ORI006

ORI Logo

article by Alina

ORI001 akan jatuh tempo pada 9 Agustus tahun ini. Untuk melanjutkannya pemerintah kembali mengeluarkan ORI006. ORI006 ini berbeda dengan 5 ORI sebelumnya, kenapa berbeda? Tenor yang ditawarkan pemerintah kali ini hanya 3 tahun, berbeda dengan ORI lainnya yang memiliki tenor 5 tahun. ORI006 mengikut tenor dari Sukuk Ritel atau SR001 yang diterbitkan pada Februari tahun ini.

ORI006 ini memiliki kupon 9,35% (dibawah harapan saya sebesar 10%). Jika dibandingkan dengan ORI004 yang jatuh temponya sama-sama 3 tahun lagi, kuponnya 9,5% dan harga saat ini di pasaran sekitar 101 hingga 102, jadi YTMnya 8,7% hingga 9% (hitungan kasar). Jadi sebenarnya kupon 9,35% cukup menarik (bukan sangat menarik) dengan perbandingan BI Rate saat ini 6,75% dan rata-rata suku bunga deposito 7%.

—ooOoo—

Berikut beberapa ketentuan mengenai ORI006 :

  • Masa penawaran pada 24 Juli hingga 7 Agustus 2009.
  • Tenor selama 3 tahun.
  • Nilai nominal per unit 1 juta rupiah.
  • Minimum pembelian sebesar Rp 5 juta dan kelipatannya.
  • Maksimum pembelian sebesar Rp 3 milyar.
  • Tingkat Kupon sebesar 9,35% per tahun.
  • Pembayaran Kupon dilakukan setiap tanggal 15 setiap bulan.

Untuk penjualan kali ini Pemerintah menunjuk lebih banyak agen penjual. Ada 20 agen penjual yang akan menyalurkan ORI006 ini kepada masyarakat :

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  2. PT Trimegah Securities Tbk
  3. PT Danareksa Sekuritas
  4. PT Bank Central Asia Tbk
  5. PT Bank Internasional Indonesia Tbk
  6. PT Bank Permata Tbk
  7. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  8. Citibank NA
  9. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  10. PT Ciptadana Securities
  11. PT Indo Premier Securities
  12. The Hongkong and Shanghai Bank Corporation Limited
  13. PT Bank CIMB Niaga Tbk
  14. PT Bank Panin Tbk
  15. Standard Chartered Bank
  16. PT Reliance Securities Tbk
  17. PT Bank Bukopin Tbk
  18. PT Mega Capital Indonesia
  19. PT Bank Mega Tbk
  20. PT Bank OCBC NISP Tbk

Yang berminat silahkan datangi salah satu agen penjual tersebuta mulai tanggal 24 Juli 2009 hingga 7 Agustus 2009. Jangan sampai ketinggalan (hayo kemarin pas Sukuk Ritel ada yang ketinggalan kan.)

93 Comments

Filed under Instrumen Investasi

93 responses to “ORI006

  1. konobe

    weeewww.. kayanya yieldnya dibawah rata2 ekspektasi ya ^^

  2. b0rne0

    katany agen penjual di HSBC, bunga kupon ORI006 itu dikenai pph final 15%. Lebih murah dari pph final depo yg 20%.
    Apa ini benar?
    Tolong dong infonya.
    Thx

  3. Galih

    Kuponnya kurang menarik😀

    • alinaprimasari

      jika dibandingkan dengan apa bung Galih?

      • Galih

        Kalo dibandingkan sama yield di RDS…yah tergantung profil resiko siy, saya lebih suka dapet yield yang maksimal dalam kondisi perekonomian sekarang (pendapat pribadi lho mbak).

      • alinaprimasari

        Hahaha
        Jangan dibandingkan dengan RDS donk…
        Ga apple to apple..
        Ya ORI006 silahkan dikoleksi untuk diversifikasi portofolio, siapa tahu udah kebanyakan RDSnya, sedangkan instrumen pendapatan tetapnya belum ada.

  4. Akhirnya pecah telur juga deh!! muncul artikel baru senengnya🙂 btw boleh tanya? kl setelah pajak jadi berapa % ya dapatnya?

