelarang. Anggap aja kebetulan kita berbeda pendapat dalam hal ini. Bener ga?😉

      • heru

        jgn2 james salah satu pendiri bisnis ini juga-kahh?

        biasanya yang suka marah2 kan yg punya gawe, atau sedikitnya sekomplot-lah.

  51. heru

    oh iya jadi inget salah omongan temen:
    “kalo bener yg namanya Rp.180.000,- bisa jadi Rp.5.000.000.000,- dalam waktu singkat, ayoooo ramai-ramai kita datang ke SBY dan Tim Ekonominya, kita presentasikan prospek “bisnis ini” dan kita iming-imingi mereka bahwa:

    -jika mereka “investasi” Rp.180 jt, dlm waktu singkat akan jadi Rp.5 trilyun!!!
    – jika mereka “investasi Rp.180 milyar, dlm waktu singkat akan jadi Rp.5 Bilyun!!! wah gak kebayang angka nol-nya berapa tuh.

    Singkatnya, “Kpd Yth Bpk Presiden, jika kita “investasikan” uang negara di bisnis ini, DIJAMIN kurang dari 1 tahun, hutang luar negeri kita lunas semuanya!”

    Ahahahahahahahahahaaaaa

    pada gak waras.

    • James

      Ada juga loe yg ga waras, memang uang 180 rb cuma loe taruh gitu aja. ya loe berusaha donk utk cari member dibawah loe sebanyak-banyak-nya baru loe bisa dapat komisi yg lebih banyak.

      Loe pernah baca artikel ga kalo sebenarnya kalo seluruh uang di seluruh dunia di kumpulin jadi satu dan di bagi sama rata ke semua orang, setiap orang bisa jadi orang kaya ??? tapi kenyataan-nya nggak kan, loe jadi berhasil ato nggak ya tergantung loe bung, jangan berharap banyak kalo loe ga kerja keras.

      • san

        Wah.. we lom baca ada artikel itu. Kalo emang semua orang bisa kaya setelah dibagi uang itu, wah.. warteg, nasi padang, nasi jamblang bakal ilang dari peredaran. Bahkan mungkin petaninya pensiun!!!😀 Mo makan apa kita?? Duit setumpuk??? Weleh…. weleh… Mas….. insyaf mas!!!

    • Suherman

      saya setuju.. kalo memang bisnis ini bisa membuat keuntungan sebanyak itu, investasikan saja uang negara ini.. lama2 jadi terkumpul banyak dan bisa untuk membayar utang…
      berfikirlah secara sehat..

      member 5milyar ini sama aja kaya pasiennya ponari..

  52. James

    @Heru
    Saya salah satu member di Bisnis5M (bukan owner), dan saya juga sudah investasi uang saya kebanyak tempat mas, as long mendatangkan profit buat saya, saya rasa ga ada salah-nya kita coba. Saya disini ngomong kaya gini supaya cara berpikir kita tentang investasi jangan terlalu sempit. Kalau memang anda seorang investor, please be wise dalam bersikap dan berpikir. Jangan karena hal-hal kecil yg lain (supporting) kita mengenyampingkan Hal besar lainnya (core).

    Konobe:
    Ha.. I c.. kayanya ini salah satu penyebab kita berbeda pandangan🙂

    “as long mendatangkan profit buat saya, saya rasa ga ada salah-nya kita coba.”

    Jadi saya rasa diskusi kita ga perlu diperpanjang lagi ya Mas…😉

    • James

      Betul mas, kita memang berbeda pandangan. saya berpikir ke arah investasi dan anda berpikir dari cara berpikir yg skeptis-nya.

