1 Tahun JanganSerakah: Bantuan Sosial Untuk Anak Tidak Mampu di Griya Asih

WHAT THEY SAID…

Thousands of candles can be lighted from a single candle, and the life of the candle will not be shortened. Happiness never decreases by being shared.

Buddha

—–oOo—–

Sekitar 1 bulan lalu, ketika saya sedang memeriksa kalendar aktifitas saya di komputer, mata saya tiba-tiba tertuju pada sebuah catatan di kalender bulan Mei. Ternyata, tanpa terasa blog sederhana ini sudah hampir berusia 1 tahun, tepatnya tanggal 31 bulan Mei nanti  (bukan April ya…).

Sejak saat itu, saya kerap memikirkan bagaimana cara terbaik untuk ‘merayakan’ lahirnya blog ini. Meskipun ini bukanlah sesuatu yang penting untuk ‘dirayakan’, tetapi saya ingin sekali menandai hari tersebut dengan sesuatu yang agak ‘spesial’. Setelah beberapa lama, saya memutuskan bahwa cara yang terbaik untuk ‘merayakan’ 1 tahun blog ini adalah dengan melakukan aksi sosial, yaitu dalam bentuk pengumpulan bantuan sosial bagi para anak tidak mampu di Yayasan Griya Asih.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengetuk hati para teman-teman pembaca agar sekiranya berkenan membantu saya dalam mewujudkan niat saya tersebut. Untuk itu saya ingin bercerita sedikit tentang Yayasan Griya Asih ini.

Yayasan Griya Asih merupakan suatu yayasan yang mempunyai misi menampung dan menyekolahkan anak-anak jalanan dan juga anak tidak mampu. Konsep yang mereka jalankan bisa dikatakan adalah ‘menjauhkan anak-anak dari kehidupan jalanan’. Anak-anak diberikan tempat tinggal dan juga kesempatan untuk mengecap pendidikan serta dilarang untuk bekerja di jalanan. Menurut staf yayasan tersebut, ini dilakukan agar bisa menghilangkan ‘mental anak jalanan’ anak-anak tersebut. Sebagai pelajar, tugas utama mereka adalah belajar.

Minggu lalu, saya menyempatkan diri melakukan ‘survey’ ke yayasan tersebut. Kondisi bangunan yayasan tersebut termasuk menyedihkan, kontras dengan beberapa panti asuhan ‘terkenal’ yang mempunyai fasilitas yang termasuk bagus. Saya melihat ada kerusakan bangunan dan bocor di sana-sini. Saya lalu diterima oleh bapak Bona, ibu Mia dan Ibu Sicilia yang merupakan staf operasional yayasan tersebut.

Tampak depan Griya Asih

Tampak depan Griya Asih

Berdasarkan informasi yang saya terima dari mereka, saat ini mereka menampung 52 anak. Usia pendidikan mereka rata-rata adalah dari SD sampai SMA, meskipun ada juga beberapa anak yang beruntung bisa mengecap pendidikan hingga kuliah berkat bantuan orang tua asuh mereka.

Salah satu kisah menarik yang saya dapatkan dari kunjungan saya tersebut adalah bahwa ternyata ada beberapa anak dari Nias yang juga ditampung di Griya Asih. Sejak musibah gempa Nias, kehidupan di sana tidak menentu. Banyak anak-anak di sana yang tidak bisa mengecap pendidikan dan sehari-hari hanya ‘bermain’ di hutan. Tentunya mereka bukan benar-benar bermain, melainkan membantu mencari ubi-ubian yang bisa dijadikan makanan. Orang tua mereka lalu mengirim anak-anak tersebut ke Jakarta untuk ditampung dan disekolahkan oleh Griya Asih. Dua dari anak-anak Nias tersebut adalah Martinus dan Yuman yang ada dalam foto di bawah ini.

Martinus, Yuman dan Theresia

Martinus, Yuman dan Theresia

Dalam kunjungan tersebut, saya juga sempat ngobrol dengan Dina, yang telah tinggal di Griya Asih sejak SMP dan kini telah kuliah (semester 5). Dalam obrolannya dengan saya, ia mengatakan sangat bersyukur karena tanpa Griya Asih, ia tidak akan bisa mengecap pendidikan yang telah diterimanya.

