Berkenalan dengan Options (4)

(sambungan dari part 3)

Dalam artikel part 4 ini, kita akan melihat lebih jauh beberapa hal tentang option. Tetapi sebelum saya melanjutkan pembahasan mengenai options, mari kita lihat dulu jawaban atas pertanyaan yang saya berikan di akhir part 3 artikel seri ini. Bagi teman-teman yang telah menjawab pertanyaan tersebut, cobalah utk memeriksa jawaban anda:

  • Jika seseorang berspekulasi bahwa harga saham suatu perusahaan akan naik (bullish), Options apakah yang akan ia beli? PUT? atau CALL? Karena dalam pertanyaan ini, yang ditanyakan adalah ‘membeli option’, maka jawabannya adalah CALL.
  • Dan sebaliknya, jika seseorang berspekulasi bahwa harga saham suatu perusahaan akan turun (bearish), Options apakah yang akan ia beli? PUT? atau CALL? Karena yg ditanyakan adalah ‘membeli option’, maka jawabannya adalah PUT
  • Apakah mungkin seseorang yang Bullish ‘bermain‘ PUT option? BISA, dengan cara MENJUAL PUT. Jika kita lihat pertanyaan no. 2, dimana pembeli PUT mempunyai pandangan yg ‘bearish’, maka tentunya lawannya (PENJUAL option PUT)  mempunyai pandangan ‘bullish’.
  • Apakah mungkin seseorang yang Bearish ‘bermain‘ CALL option? BISA, dengan cara MENJUAL CALL. Jika kita lihat pertanyaan no. 1, dimana pembeli CALL mempunyai pandangan yg ‘bullish’, maka tentunya lawannya (PENJUAL option CALL) mempunyai pandangan ‘bearish’.

Bagaimana? Apakah jawaban anda tepat semuanya? Selamat jika anda telah menjawab seluruh pertanyaan saya dengan benar. Kini saya akan mengajak teman-teman untuk melihat lebih detail salah satu ‘aspek’ Option, yaitu Harga Option.

—–oOo—–

Harga Option, selalu terdiri dari 2 komponen, yaitu Intrinsic Value (Nilai Intrinsik) dan Time Value (Nilai Waktu), dan jika kita tulis dalam bentuk persamaan matematika, maka :

Harga Option = Nilai Intrinsik + Nilai Waktu

Banyak definisi yang kerap digunakan untuk menjelaskan  apa itu Nilai Intrinsik dalam option. Tetapi saya akan mencoba memakai  ‘definisi’ yg bisa dipakai baik utk option Call maupun Put. Mari kita lihat sebuah ilustrasi option Call terlebih dahulu:

Harga saham perusahaan Coca-Cola (kode: KO) saat artikel ini ditulis (8 Maret 2009) adalah $39,46. Salah satu option untuk saham KO yg ada di pasar adalah option KO Aug 2009 35 Call (Masih ingat cara penulisan nama Option seperti ini? Jika sudah lupa, baca kembali part 2).  Option lainnya yang juga ditawarkan di pasar adalah option  KO Aug 2009 42,5 Call. Berapa nilai intrinsik masing-masing option tersebut?

Tentunya para pembaca masih ingat bahwa option Call memberikan kita hak untuk membeli saham di harga strike Price tanpa perduli  berapa pun harga saham tersebut di pasar. Option Call yg pertama dalam contoh di atas (KO Aug 2009 35 Call), memberikan kita hak untuk membeli saham KO dengan harga strike price $35. Tanpa memiliki option tersebut, jika kita ingin membeli saham Coca-cola (KO), saat ini seharusnya kita membayar harga $39,46 alias lebih mahal $4,46.

Jika kita lihat situasi di atas, pada saat ini option tersebut sudah mempunyai ‘manfaat’ sebesar $4,46. Nilai manfaat $4,46 inilah yang merupakan Nilai Intrinsik dari option tersebut pada saat ini.

Bagaimana dengan option Call yang kedua dalam contoh (KO Aug 2009 42,5 Call)?