      • konobe

        Pardon, cuma mau klarifikasi, dikit ^^;;

        mm, skeptis…

        Skeptis adalah sikap suka meragukan segala sesuatu. – wiki

        kalo yang dimaksud adalah ‘skeptis’ diatas, wah, saya mengatakan tidak🙂 Saya ga ragu bilang bisnis5m bisnis tipu-menipu.. Dan ada dasarnya. (Yang akan sangat saya hargai kalau Mas memang membaca seluruhnya😉 )

        Kalau boleh dikoreksi, tepatnya ini karena saya juga memikirkan faktor akibat akhir dalam investasi saya, selain memikirkan mengenai pandangan yang ‘benar’ dalam kacamata umum bisnis. Well, tiap orang memang berbeda-beda ko Mas…

        eh, btw, permintaan saya soal penghapusan e-book itu udah disampein belum ya…? Saya serius lho.. (sad… 😦 )

        PS: foto saya akhirnya keliatan. Saya Miss ko, bukan Mas, hehe

    • putrie_kmps

      Bung James
      Nama bisnis ini sendiri sudaha menipu. Bisnis 5 Milyar. Apakah keuntungan yang Anda peroleh sudah mencapai 5 Milyar? Kira2 berapa hari atau tahun lagi keuntungan Anda akan mencapai 5 Milyar? Apakah Anda yakin bahwa keuntungan Anda akan mencapai 5 Milyar? Jika Anda tidak yakin, Anda berarti sudah menerima klo Anda sendiri sudah tertipu.
      Saya rasa Anda bertahan mengatakan bahwa bisnis ini bukan penipuan karena Anda tidak mau bisnis ini mati, karena Anda belum memperoleh keuntungan 5 Milyar. Anda takut downline Anda kesulitan mencari dowline baru jika terpengaruh oleh artikel ini. Bener ga mas James?🙂

  53. @James

    QUOTE: Ingat mas, kita nabung di bank aja hitungannya masih rugi (ga sesuai inflasi), tapi kenapa loe tetap tabungan duit loe di bank ? emang loe ga ngerasa kena tipu karena bunga-nya dibawah nilai inflasi ? itulah bentuk segi investasi.

    Setiap instrumen itu mempunyai fungsi dan peran masing-masing. Termasuk juga tabungan. Tidak ada yang ‘tertipu’ dengan menabung karena ‘bunganya dibawah nilai inflasi’.

    Jika anda menaruh uang cash di dompet/kantong/mobil (utk uang parkir), uang anda tersebut bahkan tidak memberikan bunga sama sekali.

    Tetapi saya yakin anda pasti ada menaruh uang sama sekali di dompet/kantong. Apakah ini berarti anda ‘tertipu’ karena memegang uang cash? Kalau anda merasa ‘tertipu’ memegang uang cash, berarti seharusnya uang anda 100% tidak ada yg berbentuk cash dan tabungan🙂

    Fungsi utama produk Savings spt tabungan dan deposito bukanlah untuk ‘memberikan hasil di atas inflasi’. Fungsi utama produk savings justru adalah ‘likuiditasnya’ (tidak berbeda dengan uang cash di dompet anda). Produk savings sedikit ‘kalah likuid’ (tidak bisa diakses setiap waktu spt uang di dompet anda), tetapi sebagai timbal baliknya anda mendapatkan bunga, walaupun ‘di bawah tingkat inflasi’

    Semoga penjelasan saya di atas bisa memperbaiki salahnya pengertian anda tentang fungsi ‘tabungan’.

    ……

    QUOTE:Mas, yg namanya penipuan pasti dirasakan langsung sama member-nya

    Kalau ini, logika James salah.

    Yang menentukan apakah sesuatu itu penipuan atau bukan penipuan adalah cara/sifat operasinya dan bukan karena ‘sudah gagal bayar’/belum.

    Kalau sudah sampai tahap gagal bayar, itu sudah terlambat dan terlanjur banyak korban.

    Sebagai contoh misalnya, kasus penipuan Bernard Madoff di Amerika. Korban Madoff bukanlah tertipu saat produk investasi bohongan itu ‘jebol’, melainkan tertipu saat mereka membeli produk investasi bohongan tersebut. Hanya saja mereka BARU SADAR tertipu ketika produk tersebut ‘jebol’.