Dina

Dina

—–oOo—–

Bagi teman-teman pembaca ada yang tergerak untuk berpartisipasi dalam aksi sosial ini, bantuan bisa diberikan dalam bentuk:

  • Uang, berapa pun jumlahnya (bahkan Rp 5 ribu pun tidak masalah). Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di bawah
  • Sembako (Indomie, Beras, dll)
  • Baju baru maupun bekas yang masih layak pakai, terutama baju untuk anak-anak (usia SD)
  • Buku
  • Mainan anak-anak

Untuk donasi berbentuk uang, rencananya akan saya tampung dulu dan saya serahkan pada tanggal 31 Mei nanti atas nama : Teman-Teman Pembaca JanganSerakah.com.

Donasi berbentuk uang bisa dikirimkan kepada rekening BCA atas nama saya  (Edison : 746-004814-6)  Bagi para donatur yang mengumpulkan donasi uang melalui saya, harap menginformasikan kepada saya melalui e-mail edison@janganserakah.com. Saya telah membuat halaman khusus di blog ini yang memuat info donasi yang dikumpulkan melalui saya (nama donatur dan jumlah donasi).

EDIT (11 April 2009): Untuk teman-teman yang ingin menyumbang melalui bank Mandiri, dapat ditujukan ke rekening a/n: Aditya Kresna Priambudi, nomor a/c: 1330004205043

Halaman tersebut bisa dilihat di sini (bisa juga diakses melalui halaman Aksi Sosial)

PS: Jika donasi ingin diberikan secara anonim (tanpa memuat nama), maka yang akan saya cantumkan di halaman tersebut adalah 4 nomor terakhir telepon sang donatur. Ini agar para donatur bisa memastikan bahwa donasinya telah tercatat.

Untuk donasi yang tidak berbentuk uang (baju/buku/dll), akan lebih baik jika dikirimkan ataupun diantarkan langsung kepada Yayasan Griya Asih, dengan alamat  Jln. Murdai 1 no 1, RT 08/13, Cempaka Putih. Ataupun jika ingin tetap dikumpulkan melalui saya, bisa mengkontak saya melalui email.

—–oOo—–

Di akhir artikel ini, saya ingin menyebarkan sebuah ‘undangan’.

Pada tanggal 31 Mei nanti, saya dan beberapa teman dari JanganSerakah.com bermaksud untuk mengadakan ‘pesta kecil’ di yayasan tersebut. Rencananya, dalam acara tersebut,kami akan mengajak anak-anak di Griya Asih untuk makan dan bermain bersama. Jika ada teman-teman pembaca yang tertarik untuk ikut datang, bisa menghubungi saya lewat e-mail untuk informasi tentang waktu acara tersebut.

33 Comments

Filed under EVENT

33 responses to “1 Tahun JanganSerakah: Bantuan Sosial Untuk Anak Tidak Mampu di Griya Asih

  1. Tom

    Akhirnya sampai juga ke investasi paling penting yang sering dilupakan manusia, Investasi Akhirat.

    Salah satu rahasia investasi Tuhan yang paling aneh adalah Hukum Memberi. Semakin banyak memberi, semakin melimpah rejeki.

    Tuhan adalah market maker yang paling adil. Kalo di bursa, gue yang capital pas-2 an mungkin akan dipandang sebelah mata ama bro Edison.

    Tapi Investasi Akhirat melihat Value dari Persentase. Seberapa kita menyumbang dari harta kita. Sama tentunya ikhlas, biar bisa enteng melayang ke atas.. (tp jgn dibakar yah hehe..)

    So.. Let’s get united. Ayo.. nyumbang.. nyumbang.. biar gak ada door prize. Untuk sesama..

    Buat bocoran dan nambah semangat, bro Edison mau baca puisi lho tar di Yayasan. Tadinya dia mau nyanyi tapi untung sempat saya cegah.

