Monthly Archives: April 2009

Detik-Detik Menjelang Hukuman Mati Raksasa Otomotif Chrysler

Sewaktu kuliah dahulu, di antara saya dan teman-teman saya ada sebuah ‘adat’ yang sejujurnya sangat menjengkelkan. ‘Adat’ jelek tersebut membuat ‘adegan’ di bawah ini kerap sekali terjadi dalam kelompok kami, terutama di sekitar waktu makan siang..

Edison: Wah, lapar nih!! Makan yuk?
Teman A: Yuk! Tapi makan apa ya?
Teman B: Gue sih terserah… Makan apa juga oke…
Teman A, C, D dan F: (dengan harmonis seperti paduan suara) Gue juga terserah….
Edison: Kalau gitu makan Bakmi gang Kelinci yuk? (P.S: sekarang Grand Kelinci)
Teman B: Wah, jangan Bakmi gang Kelinci deh…
Teman A: Gimana kalau Wendy’s?
Teman F: Duh… masak Wendy’s lagi? Bosen ah… yang lain aja…
Teman C: Food Court aja kalau gitu…
Teman A: Yaaaah, masak lagi panas-panas begini makan di food-court… keringetan nanti…. Gimana kalau MacDonald aja?
Teman C: Duh, MacDonald jam segini rame banget…antrinya lamaa!!!! Jangan di sana deh…
Edison: (Mengurut dada…. bingung di mana terserah-nya)

Continue reading

Advertisements

24 Comments

Filed under Saya suka cerita Ekonomi

Mana yang lebih cocok: KK Biasa atau KK Syariah?

Article by Konobe

“Know your enemy and know your self and you can fight a hundred battles without disaster” – Sun-tzu

Pada posting KK sebelumnya saya membahas sedikit tentang beberapa kesalahan terbesar dengan kartu kredit, dan ada beberapa trivia. Dibawah ini adalah jawaban pertanyaan tersebut: Continue reading

11 Comments

Filed under Uncategorized

Sekilas Tentang Repo (Repurchase Agreement)

Article by Alina

Beberapa bulan terakhir, transaksi Repo kerap diangkat di berbagai berita ekonomi. Kasus Antaboga misalnya, termasuk salah satu kasus yang melibatkan transaksi repo.  Tetapi apakah teman-teman pembaca blog ini tahu apa itu  Transaksi Repo? Aritkel ini akan mencoba menjelaskan secara sederhana apa itu sebenarnya transaksi Repo.

Repurchase Agreement atau Repo dapat dikatakan sebagai perjanjian meminjam uang dengan suatu jaminan. Dalam hal ini, jaminannya umumnya berupa instrumen investasi di pasar modal, seperti : saham, SUN, obligasi korporasi.

Contoh sederhananya: Misalkan si A sedang butuh dana dalam waktu cepat. Si A meminjam sejumlah dana kepada si B. Si A memberikan jaminan kepada si B berupa saham yang dimiliknya. Nantinya ketika si A sudah mengembalikan dana yang dipinjam ditambah bunga yang disepakati si B akan mengembalikan saham yang dijaminkan kepada B. Nah jika si A tidak bisa mengembalikan dana yang dipinjam, maka saham A akan ‘disita’ dan menjadi milik si B. Continue reading

30 Comments

Filed under Instrumen Investasi

Ada Apa dengan Saham Perbankan?

Senin lalu, di kafetaria Kantor Redaksi Harian Jangan Serakah, saya dan Mister Ben sedang makan siang bersama. Sambil menunggu makanan kami diantarkan, kami berdua pun ngobrol-ngobrol sebentar.

Mister Ben: Bagaimana dengan investasi kamu di Indonesia, son? Ada hal yang menarik akhir-akhir ini?
Edison: Kalau investasi sih tidak ada yang menarik, mister. Kan cuma sekedar menjalankan Dollar Cost Averaging. Tapi kalau di bagian spekulasi sih ada.
Mister Ben: Oh ya? Memangnya ada apa dengan Spekulasi kamu?
Edison: Dua bulan lalu saya membeli saham bank X. Tetapi minggu lalu saya ‘terpaksa’ jual saham tersebut minggu lalu.
Mister Ben: Loh? Memangnya kamu dipaksa siapa?
Edison: Dipaksa Mister Market…
Mister Ben:
Loh kok begitu?
Edison: Ceritanya begini nih, mister…………

Continue reading

21 Comments

Filed under Spekulasi

Berkenalan Dengan Options (5)

(Sambungan dari part 4)

Minggu ini saya pikir ada baiknya kita kembali lagi ke artikel tentang Options, karena artikel seri Options sudah agak lama belum saya lanjutkan (alasan sebenarnya sih karena saya sedang tidak menemukan inspirasi untuk bahan tulisan 🙂 ). Dalam artikel kali ini, kita akan mulai melihat beberapa Strategi dalam dunia Options. Tetapi dalam artikel part 4, saya sempat memberikan “PR”. Untuk itu, sebelumnya mari kita melihat jawaban dari “PR” tersebut terlebih dahulu.

Continue reading

15 Comments

Filed under Spekulasi

Mal-Mal Yang Malang: Perkembangan Krisis Sektor Properti

Sekedar artikel ringan seputar ekonomi  yang saya tulis sambil menunggu siaran Liga Inggris.

Beberapa hari yang lalu ketika sedang berjalan-jalan di mal, saya bersua dengan seorang kenalan saya yang sudah agak lama tidak saya jumpai. Kami berdua pun lalu menanyakan kabar masing-masing setelah sekian lama ini, dari kabar tentang keluarga, anak hingga ke perihal pekerjaan. Kebetulan pekerjaan teman saya itu di bidang properti. Saya pun lalu menanyakan tentang berita-berita ‘hangat’ di pekerjaannya. Continue reading

32 Comments

Filed under Saya suka cerita Ekonomi

1 Tahun JanganSerakah: Bantuan Sosial Untuk Anak Tidak Mampu di Griya Asih

WHAT THEY SAID…

Thousands of candles can be lighted from a single candle, and the life of the candle will not be shortened. Happiness never decreases by being shared.

Buddha

—–oOo—–

Sekitar 1 bulan lalu, ketika saya sedang memeriksa kalendar aktifitas saya di komputer, mata saya tiba-tiba tertuju pada sebuah catatan di kalender bulan Mei. Ternyata, tanpa terasa blog sederhana ini sudah hampir berusia 1 tahun, tepatnya tanggal 31 bulan Mei nanti  (bukan April ya…).

Sejak saat itu, saya kerap memikirkan bagaimana cara terbaik untuk ‘merayakan’ lahirnya blog ini. Meskipun ini bukanlah sesuatu yang penting untuk ‘dirayakan’, tetapi saya ingin sekali menandai hari tersebut dengan sesuatu yang agak ‘spesial’. Setelah beberapa lama, saya memutuskan bahwa cara yang terbaik untuk ‘merayakan’ 1 tahun blog ini adalah dengan melakukan aksi sosial, yaitu dalam bentuk pengumpulan bantuan sosial bagi para anak tidak mampu di Yayasan Griya Asih.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengetuk hati para teman-teman pembaca agar sekiranya berkenan membantu saya dalam mewujudkan niat saya tersebut. Untuk itu saya ingin bercerita sedikit tentang Yayasan Griya Asih ini. Continue reading

33 Comments

Filed under EVENT