    Jika 5 tahun lalu anda tanyakan kepada orang-orang yg berinvestasi pada Madoff, apakah anda merasa tertipu? Jawaban mereka adalah tidak. Tetapi bagaimana kalau anda tanyakan sekarang?

    …..

    QUOTE: “Sekarang gw tanya sama loe, Investasi apa aja sih yg udah loe lakukan, baru deh loe bisa bicara banyak. kalau cuma sekedar ngomong mah banyak orang yg bisa ngomong.”

    Saya investasi di apa saja, sebagian pembaca blog ini yg sering berdiskusi dgn saya lewat e-mail ataupun chat sudah tahu. Semua pembaca blog yg serius dengan investasi dan ingin mendengar sharing saya selama menjadi investor cukup perlu bertanya saja kepada saya🙂

    Tetapi dalam kasus ini, pertanyaan anda mengenai ‘saya invest di mana’, tidak akan saya jawab karena saya merasa kekanakan-kanakan sekali jika saya perlu menceritakan keuangan dan portofolio investasi saya hanya sekedar untuk ‘diakui’ oleh anda.

    (Selain kekanak-kanakan, juga tidak akan memberikan manfaat apa-apa. Jika saya katakan saya invest di A,B,C, bisa jadi anda akan meminta buktinya. Jika saya tunjukkan buktinya, anda mungkin akan mengatakan bahwa itu harta warisan🙂 )

    Kalau anda menganggap saya ‘bicara banyak’, skeptis, berpikiran sempit, tentu saja itu adalah hak anda. Saya tidak berkewajiban ataupun tertarik utk merubah anggapan anda.

    Ketika saya meminta Konobe utk menulis artikel ini, saya sudah menitipkan ‘pesan’ bahwa artikel ini sebaiknya ditujukan kepada orang-orang yang belum bergabung agar mereka membatalkan niatnya. Orang-orang yang sudah bergabung seperti anda, biasanya sulit utk diyakinkan, bagaimanapun jelas dan validnya penjelasan yang diberikan🙂

  54. toto_lutu

    Good point jeng Konobe!
    Shot through the head!

    Selama di kepala masih ada ‘yg penting untung’ dan ‘tidak ada salahnya’, ya bakalan mbulet terus nganti ndase mbledos..:-D

  55. toto_pwr

    Wah dah lama gak “main” kesini…
    Ada bahasan seru dan “menarik”
    Thanks to mis Konobe….

    @James
    Aku rasa U hasil “kloning” sri darwanto….hahahaha…
    Kemana tu orang…
    Dah jadi miliarder ???
    Atau masih nunggu warnet ….

  56. 4ndr1

    ah…program2 yang kaya gini…pertama2x jaya,ntar liat aja beberapa tahun lagi,paling2 yang punya program kabuuuuuuuuuuuuuuuuur…(dulu pengalaman ikutan program2 kaya gini,gara2 spam hehehehehe).

  57. Lissa

    Kpd smua orang,
    Hello all!
    Gw mo nanya nih ya,
    bisnis5milyar tuh halal gak sih?
    Trus knapa disebut penipuan?
    Bisa dijelasin secara rinci gak alasannya ap?

    Somebody,help me please

  58. Menurut saya, bisnis5milyar salah satu bentuk investasi. Rp 180.000 bisa berubah menjadi Rp 0,- bisa pula menjadi lebih. Melihat resikonya kecil, dan nilai Rp yang dikeluarkan kecil saya rasa OK juga. Tidak berisiko tinggi.Coba bandingkan dengan membeli saham, ORI, deposito,barang dagangan etc, berapa Rp yang harus dikeluarkan untuk modal?Tidak cukup Rp 180.000.
    Melihat tingkat 6 dan berikutnya, memang itu benar bahwa tak akan ada peserta sebanyak itu. Tapi jangan lupa ada peserta yang akan repeat untuk kedua kalinya atau ketiga kalinya dst. Ini bisa dianggap peserta lagi kan?Karena nama dia akan hilang sesudah tingkat kelima. Saya melihat bisnis5milyar adalah salah satu cara untuk mencari modal tambahan untuk para UKM. Mau cari modal dimana yang mudah dan murah begini? Mana ada orang berduit mau ikut ginian? Tidak dipandang mata. Memang webmasternya agak keterlaluan. Hadiah ebook dan internet murahnya baiknya jangan dipajang lagi. Ganti d dgn lainnya aja. Ada usul ganti dgn apa?