  5. Fahmi

    Kalau kita invest di RDPU, sebenarnya itu sudah termasuk invest di ORI/Sukuk juga gak sih? Soalnya uangnya sudah dimasukkan ke RDPU nih. Mohon pencerahannya, thanks.

    • Fahmi, kayaknya ORI/Sukuk biasanya termasuk di RDPT deh bukan RDPU.

    • alinaprimasari

      RDPU berisi instrumen investasi pasar uang. Yang dimaksud instrumen investasi Pasar Uang adalah surat hutang yang jangka waktunya maksimal 1 tahun.
      Untuk ORI atau Sukuk biasanya akan masuk dalam Reksadana Terproteksi yang jangka waktunya sama dengan tenor dari underlying yang digunakan.

      • san

        jadi kalo misalnya ga kebagian penjatahan ORI bisa tunggu reksadana terproteksinya aja kalo ya???😀

      • alinaprimasari

        RD Terproteksi system penjualannya sama dengan penjualan ORI atau Sukuk, ada masa penawarannya. Tidak bisa dibeli kapan saja seperti RD yang lain.
        Nah biasanya penawaran RD Terproteksi ini berdekatan dengan masa penawaran underlying assetnya.

      • ada yang tau ga alasan dibalik kupon yang kecil ini dibanding sebelumnya? apa emang suku bunga kredit juga udah lebih kecil daripada yang sebelumnya? trus ada pengaruh ga ke harga sukuk di pasar sekunder?

      • Galih

        @Fel
        Keliatannya melihat dari BI rate dan tingkat inflasi sekarang deh cmiiw

      • san

        @Alina, mau nambahin aja nih, Rd terproteksi juga ada lock up periodnyakana. nah dalam masa lock up ini, kita ga bisa jual tuh RD, beda dengan RD lainnya maupun jika jika beli ORI ini dimana kalo kita mau jual kapan aja bisa
        @Feli, iya setuju ma Galih, besarnya tingkat kupon ini dipengaruhi rate BI yang katanya bisa turun lagi, juga nilai inflasi yang diperkirakan turun serta (kalo ga salah) dibandingkan dengan SUN yang punya waktu mature yang sama. Soal pengaruh harga kesukuk, kayanya engga deh. Tapi kalo naik atau turunnya BI Rate, itu berpengaruh kesemua obligasi deh kayaknya. Mohhon koreksi kalo salah ya….

      • alinaprimasari

        @ San
        Bener, RD Terproteksi mengikat kita selama period locknya, biasanya lamanya mengikuti underlying assetnya. Hal ini berkaitan dengan karakteristik RD Terproteksi sendiri.
        Nanti saya buat ulasan sendiri mengenai RD terproteksi dech (utang artikel lagi)

        @ Felicia
        Mengapa kupon ORI006 kecil? Ini kecil dibandingkan dengan apa dulu ya? Dalam menentukan Kupon, pemerintah melihat BI Rate dan SUN dengan Tenor yang sama (3 tahun).
        Biasanya akan dibuat lebih tinggi sedikit dari SUN yang bertenor 3 tahun tersebut.

        Untuk harga Sukuk Ritel di pasar sekunder tentu ada pengaruhnya. Dengan turunnya BI Rate menjadi 6,75%, imbal hasil Sukuk Ritel yang 12% tentu sangat menarik.
        Harga Sukuk Ritel di pasar sekunder saat ini berkisar 106 – 107 (premium). Harganya naik karena banyak yang mau koleksi.

      • konobe

        RD terproteksi bisa dijual sebelum habis masa perjanjiannya. hanya saja unsur ‘proteksi’nya jadi hilang. CMIIW.