    Ha ha ha.. May God bless ur kindness.

  2. putrie_kmps

    wah perayaan yang sangat menyentuh, mudah-mudahan bisa ikut datang

  3. Donasi pertama sudah masuk🙂

    Terima kasih ya, bapak dengan HP 081xxxxx-8717

  4. Sekedar mengingatkan, daftar donatur dan jumlah donasinya bisa dilihat di halaman http://janganserakah.com/aksi-sosial-js/bantuan-sosial-untuk-yayasan-griya-asih/

    Halaman tersebut juga bisa diakses dari bar navigasi atas (Aksi Sosial)

  5. Tom

    @Felicia
    Iya, jangan lewatkan. Cuma puisi-nya termasuk genre baru, tentang finansial🙂

    Ayo.. Ayo.. Masak baru satu donatur-nya? Deadline-nya tanggal brp, bro Edison?

    Gw ada ide. Kalo penyanyi konser amal kan biasa ada show.

    Krn bro Edison pas-2-an art-nya, gmn kalo buat donatur, dikasih “E-Article Special Edition” tentang Instrumen Investasi yg populer.. atau portfolio pribadi punggawa keuangan kita ini.

    Good idea? Ayo dong, para pembaca. Kita kasi petisi. Ber-Amal sekalian belajar..

    Sambung ya..
    1. Tomy

    • San

      Tom tom ini ada-ada aja. kalo pake pancingan, beramalnya jadi bukan panggilan hati nurani dunk! tapi bener jeh, jadi kepikiran, ada dokumentasi nya ga ya? kaya video nya atau foto2nya? kalo donatur yg ga bisa hadirkan bisa ikut liat gimana haru biru ungu ramenya perayaan ultah JS…😀

  6. ibo0y

    pengan ikutan kesana…………………………….

    tp jauuuuhhhhhh, 🙂

  7. konobe

    Haha, serius nih Bung Edison mau baca puisi? Wah.. saya jadi suporter aja yah😀

    Btw, tebak, ada sesuatu yang nambah dengan blog JS ga?… clue: ada tambahan dibagian sebelah kanan blog.

    Congrats ya Bung Edison…! (pengumuman resmi minggu depan ya???. Logonya dah dipasang…😉 )

    Ayo, support Bung Edison biar blognya selalu bermanfaat untuk semua!!!😀

  8. alinaprimasari

    Beritanya dah keluar di detik tuh, selamat buat Blog ini, belum genap setahun sudah berprestasi
    http://www.detikinet.com/read/2009/04/08/103920/1112191/404/pemenang-blog-award-minggu-pertama-april-2009

    • san

      Dari kemarin dah liat ada yang nempel baru dibagian atas, aku kira dah lama gara2 akhir2 ini jarang visit selain akunya masih gaptek. Selamet ya buat JS and para pengelolanya. Ternyata ke yahudannya diakui banyak orang deh…..😀

  9. zhiefamel

    ini namanya investasi jangka panjang🙂

  10. Mudah-mudahan dari tahun ketahun jumlah Griya Asih di Indonesia semakin berkurang. Eit bukan nggak setuju dengan Griya Asih, maksudnya dengan semakin berkurangnya berarti juga semakin berkurangnya anak-anak jalan dan kurang mampu di Indonesia. Anak-anak Indoensia tidak lagi berada di bawah garis kemiskinan.
    Salut dengan Griya Asih.

  11. Galih

    Bro edison saya usul neh, gimana kalo account penerimaan sumbangan ditambah lagi, misalkan ke bank Mandiri, BNI, Niaga….
    Supaya bisa maksimal gitu….
    Soalnya saya mo transfer via mandiri bro ^_^

    Btw, acara Ultah yang sangat bagus sekali bro Edison, semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang.amin

  12. sereno

    Usul bung Galih bagus, karena saya juga punya rekening di bank mandiri🙂

    Ohya…kalau boleh tahu kapan terakhir bisa transfer? kebetulan ada anak penderita hidrosefalus yg sedang membutuhkan dana emergency.