  59. kent

    dear miss kenobe
    sekedar nanya aja, saya orang awam soal bisnis2 beginian yach, klau model MLM yg ditawarkan secara langsung, semisal kayak produk obat-obatan and ada juga yg model minuman, and ada juga tu produk madu (lebah) ada lokal sama produk luar, apakah ini jg termasuk dari piramida Uang yang anda jelaskan, maap klau pertanyaan ini OOT,mohon pencerahannya thanks. klau ada sih minta share bisnis2 yg bener2 bisa di jalanin. makasih atas comment nya

    • Aku termasuk pemain MLM juga. Udah 3 tahun aku di Oriflame dan jual produk Make up&it works! (Dapat hasil tiap bulan yang lumayan banget!) Tapi aku paling anti Moneygame! Miss Konobe kayaknya udah jelasin dengan sangat jelas tuh perbedaan antara moneygame(piramida uang) dan MLM: (jawaban yang diberi Miss Konobe @Maniz106)
      (1) not having a ‘headhunting’ fee; (2) making product sales a precondition to receiving the performance bonus; (3) buying back excessive inventory (4) requiring that products be sold to consumers (5) Is not in business to sell distributorships.
      Yang paling jelas/praktis buat aku daripada penjelasannya ngejelimet adalah kita bisa liat dari produknya “Apakah produknya memang bapak mau beli/ ga dengan harga yang ditawarkan kalo bapak bukan berkeinginan mau jadi membernya. Semisal aku di Oriflame, banyak temen-temenku yang semangat mau membeli make up Oriflame yang tergolong terjangkau untuk ukuran make up Import bahkan ketika mereka belum berkeinginan menjadi membernya.

  60. Wah…telat neh….dah kelewatan hangat-hangatnya perdebatan….tapi gak apa – apa ngisi aja.

    1. pendapat pemilik blog ini bener
    2. pendapat anggota 5 milliar juga bener

    Jadi, apa yang akan kita lakukan ?
    1. ikut pemilik blog ini.
    jika memang ada 5 milliar, maka anda telah melewatkan kesempatan emas. Sebaliknya, jika tidak ada 5 milliar, anda kehilangan 180rb

    2. ikut anggota 5 milliar.
    berarti anda siap untuk kehilangan 180rb anda!

    Kalo saya….(belum kepepet), nggak ikut bisnis 5 milliar. Ntar kalo dah kepepet aja baru ikutan !

    • adit

      Bukannya mau membela Bro Edison pemilik blog ini….
      Saya rasa portofolio investasi nilai Rp. 5 Milyar biasa bagi Bro Edison…..sok teu mode On… 🙂
      Jadi alasan pendukung bisnis5milyar.com bahwa pemilik blog ini sirik sehingga buat artikel yang mengupas bisnis5milyar.com, terasa sangat kekanak-kanakan…..

  61. Buahahahah

    Buat yang berargumentasi mendukung Bisnis5Rupiah.com, saya yakin pasti anda baru kali ini kenal namanya money game lewat internet.
    Anda2 ini terlalu polos. Tubuh sudah dewasa, tapi pikiran masih kaya anak TK, mudah dibujuk.

    Open your mind. Kalau anda udah benar2 dewasa, jangan bersikap defensif terhadap suatu opini sebelum anda benar2 mengerti dan mengetahui bad side-nya Bisnis5Rupiah.com !

