Investor Area Perlindungan Bagi Investor Pasar Modal Indonesia

Investor Area

Article by Alina

Setelah tertunda sekian lama, akhirnya Investor Area dilaunching hari ini (kompas 18 Juni 2009 halaman 19). Banyak investor yang telah menanti hadirnya fasilitas ini dalam pasar modal Indonesia. Fasilitas ini diharapkan akan mampu memberikan perlindungan bagi investor di Indonesia. Apa itu Investor Area?

Sebelum saya ceritakan mengenai Investor Area ada baiknya saya bercerita mengenai PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

PT KSEI merupakan salah satu Self Regulatory Organization (SRO) dalam pasar modal Indonesia. Fungsi utama KSEI adalah lembaga penyimpanan efek dan penyelesaian transaksi efek. Istilah gampangnya, KSEI merupakan ‘gudang penyimpanan’ sebagian besar efek yang ditransaksikan di pasar modal Indonesia. Jika pembaca blog ada yang memiliki saham, saham yang sekarang ini berbentuk scripless (tanpa kertas) bukan tersimpan di broker, tetapi tersimpan di KSEI. Setiap investor harus dibukakan sub rekening (seperti rekening bank hanya saja berisi efek : saham, obligasi, dll) oleh broker di KSEI. Investor bisa mengetahui nomor sub rekeningnya melalui broker.

—ooOoo—

Investor Area sendiri merupakan fasilitas yang diterbitkan oleh KSEI agar investor bisa melihat sendiri saldo efeknya yang ada di KSEI. Selain melakukan pengecekan saldo efek, dalam Investor Area ini investor bisa melakukan pengecekan movement atau perpindahan efeknya selama 30 hari terakhir. Mekanisme ini akan memperkecil kemungkinan adanya perpindahan efek nasabah tanpa sepengatuhan nasabah. Setiap investor yang telah mendaftar ke Investor Area akan memiliki Investor ID (seperti no KTP untuk investor pasar modal Indonesia)

Bagi investor yang mempunyai rekening di lebih dari 1 broker cukup hanya membuat satu Investor ID saja, karena dalam 1 Investor ID ini investor bisa menghubungkan rekening yang dimilikinya di broker lain. Jadi ketika investor login ke dalam Investor Area, investor bisa mengecek sekaligus semua saldonya di beberapa broker.

Untuk mendapatkan akses ke dalam Investor Area ini, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh investor :

  • Investor bisa masuk ke https://investor.ksei.co.id silahkan daftarkan diri ke menu ‘New Investor? Give your details’. Sebelum mendaftarkan diri melalui web tersebut investor harus mengetahui terlebih dahulu nomor sub rekeningnya (bisa ditanyakan ke brokernya)
  • Setelah mengisi semua data, investor dapat mengeprint formulir yang telah diisi dan membawa formulir tersebut ke brokernya. Broker akan melakukan proses verifikasi dan validasi data sebelum melakukan persetujuan.
  • Setelah dilakukan persetujuan KSEI akan mengeluarkan Investor ID dan pincode. Pincode akan diterima dalam bentuk  pin mailer (seperti amplop berisi pin atm dari Bank). Perlu waktu kurang lebih 1 minggu sebelum investor memperoleh pin mailer tersebut. Investor juga akan menerima ID Card berisi Investor ID dan Nama Investor sebagai pengingat. ID Card akan diterima kurang lebih setalah 2 minggu. Pin mailer dan ID Card ini akan diserahkan KSEI ke broker investor.

ID CardID Card

  • Setelah memperoleh Pincode dan Investor ID, investor bisa masuk ke dalam fasilitas Investor Area.

Yang paling penting adalah investor tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menikmati fasilitas ini. Semoga dengan adanya Investor Area ini akan tercipta transaksi pasar modal yang tranparan dan meningkatkan kredibilitas pasar modal Indonesia.

53 Comments

Filed under Celoteh

53 responses to “Investor Area Perlindungan Bagi Investor Pasar Modal Indonesia

  1. ivgt

    Yang bisa dilihat di investor area (tolong koreksi) :
    a. saham
    b. obligasi pemerintah (ORI & Sukuk)
    c. obligasi korporat
    d. reksadana

    • alinaprimasari

      Semua Efek yang diperdagangkan di Bursa dan tersimpan di KSEI bisa dilihat di Investor Area. Dari yang Anda sebutkan, Reksadana tidak dapat dilihat, karena Reksadana tersimpan di Bank Kustodian Reksadana tersebut.

  2. iya, akhirnya investor area diluncurkan juga. Fasilitas ini berguna bagi investor dan juga perusahaan efek.

    praktis juga ya, kita hanya perlu membuat satu investor id.

  3. Galih

    Trus bagi yang ikutan online trading, apakah bisa mendapatkan fasilitas ini juga?