    Sungguh mulia jika kita menabung juga untuk keabadian🙂

  13. SELAMAT YA BRO…. HEBAT-HEBAT

  14. Lili….. ayo katanya mo ikuta ke Panti Asuhan

  15. Untuk teman-teman yang ingin mentransfer dengan Bank MAndiri:

    Sebenarnya, sejak kasus saya dengan bank mandiri yg pernah saya ceritakan di sini, saya sudah menutup rekening bank mandiri pribadi saya.

    Tetapi jika memang bisa memudahkan, saya akan mencoba untuk mencari rekening bank mandiri milik teman ataupun keluarga yang bisa dititipkan… Mungkin Rakhmi atau alina punya. Nanti akan saya kabari perkembangannya soal hal ini..

    Galih & Sereno, thanks atas supportnya sebelumnya..

  16. Ada donasi lagi yang masuk, terima kasih ya atas supportnya, ibu R dengan telp xxxxxx000

  17. INFO:

    Untuk teman-teman yang lebih mudah untuk mentranster donasi melalui Bank Mandiri, dapat mentransfernya ke rekening putrie_kmps:

    a/n: Aditya Kresna Priambudi
    a/c: 1330004205043

    Terima kasih atas dukungannya semua….

  18. Merayakan ultah blog yg patut ditiru.
    Sangat inspiratif
    Saya juga melakukan hal yg sama, cuman bedanya, saya tidak memberi kepada sebuah yayasan. Saya memberikan langsung kepada anak yg membutuhkan. Lebih spesifiknya saya survei langsung kebeberapa sekolah dan mendata siswa yg benar-benar nunggak spp berbulan-bulan.

    Mari kita selalu membantu sesama, Salam kenal yach…

    Thx

  19. di tunggu lagi bro edison dengan berita-berita nya…salam kenal…

  20. Risyadmum

    Bro Nikken emang teope.

  21. Per hari ini, total donasi yg sudah tercatat adalah Rp 1.370.000,-

    Terima kasih kepada semua yg sudah memberikan dukungan, baik yang memberikan donasi maupun yang membantu menyebarkan informasi tentang aksi sosial ini…

  22. TOP bro.. semoga semakin berkah nih blog..🙂

    Bikin rekening paypal juga bro. kali aja ada yang mo nyumbang dari hasil IM.

  23. nove

    bro..nanti abis gajian bisa kan ya…
    tanggal 25 siap meluncur….dananya..

  24. 2easy4bee

    wahh…keren. Selain bagi ilmu bagi rezeki juga !!! saLut buat pendiri, admin dan pecinta blog keren ini. Jaya terus …. Janganserakah.com

    Regards

  25. selamat atas kemenangan dalam Best of the Best Blog !

    Edison: Terima kasih… pantas hari ini banyak yg datang dari Detiknet.com… rupanya sudah ada pengumumannya🙂

  26. putrie_kmps

    Setelah melakukan proses verifikasi dan penilaian, bersama ini kami dari tim Internet Sehat menyampaikan bahwa blog berikut di bawah ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 untuk kategori “Best of The Best Blog”:

    Best of the best blog (prime):
    http://marsudiyanto.info

    Best of the best blog (runner up):
    http://koleksibarangdjadoel.blogspot.com
    http://cakmoki86.wordpress.com
    http://janganserakah.com

    Kategori “Best of The Best Blog” dipilih dari para penerima penghargaan Internet Sehat Blog Award mingguan. Adapun tim penilai untuk kategori ini adalah: Budi Putra (blogger, Asia Blogging Network), Romi Satria Wahono (blogger, IlmuKomputer.com), Donny B.U. (blogger, akademisi), Onno Purbo (Advisory Board Chairman of Indonesian ICT Partnership).

    sumber : http://www.detikinet.com/read/2009/04/23/115814/1120109/404/ini-dia-best-of-the-best-blog-kuartal-i-2009

    Selamat untuk Blog JS

  27. putrie_kmps

    wah menang lagi…
    Selamat ya

  28. wow, bagusnya citermu🙂 Jom singgah blog Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s