    Gini ini Indonesia. Tapi walau lumayan banyak yang bodoh, saya tetap bangga jadi bangsa Indonesia😀

  62. agus adang

    stop..stop…sadar..sadar…
    klo mo investasi ..yang jelas aja,..yang ada pengawasan MUI nya..seperti Allianz syariah..
    saya kira konobe setuju..

  63. konobe

    @kent
    Yup, kira-kira seperti yang dibilang felicia, perbedaan bisa dilihat dari sana.

    @agus adang
    yup, kalau mau halal, carilah sertifikasi dari MUI. Jangan langsung percaya kata ‘halal’ atau ‘sedang diproses MUI’. Tapi cari benar-benar bukti fisik sertifikat dari MUI-nya. Lebih bagus lagi kalau dari MUI Nasional.
    Kalau mau ‘aman’ dari hukum, carilah yang memiliki status legal, karena setidaknya sudah lolos saringan hukum dan syarat untuk pendirian bisnis.
    Tapiiii…. kalau mau ‘nyaman’ dari segi investasi keseluruhan, lakukanlah proses investasi ala Graham, hehehe😀 (ada di kategori Investasi vs Spekulasi)

  64. Bejo

    Assalamualaikum…
    Permisi…, Nyong dari tegal, dateng ke jakarta…
    tiba di jakarta, ditawari bisnis ginian..
    sekarang uang Nyong dateng sendiri, sejuta sebulan,
    total hampir 28 juta…
    Nyong mau tanya.. kalo nyong mati nanti, Nyong masuk neraka nggak ya……..?
    kalo masuk neraka, ini uang mau Nyong pulangin aja, tapi kemana…..??

  65. adit

    ya pulangin ke masing-masing orang yang Anda “tipu” dengan bisnis ginian…tapi saya rasa Anda tidak sungguh-sungguh dengan statement
    “kalo masuk neraka, ini uang mau Nyong pulangin aja, tapi kemana…..??”

    hukum karma pasti berlaku…apapun agama Anda.

    • Walaupun awalnya anda tdk sadar bhw anda sbenernya telah melakukan penipuan dan sekarang anda telah sadar ya paling baik adl mengembalikannya pd yg telah masuk sbg member anda di program ini.namun jk anda tdk tau yg mana saja org2nya dan mungkin jg uangnya sdh habis anda pakai.menurut saya yg terbaik adl jangan mengulangi lg dan memberitau pd org lain bhw jangan pernah ikutan program beginian.Masalah utamanya bukan uang brp yg anda keluarkan utk program semacam ini(yg mungkin uang utk mengikuti program spt ini bukanlah uang yg besar bagi anda)dan bukan seberapa besar potensi penghasilannya tapi bagaimana
      CARA uang itu masuk lagi ke kantong anda(yaitu dg CARA org lain harus menyetor uangnya utk MEMBAYAR SESUATU yg sbenernya TIDAK ADA HARGA/NILAINYA) nah disinilah letak PENIPUANNYA! Contoh jelasnya:Jika saya membujuk anda membayar sesuatu yg sbenernya tdk berharga/bernilai dan anda terbujuk utk itu berarti anda sdh tertipu&ketika anda membujuk B utk membeli hal yg tdk ada hrg-nya tsb berarti anda sdh menipu