  4. Andrew

    oh, emank terbatas ya kalo buat online trading? kebetulan saya pake IPOT

  5. Andrew

    ok2. thx ya alina

  6. great articles, izin bookmark gan

  7. Pemula

    @galih
    walau online trading sekalipun, asalkan anda join dgn broker yg menjadi anggota bursa maka tetap saja anda akan punya KSEI ID. Krn dr broker anda pasti akan setor data2 pribadi anda utk kemudian diteruskan ke KSEI.

    sorry, bukan bermaksud menggurui / sok tau. Tp kalo ada yg salah tlg dikoreksi, tq

  8. Bang Kop

    Itu formulirnya dikirimnya ke broker kita apa ke KSEI langsung ya ?

  9. alinaprimasari

    formulir yang sudah diisi dikirimkan ke brokernya bang

  10. rafif

    kalau minta broker untuk proses buatin, bisa ngak ya..?

  11. kemarin kebetulan aku lewat kantor securities dimana aku beli sukuk. Berdasar info dari JS aku dtg ke kantor securities-nya, pas aku minta no.id untuk bisa daftar di investor area CS-nya agak bingung karena dia pikir cuma saham aja yang bisa didaftarin di investor area. Tapi akhirnya kemarin udah diisiin tuh form-nya dan udah dipegang mereka salinannya katanya 5-10 hari baru jadi dan aku bisa balik lagi. emang lama ya?

    eh sorry tadi salah masukin comment-nya di artikel dinar malahan..😦

  12. san

    kalo beli sukuk atau obligasinya di bank gimana????

    • aku belinya kan di BNI securities, tapi kayaknya bisa beli di Bank-nya langsung. jd kl bank-nya BNI datangnya ke BNI securities San. kl Bank lain aku kurang tau.

      • Galih

        Dulu saya pernah mao nyoba beli ORI ato Sukuk di Bank Mandiri, tapi katanya kalo mao beli ORI minimal 50 juta…..

        yang punya pengalaman sharing dunks….terutama di bank mandiri, apa bener minimal harus 50 juta? apa CS-nya yang dodol?

      • alinaprimasari

        Mas Galih…
        Belinya di pasar Primer atau skunder?

      • Galih

        Di pasar sekunder

      • alinaprimasari

        Untuk pasar sekunder memang Bank menetapkan kebijakan yang berbeda, tidak seperti pasar primer. Pada pasar primer kita bisa membeli per unit (Rp 5,000,000).
        Di pasar sekunder Bank akan mencari ke pasaran (pasar untuk obligasi tidak real seperti pasar saham, mencari investor yang mau menjual obligasi tidak semudah mencari investor yang mau menjual saham). Di pasaran transaksi akan mudah terjadi jika nominalnya besar. Jadi bukan CSnya yang dodol kok, tetapi market yang mengharuskan seperti itu.
        Coba membelinya ke sekuritas, biasanya nilai minimal pembelian di pasar sekunder bisa lebih sedikit, tetapi jangan harap harganya sama dengan pasar, biasanya lebih mahal.

      • san

        aku belinya di bank mandiri n bank mandiri syariah… hm harus ke mandiri sekuritaskah?? Duh…. nasib jauh dari ibukota! Kalo misalmnya kita ga daftarin ke investor area ini emang kenapa sih???

    • innuada

      @San
      Kalo belinya di bank, form yang sudah diisi diserahkan ke bank tempat membeli, nanti mereka yang akan mengirimkan ke sekuritasnya. Untuk kasus saya, form saya serahkan ke Mandiri Balikpapan trus mereka yang kirimkan ke Mandiri Sekuritas. Dalam seminggu kartunya udah jadi.

  13. san

    Ngomong-ngomong ini tuan rumahnya kemana ya?? kayaknya ko sepi-sepi aja sih ya????😦

  14. ratnadad

    wah info yang menarik ….untung buka JS,

    jeng Alina, boleh nanya khan…
    ada beberapa hal yang saya kok masih belum mudeng/ngerti ya…..
    katakanlah prosedur yang dijelasin jeng Alina telah saya ikuti dan akhirnya mendapatkan Id Card dan PinCode nya, pertanyaannya :
    – untuk apa sih Id Card(Phisik)nya lho.. jika saya sandingkan dengan Debit/Credit Card yg sudah jelas semua pemiliknya tahu kegunaannya?
    – saya cari2/baca ber ulang2 yang dimaksud dengan PERLINDUNGAN (dari KSEI)itu yang sebelah mana ya?
    a. apakah kalau misalnya ada perpindahan efek tanpa sepengetahuan nasabah sehingga terjadi ketidak sesuaian saldo (jika efek berkurang/hilang/rugi) bisa diganti oleh KSEI dengan menunjukkan Id Card?
    b. apakah KSEI juga akan mengganti seandainya emiten dari suatu efek itu bangkrut misalnya, cukup dengan menunjukkan Id Card?

    gitu jeng Alina, mohon pencerahannya… soalnya pemahaman saya masih jumbuh sama debit/credit card untuk Id Card nya, dan jumbuh juga antara istilah PERLINDUNGAN dengan PENJAMINAN nya LPS

    • alinaprimasari

      Mas atau mbak Ratnadad….

      ID Card hanya berfungsi sebagai pengingat saja, seperti KTP.