      • san

        @ konobe
        masa sih??? misalnya Rd proteksi yang mana nih??? setauku ada masa lock up periodnya yang umumnya sampe kontraknya selesai. Ada juga sih yang lock up periodnya pendek tapi biasanya buat RD proteksi yang jangka panjangan misalnya 5 tahunan gitu. Minta penjelasan lebih banyak dunk Konobe…. thanks

      • konobe

        yup. lock up period memang tidak bisa dijual, tapi setelah bebas lock up period, walopun masa perjanjian (tanggal jatuh tempo) untuk proteksi belum sampai, sudah bisa dijual, dengan syarat tertentu (terkena fee/penalti, kehilangan unsur proteksi, dll).

        ga semua lock up period itu untuk RD Proteksi yang lama. Yang cuma dua tahun juga kadang lock up periodnya cukup sebentar, misalnya cuma 9 bulan (IMHO, 9 bulan itu cukup singkat).

  6. san

    seperti kemarin sukuk, ini ORI ada biaya kustodinya juga ga sih?? trus ada biaya apa aja yang mesti diperhatiin?? misalnya biaya pembelian atau pemesanan atau apaaa…. gitu??

    • alinaprimasari

      Untuk biaya-biaya sama seperti SUkuk juga kok. Biaya kustodiannya ada juga. Tanyakan saja kepada agen penjualan semua biaya yang timbul, nanti infokan di sini ya, biar yang lain juga tau.

      • Galih

        Setuju Lin, saya juga blum tahu mengenai biaya di obligasi. jadi kalo ada yang punya inpo mohon di share yah ^_^

  7. harapan saya kuponnya lebih tinggi, tapi cukup menarik untuk investasi 3 tahun.

  8. Fahmi

    Kalau kita ingin menyimpan dana sebagai dana darurat, apakah bijak jika kita menaruhnya dalam ORI? Apakah setiap kali kita ingin menjual ORI kita di pasar sekunder otomatis ada yang beli? Thanks

    • san

      kalo dana daruratkan yang diutamakan likuiditas and ga berkurang jumlahnya. ORI ini kadang harganya fluktuatif lho artinya bisa aja naik dan kita untung dari capital gainnya atau turun alias rugi padahal kita lagi butuh misalnya. Emang kenapa kalo misalnya taruh di Deposito atau di Reksadana pasar uang sehingga melirik ORI buat simpen dana darurat??

      • Fahmi

        Memang saat ini ditaruh di RDPU, kalau deposito imbal hasilnya kecil, dibawah inflasi. pengen tau media yang lainnya saja. thanks buat masukannya.

      • Aku sendiri merasa begitu.jd dana daruratku skarang di depo di Bpr yg lbh tinggi bunganya drpd bank biasa.aku cari Bpr yg laporan keuangannya bagus&kucek ke bbrp cabang bank-nya keadaannya.apakah sesuai dgn yg ada di laporan keuangan tsb.
        Emang agak krg liquid utk dana darurat krn depo-nya kan sebulan baru bs diambil.jd kubagi dalam bbrp periode dimana (rencananya tiap minggu ada dana yg bs liquid)jd semacam bond laddering gitu.jd dana darurat tsedia liquid serta bunga lbh besar drpd inflasi.

    • alinaprimasari

      Fahmi bedakan donk antara Dana darurat dengan investasi.
      Dana darurat itu harus liquid, sedangkan investasi harus memberikan pertumbuhan lebih tinggi dari inflasi.

  9. Rico

    Dear all,
    Saya ditawari ori 006 oleh philips securities dan Bank Mandiri.
    Tapi kalau saya lihat di atas (20 agen penjual ori 006) itu kq philips securities ga ada ya?
    apakah philips bukan agen penjualnya?tapi mereka menawarkannya?
    dan apa ya perbedaan membeli di perusahaan sekuritas dibandingkan dengan beli di bank?
    lebih baik beli di mana?
    kemudian ada penjatahan, nah apakah dari ori-ori yang sebelumnya yg memesan selalu dapat sesuai yang dipesan atau kurang dari yg dipesan?untuk ori 006 ini papakah akan seperti itu juga?
    Thank you so much…saya belum pernah beli ori sebelumnya

    • alinaprimasari

      @ Rico

      Bisa saja Philip Securities membantu salah satu dari 20 agen penjual untuk menjualkan ORI006 ini.
      Perbedaan beli antara perusahaan sekuritas atau di bank tidaka ada. Namun untuk belinya lebih baik di mana sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu.
      Apa yang disurvey? Tentu saja fee atau biaya yang timbul. Biasanya untuk setiap agen ada biaya kustodian yang besarannya berbeda-beda.