      • Oh ya tambahan.kadang program spt ini menambahkan iming2 produk yg ‘mungkin’ ada nilai/harganya tp apakah benar nilai/harganya senilai yg kita bayarkan.kalau tdk sepadan dg apa yg kita bayarkan maka UKURANnya adl spt yg pernah aku bilang sblm-nya “apakah anda akan membeli ‘produk’nya dg hrg yg ditawarkn jk bahkan anda tdk mau menjadi membernya?” oh ya satu lg yg mungkin blm byk org mengerti yg membedakan MLM VS Moneygame.MLM:member yg ada tdk mendapat uang dg cara mengajak org mjd member,tp CARA mendpt komisi dr tjd-nya OMSET PENJUALAN PRODUK secara Pribadi&GRUP. Moneygame: membernya mendpt uang dg CARA cukup MENGAJAK org lain utk bergabung&membyr keanggotaan(mungkin member baru tsb tdk mendpt apa2/dpt produk yg nilainya tdk sebesar nilai uang yg dikeluarkannya.Karena TEBAK kemana uang member baru tsb mengalir yaitu ke kantong penyelenggara moneygame lalu ke kantong anda.shg jelaslah org baru tsb tdk mendpt apa2/mendpt produk yg tdk sepadan dg nilai uang yg dikeluarkannya.ia telah tertipu!

  66. lol lol lol lol

    Kenapa nggak sekalian bisnis 5 trilyun azah!!!!!!!
    Yang udah ikut biasanya susah untuk mundur

    Sudahlah mbak Konobe, seperti kata para Nabi, kewajiban hanya menyampaikan….

  67. penonton

    wuah, seneng saya kalo baca-baca topik seperti ini.
    commentnya rame dan panjang, jadi bacanya bisa lama.
    mungkin untuk saran ke pengelola situs ini (edison) mungkin masalah2 scam yang menarik ini bisa direview setiap 6 bulan, supaya kita tau itu ‘bisnis’ (IMF dll) masih idup atau engga, lalu kalo mati, kapan matinya dan gimana ceritanya……

    …..

    Edison: Sejujurnya saya pribadi malah tidak terlalu suka menulis topik-topik spt ini, karena biasanya blog ini jadi ‘rusuh’… Biasanya artikel spt ini baru diangkat kalau ada program-program yang mulai ‘mengganas’ spt Intermetro fund dan Bisnis5milyar. Kalau intermetro-fund, setahu saya sudah mati suri…..

  68. mbok ya pada belajar ama yang sudah-sudah,bisnis kaya gitu apa bedanya ama arisan berantai jaman doeloe,cuma dimodifikasi dikit aja kok ama medianya pake internet biar keliatan canggih,bagi yang kepincut coba anda andaikan anda adl orang yg terakhir menjadi member bisnis gituan boro2 dpt uang balik modal jg gak bakalan.

  69. rio kris

    web nya dah aktif lagi tuh boss..

  70. Midie

    Mmhhh..jadi panjang ya…

  71. akhirnya email itu sampai juga ke inbox pribadi saya. waduuhh .. email kantor kok yaa akhirnya jebol juga sama tawaran beginian … dan weladalah yg ngirim tetangga sendiri … ndak berani macem2 sayah, sereemmm

  72. panda

    pagi-pagi ada email masuk nawarin bisnis beginian…
    penasaran juga, saya baca berulang kali penjelasan bla..bla..bla…
    iseng2 saya googling, ketemu blog ini, ulasan mbak konobe n mas edison…thx god..
    good job bro…

  73. Stoner_Lover

    Hm…. sepupu saya sedang getol2nya merayu saya untuk ikut bisnis 5 milyar ini. Kebetulan saya dulu pernah ikutan MLM murni (ada barang) dan money game yang nyaru kaya MLM. Sedikit terus terang saya hampir tergoda untuk invest 108,000. Alasan saya simpel, kalo untung dapat duit banyak, tapi kalo ga untung ya ilang 108,000. Nothing to loose.

    Tapi kemudian saya pikir ulang lagi, oke, saya untung dapat duit dari member2 saya, terus tiba2 terjadi force majeur? seperti ada gempa, web ga aktif, atau apalah (kiamat mungkin..? hehehe), bagaimana nasib member2 saya yang belum dapet member? 108,000 mereka bagaimana? Apa pendapat mereka tentang saya, tukang tipu, tukang bohong? Karena mereka ga dapat 1 sen pun dari uang mereka (apa lagi 5 milyar) seperti yang saya janjikan??