      Perlindungan di sini artinya adalah keterbukaan informasi yang dimiliki KSEI kepada investor. Seperti yang Anda ketahui meskipun investor menjadi nasabah di berbagai broker, namun efeknya sebenarnya disimpan di KSEI.

      Dengan adanya keterbukaan informasi ini, Investor jadi bisa mengetahui saldo kepemilikan efeknya secara langsung yang tersimpan di KSEI (tidak melalui broker lagi). Investor juga bisa mengetahui pergerakan perpindahan efeknya (kapan debit creditnya).

      Jika terjadi ketidaksesuaian saldo (perpindahan efek yang tidak wajar), Investor akan dapat mengetahuinya dengan segera melalui Investor Area. Jika hal ini terjadi Investor bisa mempertanyakan ketidaksesuaian ini terhadap broker yang bersangkutan (bukan KSEI)

      Jika suatu emiten bangkrut, KSEI tidak akan mengganti efek yang Investor miliki, karena yang menganti tetap emiten yang bersangkutan (setelah emiten membayar semua kewajibannya). Di sini peran KSEI hanya memberikan catatan kepada emiten, investor mana saja yang memiliki efek tersebut.

      Jadi perlindungan yang dimaksud di sini adalah keterbukaan informasi yang bisa diberikan oleh KSEI kepada Investor. Diharapkan dengan adanya keterbukaan informasi ini Investor tidak lagi was-was untuk bertransaksi di pasar modal Indonesia.

  15. ratnadad

    terima kasih jeng Alina jawabannya langsung instan, jelas dan paham sekarang….. segera saya manfaatkan untuk punya IdCard

    sekali lagi thank’s dan ditunggu info n artikel menarik lainnya

    salam,

  16. fiqull

    mana nih artikel bung edison yang baru???

  17. ARPAM

    Bro …terima kasih banyak atas info ini ..mengingat saya masih pemula di dunia saham ini..sebelumnya sdh pernah ditipu broker..!……n’ numpang tanya bro apa sdh pernah muat artikel ttg OPTION workshop yg jutaan itu biayanya…? .ok… ,,salam kenal sekian …saja.thxs…

  18. and

    dah 2 minggu lebih tp kartunya blom jadi2…..

    • alinaprimasari

      pin mailernya sudah terima?

      • Alina aku cuma dapat kartu dan password. pin mailer yang dimaksud apa ya?

      • alinaprimasari

        pincode 6 digit di dalam amplop tertutupkan, nah itu namanya pin mailer

      • oh password itu pin mailer ya. tx Alina atas penjelasannya.

      • and

        pin mailernya +kartu blom jadi Jeng!
        ada solusi g jeng ?….maklum masih agak awam nih,
        terakhir aku konfir ulang ke broker by phone…..jawabnnya… cuma ” iya pak..nanti saya tanya bagian setlement”.
        trus saya tanya lagi tentang kekurangan pengisian form…..jawabnnya ” tidak ko pak,sudah lengkap “.

        emang paling lama jadinya brapa minggu ya jeng?
        jadi bingung nih…!
        butuh pencerahan nih jeng!
        Thank B4…

      • alinaprimasari

        Alurnya sih and menghubungi pihak broker untuk memastikan sudah dicreate kan access ke Investor Area atau belum.

        Jika sudah dalam waktu kurang dr seminggu KSEI akan mengirimkan pin mailer plus kartu ke broker. Kemudian broker menyerahkan ke and. Silahkan hubungi lagi pihak brokernya.

        Namanya sapa sih, kok and🙂

      • andi

        tadi siang ak tlp pihak broker….
        pihak broker bilang…”dari KSEI dah terima…”, tp kartu +pin mailer nya belum diserahkan ke pihak broker.

        kartu +pin mailer harus kita yang ambil ke broker atau Pihak broker yang ngirim ke kitanya jeng?
        thanks b4…

        oh iya …namanya Andi jeng…..

      • kalau aku harus ambil sendiri tuh

      • alinaprimasari

        Lho maksudnya gimana nih? dari KSEI sudah terima tapi broker belum terima?
        Lebih baik sih ambil sendiri ke broker (biar lebih aman, takutnya klo dikirim yang nerima bukan yang punya)

    • iya emang lama tuh jadinya. pas itu aku kelupaan dan ga sempet2 ambil. tau-taunya pas aku ambil password/pin mail-nya udah expire. terus jadinya mesti balik lagi ke broker untuk minta dibuatin pin mailnya ulang. jadi bolak-balik deh.

      • alinaprimasari

        Untuk pin mailer memiliki jangka waktu 1 bulan. Jadi jika setelah 1 bulan pin mailer tersebut dicetak dan belum digunakan, maka pin mailer akan expired.

      • andi

        uuhf…..
        akhirnya jadi jg n dah di tangan nih kartu+pinmailer.
        jadinya makan waktu -+3 minggu…
        tp g papa lah …,yang penting dah jadi.

        salam smua…

  19. andi

    tp pas login… pin nya expired, padahalkan blom nyampe 1 bulan.

  20. Nice info and i think very important

  21. PIN mailer itu dimna sih. aku sudah dapat kartu tapi bingung pin mailernya dimana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s