      Untuk penjatahan, selama ini dari ORI001 hingga ORI005 dan Sukuk Ritel, semua pemesanan dilaksanakan atau tidak ada pemotongan oleh pemerintah. Jadi berapapun yang kita pesan asalkan, selalu dipenuhi.
      Nah untuk ORI006 ini mudah-mudahan seperti itu juga.

      • Rico

        kemarin saya tanya di philips katanya tidak ada biaya kustodian..
        apakah memang bisa ya tidak ada biaya kustodian gt??
        kalau di bank mandiri gt apakah ada pengalaman di ORI sebelumnya ada biaya kustodiannya?
        Thanks for infonya ya

  10. Galih

    Lin, tanya dunks…
    Apa investor asing juga bisa membeli ORI? apa ORI hanya diperuntukan bagi investor lokal?
    soalnya kupon ORI kan lebih besar dari SUN.

  11. siswanto

    Kalau sewaktu-waktu mau di jual bagaimana?
    temen saya bli sukuk ritel di BNI securities, jual nya susah. Ada yang punya pengalaman?

    Terima kasih.

    • alinaprimasari

      Pak Sis

      Menurut pengalaman saya, jika Sukuk Ritel atau ORI yang kita miliki kurang dr 50juta memang susah dalam menjualnya. Jadi jika berinvestasi di 2 instrumen ini lebih baik tujuannya hold hingga maturity karena memang kurang liquid.

  12. maaf hanya mau tanya saja.. (boleh kan?!)
    saya punya sedikit invest di ORI004 dan RD. yg di RDS syariah saya kurang puas dengan performanya (saya pake one-shot saat okt 2007).
    saat ini saya membutuhkan dana mendesak.
    sebaiknya yg dijual ORI atau RDS ya?
    klu jual ORI004 nilainya saat ini berapa ya? dan di bank mandiri kena biaya berapa lagi?
    terima kasih tanggapannya…

    • alinaprimasari

      Mbak Ruly

      Untuk kebutuhan dana yang mendesak seperti ini, lihat lagi likuiditas kedua instrumen investasi yang dimiliki. Jika ORI004nya tidak sulit untuk dijual saya menyarankan lebih baik menggunakan ORI004nya. Tapi jika menjualnya susah, ya RDS syariahnya yang dijual.

      Klo ORI004 harga terakhir sama dengan harga par (100). Untuk biaya penjualan saya kurang tahu berapa, mungkin ditutup dari spread harga yang lebih murah dari harga pasar.

      *performa RDS Syariah saya juga kurang memuaskan nih (curhat colongan)

      • Galih

        Alhamdulillah performa RDS saya stabil bagus ^_^
        Ternyata emang penting menganalisa produk RDS dulu sebelum terjun…

      • konobe

        Jadi ngiri ni yang punya banyak pilihan RDS ^^ Secara saya mencoba strict di syariah dan beli via commbank, jadi kerasa banget minimnya pilihan😛

      • iya.. saya juga cenderung begitu.
        gak ada yg punya pengalaman jual ORI ya?

        btw, yg masuk daftar efek syariah kan sebenernya perusahaan yg bagus (rasio utang, etc..) tapi kebanyakan kok performanya “kurang bersaing” ya?

  13. dhika

    Saya ada rencana masuk di ORI 006 lalu bunganya saya buat beli RD bulanan,

    tujuannya sih memutar dana nganggur nih..