    Karena saya tidak mau dibilang tukang tipu atau tukang bohong, akhirnya saya putuskan, saya ga mau merugikan member saya dan saya juga ga mau kehilangan 180,000. Karena 180,000 itu bisa beli 6 kotak susu Dancow batita 500 gram. heheheh….

    Orang2 yang sudah jadi member selalu marah bila dibilang penipu. Tapi bagaimana tidak dibilang penipu, wong waktu mereka jualan, mereka tidak menerangkan bagaimana bila bisnis itu stop secara tiba2 karena hal2 yang tidak diduga? Dari mana member baru dapat uang? Yang mereka jual selalu “pengguna internet akan selalu tumbuh”… dll.. dll….. tipu-tipu dengan bukti scan buku tabungan yang benar kalo kita kritis bakal kita temukan keanehan2 yang cukup lucu.

    Saya tantang para pendukung bisnis 5 milyar untuk menemukan jawaban “bagaimana bila tiba2 ada force majeur yang menyebabkan bisnis ini terhenti”. Saya mengharapkan jawaban yang lebih dari sekedar ” yaa…. paling loe rugi 108,000″ – come on man, bisnis senilai 5 milyar masa cuma bisa jawab begitu.

    Segitu dulu ah…..

  74. kana

    wah..wah..wah…. seru juga euy ….

    skema piramida itu apa seeh?? yang kek gimana??
    trus yang bukan skema piramida tuh yang kek gimana??

    jangan-2 pro-kontra selama ini karena persaingan bisnis jadi saling menjatuhkan he he he ….

    yuuk cuba netral aja …… (rada berat karena kudu peras otak kalo mau netral ….)

    ada cerita fiksi…
    di pertandingan bola ada seorang penonton yang ‘aneh’ sebut saja si Aneh …. begitu grup A melayangkan gol ke gawang grup B … si Aneh treak kegirangan …. begitu grup B melayangkan gol ke gawang grup A, si aneh juga treak kegirangan …

    Aneh kan?? ketika di tanya … lo memihak mana seh .. .??? si Aneh bilang ,,… gue sangat menikmati pertandingan tadi …

    kembali soal bisnis 5milyar …. yuuukk mari kita pikirkan apa saja baiknya peluang bisnis ini …. (catatan: saya belum jadi member 5milyar yaa….)

    biar terarah … saya cuba pandu item-itemnya yaa…

    1. sistem, simple ato susah dipelajari/dipahami?
    2. aliran dana dari calon peserta ke para sponsor & webmaster, transparan ato tidak transparan?
    3. hak mendapat bonus, apakah syaratnya susah (misal: tutup point, balancing, dll) atau COD (ada yang join, langsung dapat)?
    4. porsi dana untuk webmaster Rp.50ribu (+/- 30%), dan para sponsor (up-line – 5 level di atas) Rp. 130ribu (+/-70%), wajar ato tidak wajar?
    5. jika ingin bergabung dan SUDAH bergabung, apakah ada kewajiban harus setor berulang-ulang ato cukup sekali saja?

    saya kira cukup itu saja …monggo kalo ada yang mau mulai …..

    • Kana, maaf komentarnya yg lain-lain terpaksa saya unapprove karena sudah terlalu mengganggu, dan isinya relatif sama..

      Apa yang anda kemukakan itu tidak ada bedanya dengan apa yg dikemukakan oleh para member bisnis5milyar, dan itu sudah pernah ditanggapi oleh konobe ataupun saya sebelumnya…

      Kalau memang nantinya kana mempunyai opini yang lebih ‘bermutu’, barulah komennya akan saya tampilkan.

      …..

      Oh ya kana, ada sesuatu yang agak ‘menarik’….

      Ketika saya lihat statistik blog hari ini, ternyata sebagian dari pembaca artikel bisnis5milyar ini datang dari forum Kaskus, yaitu dari thread promosi bisnis5milyar. Thread itu sendiri baru dibuat oleh user BigFatLiar jam 11:12.