Option tersebut memberikan hak kepada kita untuk membeli saham KO dengan harga $42,5. Padahal saat ini, harga saham KO di pasar hanya $39,46. Kita bisa mengatakan bahwa saat ini option tersebut belum mempunyai ‘manfaat’ apa-apa, karena kita malahan bisa membeli saham tersebut dengan lebih murah tanpa menggunakan perlu menggunakan option. Nilai ‘manfaat’ option KO Aug 2009 42,5 Call, pada saat ini adalah $0 (NOL). Ini artinya Nilai Intrinsik Option KO Aug 2009 42,5 Call , pada saat ini, adalah $0 (NOL).

Sampai di sini, mungkin ada beberapa pembaca yang mulai bertanya-tanya: Mengapa Edison terus menerus menggaris bawahi kata ‘saat ini’? Jawabannya sederhana, karena option tersebut pada saat ini (alias pada saat artikel ini saya tulis) belum kadaluarsa . Bagaimana jika misalkan minggu depan,  harga saham KO naik menjadi $ 43?

Jika ini terjadi, maka Option KO Aug 2009 35 Call akan mempunyai ‘manfaat’ sebesar $8, dan nilai Intrinsiknya pun menjadi $8. Bagaimana dengan Option KO Aug 2009 42,5 Call? Option tersebut kini akan mempunyai ‘manfaat’ sebesar $0,5, dan nilai Intrinsiknya yang tadinya 0 (NOL) kini berubah menjadi $0,5.

—–oOo—–

Lalu bagaimana dengan Nilai Waktu (Time Value)? Mari kita kembangkan contoh kasus di atas.

Harga Saham KO saat ini (8 Maret 2009)  adalah $39,46. Option KO Aug 2009 35 Call, saat ini dijual dengan harga $6, sedangkan option KO Aug 2009 42,5 Call pada saat ini dijual dengan harga $2,1. Berapakah Nilai Waktu untuk masing-masing option tersebut?

Mari kita lihat kembali persamaan matematika yang saya berikan di atas;

Harga = Nilai Intrinsic + Nilai Waktu; maka

Nilai Waktu= Harga – Nilai Intrinsic

Karena harga saham KO saat ini sebesar $39,46, maka kita tahu bahwa Nilai Intrinsik option KO Aug 2009 35 Call adalah sebesar $4,46. Mengingat harga option tersebut saat ini adalah $6,  memakai ‘rumus’ di atas, kita bisa tahu bahwa Nilai Waktu option KO Aug 2009 35 Call tersebut adalah $1,54 (didapat dari $6-$4,46).

Bagaimana dengan option KO Aug 2009 42,5 Call? Karena harga saham KO saat ini hanya $39,46 maka kita tahu bahwa nilai intrinsik option KO Aug 2009 42,5 Call adalah $0 (NOL). Mengingat harga option tersebut saat ini adalah sebesar $2,1 maka Nilai Waktu option tersebut adalah sebesar $2,1 (didapat dari $2,1-$0).

Jika Nilai Intrinsik dari option menggambarkan ‘manfaat’ option tersebut ‘saat ini’, apa yang ‘digambarkan’ oleh Nilai Waktu (Time Value)? Seperti kita lihat, kedua option tersebut masih belum kadaluarsa (baru akan kadaluarsa 5 bulan lagi), sehingga masih ada ‘waktu’ dan ‘harapan’ bahwa Nilai Intrinsik dari kedua option tersebut masih bisa naik (krn waktu kadaluarsanya masih relatif panjang). Semakin dekat dengan waktu kadaluarsanya (dalam contoh ini adalah Agustus 2009), Nilai Waktu kedua option tersebut akan semakin menurun. Nilai Waktu dari option akhirnya akan menjadi 0 (NOL) di saat option tersebut kadaluarsa, karena saat itu option tersebut telah tidak mempunyai ‘waktu’ dan ‘harapan’ lagi.

—–oOo—–

Kini, dengan menggunakan cara yang saya berikan di atas, cobalah untuk menjawab pertanyaan di bawah ini:

Harga saham Coca-Cola (KO) saat ini adalah $39,46. Harga option KO Aug 2009 35 PUT saat ini adalah $2,4 dan  harga Option KO Aug 2009 42,5 PUT saat ini adalah $6,2. Berapakah Nilai Intrinsik dan Nilai Waktu untuk masing-masing option tersebut?

