Polling: Fitur Harga ORI dan Komentar Berantai

Kali ini, saya butuh masukan dari teman-teman pembaca untuk membantu saya menentukan nasib 2 fitur yang telah diuji coba di blog ini. Saya akan menuliskan apa yang menjadi nilai plus dan minus yang saya pribadi amati selama masa uji coba kedua fitur tersebut. Terima kasih sekali sebelumnya untuk kesediaannya mengisi polling (jajak-pendapat) ini.

—–oOo—–

Fitur pertama, yaitu Informasi Harga ORI sudah berjalan hampir 90 hari. Tujuan awal saya menyediakan informasi harga ini adalah sebagai patokan harga ORI bagi teman-teman pembaca yang kebetulan berencana membeli ORI di pasar sekunder.

Nilai Plus: di berbagai situs lain, biasanya harga ORI didapatkan dari data di BEI, dan terkadang tidak mencerminkan harga di pasar. Sebaliknya harga ORI di blog ini saya dapatkan secara manual dari salah satu agen penjual yang saya kenal baik sehingga mungkin lebih relevan bagi investor individu yang tertarik untuk membeli ORI.

Nilai Minus: Terkadang ketika saya ataupun teman saya (agen penjual tersebut) berhalangan, data tersebut agak lama sebelum diperbaharui. Akibatnya informasi harga tersebut terkadang agak ‘kadaluarsa‘. Nilai minus lainnya, (terutama bagi saya), seperti yang saya tulis di atas, data harga ORI ini saya dapatkan secara ‘manual’. Tentunya oleh sebab itu, untuk mengolah dan menampilkan data tersebut juga terpaksa saya lakukan secara manual (dan membutuhkan waktu)

NOTE: Jangan lupa mengklik ‘VOTE’ untuk memasukkan pilihan anda.

—–oOo—–

Fitur kedua yang telah diuji coba di blog ini adalah fitur Komentar Berantai/Comment Threading dimana uji-coba ini sudah berjalan seminggu. Tujuan awal saya memakai fitur ini adalah agar alur diskusi dalam bagian Komentar bisa lebih lancar.

Nilai Plus: Sewaktu memberikan respon kepada komentar seseorang, tidak perlu lagi menambahkan “@siapa” di komentar kita, karena komentar kita akan bisa ditampilkan persis di bawah komentar orang tersebut. Arah percakapan menjadi lebih jelas

Nilai Minus: Komentar tidak lagi disusun berdasarkan waktu. Terkadang agak repot untuk membaca komentar terbaru, karena komentar terbaru tersebut bisa ‘nongol‘ di bagian tengah. Apalagi jika di blog ini sedang ramai komentarnya, maka kita bisa ‘kelewatan‘ komentar seseorang akibat susunan komentar yang tidak urut berdasarkan waktu. Masalah ini bisa sedikit terbantu jika kita menyalakan pilihan ‘Notify Me of follow up comments via e-mail‘ sehingga setiap komentar terbaru di artikel tersebut akan dikirim ke e-mail kita

NOTE: Jangan lupa mengklik ‘VOTE’ utk memasukkan pilihan anda

…..

Atas kesediaannya mengisi polling ini, sekali lagi saya ucapkan terima-kasih.

11 Comments

Filed under Celoteh

11 responses to “Polling: Fitur Harga ORI dan Komentar Berantai

  1. menurut saya, kedua fitur di atas layak untuk dipertahankan, karena cukup bermanfaat. Tapi kalaupun mau diganti, mungkin penggantinya adalah informasi harga emas dan kurs dollar.

    • San

      Tambahin harga emas n nilai kurs? hm… kebanyakan ntar jadi ga produktif nulis dunk! Artikel emas juga kayaknya lom terbit (info gratis pengen minta lebih ya… he he he…). harga ORI disini kan dari sebuah agen penjual, masalahnya kalo kita belinya ga diagen ini, tentunya harganya ga sama juga. tapi salut banget ma bung edison… GBU! Btw, ngitung YTM masih ga bisa2 euy!😀

  2. LogOut

    Klo menurut saya seh, ide dan tujuan nya dah mengena nih, cuman agak sedikit di finishing bung. Tabel nya kurang keliatan, sekilas seperti tulisan biasa aja. Sama klo bisa di beri informasi kurs laen yang up to date.
    Good Working bos. Thanks

  3. Trus terang saya tdk pny ORI&dlm waktu dkt blm berniat beli ORI.jd saya kurang tertarik melihatnya.tp saya pikir fitur ini bagus juga.saya kan baru beli sukuk.nah kalau udh ada di pasar sekunder,kyknya bagus jg tuh ditambahin di fiturnya.jd tau hrg patokan terkini. Aku baru tau fitur ORI itu didapat scara manual.salut bgt utk bro Edison sampe ngebelain segitunya utk para pembaca JS!

  4. Jimmy

    sorry kalo o’on, tapi bisa dibantu dimana ngeklik “vote”-nya ?

  5. toto_lutu

    Fitur harga ORI menurut saya tidak perlu dihilangkan malah kalau bisa ditambah dgn Sukuk. Saya memang belum memiliki obligasi langsung tapi lewat RDPT. Lagipula adanya fitur itu biar sinkron dgn anjuran Mr. Ben agar ada porsi obligasi di portofolio investasi kita.

    Fitur komentar berantai menurut saya agak kurang ‘asyik’ karena kita akan harus sering main scroll..dan tidak asyik lagi bila musti cek email untuk tahu ada yg merespon komentar kita.
    Mungkin akan lebih memudahkan bila diberi penomoran komentar dan fitur pengutipan yg mudah. Apalagi jika kutipan itu dapat di-link ke komentar asli/utuhnya.

    Eh, Jim.. saya pakai Opera keluar kok vote-nya.. Opera-nya yg versi mini🙂

  6. ochid

    Saya mohon informasi tentang harga ORI dipertahankan terus,karena banyak yang membutuhkan informasi ini setiap hari dan mohon informasi nya yang up to date

  7. ochid

    Saya mohon penjelasan dari Bung Edison mengenai informasi harga jual ori,yg dimaksud harga jual dan harga beli serta,apa yang dimaksud dengan yield
    Terima kasih atas penjelasannya

    • Dalam informasi harga ORI di blog ini:
      Harga Jual (J), adalah harga yg akan anda dpt jika anda menjual ORI anda..

      Harga Beli (B), adalah harga yg dikenakan jika anda ingin membeli ORI tersebut…

      Yield (Y), adalah besarnya hasil yang akan anda dapatkan setiap tahunnya, jika anda membeli ORI tersebut dgn Harga Beli (B) saat ini, dan memegangnya sampai ORI tersebut jatuh tempo

      • NewCo

        bro klo kita beli di posisi 94,50 terus waktu jatuh tempo nilainya jadi 100 atau tetap 94,50??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s