      Jam 11:27, ada yang menanggapi bahwa itu adalah scam dan memberikan link ke artikel ini….

      Lalu jam 12 siang (sekitar 30 menit kemudian), muncullah ‘kana’ di blog ini yang mengklaim ‘bukan’ member bisnis5milyar, tetapi kalau dilihat dari komentarnya, ‘klaim’ tersebut sangat meragukan🙂

      Saya jadi terpikir… berapa ya kemungkinannya kana itu = bigfatliar yang membuat thread promosi bisnis5milyar di kaskus itu?🙂

      • Pak Edison beneran tuh nama user-nya ‘bigfatliar’? Kalo beneran kayaknya dia sendiri udh tau sbenernya dirinya siapa ya yaitu big fat liar alias pembohong besar. Heran ya pak,org2 kok ga sadar2 ya.

      • kana

        edison,

        “Saya jadi terpikir… berapa ya kemungkinannya kana itu = bigfatliar yang membuat thread promosi bisnis5milyar di kaskus itu?”

        kemungkinannya nil to zero …. setiap saya komen saya selalu pake real name dan real e-mail address ..kana_konaki@yahoo.com

        prihatin neh sekaliber anda maen ‘tuding’ gitu …

        …..

        Edison: Makasih ya kalau saya dianggap punya ‘kaliber’🙂 Saya pikir, dengan urutan kejadian yang seperti saya sebutkan di atas, ‘pertanyaan’ saya tersebut cukup logis dan tidak aneh.

      • kana

        soal opini ‘bermutu’ terserah pemilik blog saja ..silahkan ….

        emang banyak juga ya opini ‘bermutu’ di blog ini he he he ..

        …..

        Edison: Yah, memang harus diakui kalau di artikel kategori ini, komentarnya banyak yg tidak ‘bermutu’, sama juga kasusnya dengan artikel Inter-metro Fund, artikel RahasiaBlogging, dll.

        Penyebabnya adalah karena banyak member-member program-program tersebut yang memberikan komentar. Rata-rata ya komentarnya tidak jauh berbeda dengan komentar-komentar kana 🙂

  75. Funan

    ijin bookmark

  76. adit

    Sayang sekali kalo Tuhan memberi otak untuk berpikir dan hati untuk mengerti, namun otak dan hati Anda tidak digunakan, hanya karena Anda dibutakan dengan keuntungan uang.

    Charles Ponzi, Bernard Madoff dan Allen Stanford. Para pembesar piramida uang..mungkin Anda bisa “bergabung” dengan mereka. Saya Hanya bisa katakan dimana mereka berakhir Bung? Di Penjara dgn caci maki masyarakat.

  77. Pak peluang bisnis dibawah180rb jg byk,asal mau berusaha.buat kue dan jual dari rumah ke rumah bisa,kayaknya temen2 jg bisa saranin yg lbh bagus lg juga.aku jg pny bisnis MLM masuk APLI – klik aja di namaku kalo mau tau- (tuh bpk tau APLI) Setdk-nya perusahaan yg masuk APLI lbh terjamin integritasnya. Tp masalahnya kalo aku liat tmn2 yg bisnis model bisnis 5 Milyar begini,cuma pengen dpt duit tanpa usaha.

  78. konobe

    Dear All,

    Melihat arah komentar yang semakin tidak jelas dan tampaknya sudah cukup mengganggu, dengan berat hati saya terpaksa menutup komentar artikel ini.

    Terakhir, penjelasan mengenai skema piramida uang maupun scam lainnya saya rasa sudah cukup jelas ditulis di Wiki maupun blog ini. Anda bisa bertanya juga pada ‘mbah’ Google mengenai artikel-artikel lain seputar scam.

    Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk seluruh pembacanya. Don’t hesitate to contact me or Edison or Alina, personally by email if you have any question.

    Thanks a lot, Say NO to SCAM..! Ketemu lagi dalam artikel lainnya😉