INGAT BAIK-BAIK: Dalam contoh ini, yang saya tanyakan adalah option PUT dan bukan CALL. Meskipun demikian, jika anda menggunakan ‘metode’ yg saya perlihatkan di atas, anda akan bisa menjawab pertanyaan di atas dengan mudah.

9 Comments

Filed under Spekulasi

9 responses to “Berkenalan dengan Options (4)

  1. Juventian

    KO Aug 2009 35 PUT
    intrinsik : o
    waktu : 2,4

    KO Aug 2009 42,5 PUT
    intrinsik : 3,04
    waktu : 3,16

    mohon dikoreksi bila salah

  2. 1. nilai intrinsik = 0 dan nilai waktu = 2,4 – 0 = 2,4
    2. nilai intrinsik = 42,5 – 39,46 dan nilai waktu = 6,2-42,5+39,46

    bagaimana dengan jawaban saya?

  3. Blazy DK

    KO Aug 2009 35 PUT
    intrinsik : o krn harga dipasaran saat ini dr harga di option
    waktu : 2,4-0=2,4

    KO Aug 2009 42,5 PUT
    intrinsik : 3,04
    waktu : 6,2-3,04=3,16

    • Blazy DK

      ralat:
      krn harga dipasaran saat ini dr harga di option
      seharusnya krn harga dipasaran saat ini lebih tinggi dr harga di option

  4. ibo0y

    KO Aug 2009 35 PUT
    Nilai intrinsic : 0
    Nilai Waktu : $2,4

    KO Aug 2009 42,5 PUT
    Nilai intrinsic : $3,04
    Nilai Waktu : $3,16

    Salam Kenal..
    orang baru, =)

  5. Bro Edison kalo opsi Straddle tuh bagaimana ya?

    • Wah, ingin tahu tentang straddle…

      Mumpung sedang tidak ada inspirasi utk artikel, nanti saya coba lanjutin artikel options saja🙂 Tapi yg pertama-tama dibahas mungkin covered call dulu…

      • Pak kl straddle kan kita melakukan put dan call sekaligus dg nilai yg sama dan waktu yg sama.jd bisa untung kl saham naik ataupun turun.trus bahayanya dimana ya pak?

  6. viczhoel

    Karena ini Option PUT, berarti:
    Harga Pasar $39.46

    (kasus A)KO Aug 2009 35 PUT
    ‘manfaat’ Option ini (bagi pembeli) adalah nol, karena lebih baik menjual dengan harga pasar. dengan demikian Nilai Intrinsik adalah $0 dan Nilai Waktu adalah $2.4 (sama dengan harga Option)

    (kasus B)KO Aug 2009 42.5 PUT
    ‘manfaat’ Option ini sebesar $42.5-$39.46=$3.04. so, NI=$3.04 dan NW=$6.2-$3.04=$3.16

    Nanya dong…
    1. kenapa Nilai Intrinsik kasus A $0 dan bukannya -$4.46?
    2. beli Option PUT kan ga dibarengi dengan beli sahamnya. mungkin ga, ketika kita ingin mengklaim Option PUT kita, ternyata ga ada saham yang bisa dibeli untuk dijual kembali?<-maaf kalo pertanyaannya teramat cupu
    3. kenapa ga make kasus saham BEI aja? jadi satuanny rupiah gitu, hehe..
    makasih banyak sebelumnya…

    EDISON:
    1. Nilai Intrinsik tidak bisa negatif, dan paling kecil adalah 0
    2. Tidak, bahkan jika saat itu perusahaannya bangkrut dan harga sahamnya $0 pun, kita bisa menggunakan option put kita. Transaksi ini dijamin oleh bursa.
    3. Sebenarnya sih memakai ilustrasi dari luar negeri ataupun dari Indonesia sama saja, hanya saja options sudah marak di sana, sedangkan di Indonesia belum, sehingga lebih mudah memakai contoh dari luar sana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s