Apa Yang Salah Dengan Artikel Seri “Laporan Keuangan”?

Berkat polling yang diadakan dalam ‘kontes’ iseng kemarin, saya mendapatkan masukan yang sangat berarti bagi saya, terutama dalam penulisan dan penyajian artikel di blog ini. Salah satu masukan yang paling mengena bagi saya adalah mengenai artikel Seri “Mengenal Laporan Keuangan”, dimana tidak sedikit di antar teman-teman yang merasa kesulitan untuk memahami artikel seri tersebut. Mendapat masukan tersebut, saya pun meluangkan waktu saya untuk melihat kembali artikel seri tersebut dan mencoba menemukan apa yang ‘kurang’ dalam penyampaian saya, ataupun bisa lebih saya perbaiki. Setelah beberapa lama, barulah saya menyadari kekurangan terbesar dari artikel seri itu.

Ternyata selama ini saya lupa mempertimbangkan bahwa tidak sedikit pembaca blog ini yang bahkan tidak pernah melihat Laporan Keuangan itu seperti apa…

Ibaratnya mungkin seperti ini… Jika misalkan seseorang belum pernah melihat binatang Tapir (maupun gambarnya) seumur hidupnya, maka cara termudah untuk menjelaskan Tapir itu seperti apa, tentunya adalah dengan memperlihatkan gambar Tapir tersebut. Jika seandainya saya hanya mengatakan bahwa :

  • Hidungnya agak mirip belalai gajah
  • Badannya mirip babi
  • Warnanya belang hitam putih

Maka bisa jadi orang tersebut malah  membayangkan binatang jadi-jadian kombinasi antara Gajah dan Babi dengan warna belang-belang seperti Zebra (ada yg bisa menggambarkan ilustrasi binatang jadi-jadian ini?🙂 ). Yang pasti, kemungkinan besar Tapir dalam bayangan orang tersebut akan sangat berbeda dengan Tapir sesungguhnya..

—–oOo—–

Oleh sebab itu, saya pikir ada baiknya saya memberikan sebuah ‘gambar’ tentang Laporan Keuangan sebagai ‘tambahan’/supplemen artikel seri Laporan Keuangan. Saat ini, yang baru saya buat barulah ‘gambar’ Balance Sheet (Neraca) yang sudah sangat saya sederhanakan (tidak rumit). File ini saya buat dalam bentuk file EXCEL dan bisa didownload melalui Widget Box.net di samping kanan blog ini.

Harapan saya adalah dengan mencetak file yang saya buat tersebut, sambil melihat kembali artikel seri laporan keuangan, anda lebih bisa memahami penjelasan saya tentang laporan keuangan.

PS: Contoh Laporan Rugi/Laba dan Cash Flow belum sempat saya buat dan akan menyusul di kemudian hari.

4 Comments

Filed under Pemikiran tentang Investasi

4 responses to “Apa Yang Salah Dengan Artikel Seri “Laporan Keuangan”?

  1. contoh plus gambar memang lebih maknyuss.

  2. Agung Sedayu

    Setuju banget bang Edison,

    Gambar itu berjuta makna …

  3. Pingback: kaskus hyipCamfrog | Camfrog

Leave a Reply