    Saya ingin putar kupon ori ke RD Saham, gimana senior2 ?? masih baru nih…

    trims

    • menurutku ide yang bagus banget tuch. daripada dana nganggur. mending dananya kerja. kasian tuh pengangguran udah banyak.🙂

    • Galih

      Saya numpang komentar yah….
      Kalo ingin kuponnya di putar di RDS brati paling gak dhika harus invest 150 juta di ORI 6 untuk dapat penghasilan kupon 1 juta/bulan untuk dimasukan ke dalam RDS.
      Yah ini gambaran saja, jika dhika ingin memasukan 1 juta perbulan di RDS
      perhitungan berdasarkan info besarnya kupon yang kita terima (dari itung2an sdri Alin)

      mohon koreksi jika ada itung2an saya yang salah

    • konobe

      why not, malah bagus untuk optimalisasi dana. Apalagi RDS sekarang sudah banyak yang minimum subscriptionnya cuma 100rb🙂

    • alinaprimasari

      Wah dah pada pinter nih…

      Saya sendiri telah mempraktekkan cara tersebut, tapi dengan menggunakan Sukuk Ritel. Jadi setelah bagi hasil Sukuk Ritel keluar tiap tanggal 25, saya belikan RDS setiap tanggal 28.
      Kebetulan Sukuk Ritel saya simpan di Mandiri dan RDS saya beli dengan program Instalment Plan. Jadi ga perlu repot tiap bulan beli, udah otomatis kedebet sendiri.

      Beli RD bisa Rp 100rb kok per bulan. Jadi beli ORI006nya cukup Rp 15 juta saja. Tapi klo lebih juga gpp. Ini kan cuma hitungan matematis saja. Dengan membeli ORI006 Rp 15 juta maka kita dapat kupon tiap bulan sekitar Rp 100rb.

      • Iya nih aku pake uang dari sukuk-ku utk jajan. Not a good idea ya.😛 Jd belajar dg tmn2 disini mending uangnya buat di-invest lg ya.

      • wah… very good idea…
        sayang lagi butuh dana…

      • Galih

        Wah manteb banget ini Alin,
        setelah saya pikir2 emang sukuk ritel yang paling optimal untuk muterin dana dari obligasi ke RDS. sayangnya saya telat masuk ke sukuk ritel waktu itu, karena dana blum turun.
        jadi akhirnya cuma bisa masukin ke RDS deh, padahal saya pengen kaya strateginya Alin tuh, semoga besok2 bisa nemu lagi instrumen investasi yang ngasih hasil yang atraktif kaya sukuk ritel ^_^

  14. setio

    Ma’af Bp/Ibu moderator jikalau saya salah ruangan, tapi hanya menumpahkan uneg-uneg saya. Di teks baris tv swasta tertulis ori hari ke 4 sudah ada penawaran sebanyak 2,7 t, yang saya kesankan pemerintah sepertinya bangga sekali kalau jualannya laku. bukankah seharusnya pemerintah prihatin dg kondisi demikian. Hal ini kan berarti : 1; liquiditas semakian ketat karena uangnya paling tidak u 3 tahun tertahan di pemerintah yang peruntukannya tidak jelas. 2; Daya juang rakyat Indonesia lemah karena tidak mau berusaha di sektor ril. 3; berarti para tunakarya harus siap untuk menunggu lebih lama lagi u berkarya.Terima kasih.

  15. Aji

    Salam kenal, maaf saya coba numpang comment.

    @pak setio
    Ya saya setuju, sebenarnya dengan ORI ini agak mengganggu keseimbangan supply dan demand uang di pasar uang antar bank. Saat ini BI sudah mati-matian nurunin suku bunga BI rate untuk menekan suku bunga kredit yang masih bertengger di atas 10%. Dengan ORI ini, perbankan akan kesulitan kembali menekan cost of money yg akan disalurkan ke kredit.
    Mengenai uang itu masuk ke pemerintah, saya yakin pemerintah juga akan menyalurkan uang itu kembali ke sektor riil dalam bentuk pendanaan proyek infrastruktur.

    Kupon ORI006 ini memang tidak sebesar yg diharapkan oleh banyak orang (misalnya 10%), Pemerintah sudah memperhitungkan yield curve di sektor 3 tahun yang seminggu lalu memang pergerakannya di level 7,5%-8%. Jadi kalau kuponnya 9,35%, dijual di par, pemilik ORI akan mendapat YTM 9,35% p.a. Yield ini cukup tinggi dibandingkan dengan current yield 3 tahun.

    Apakah ORI006 menarik?
    menurut saya sih cukup menarik bila kita asumsikan tingkat BI Rate masih ada ruang untuk turun lagi. Kemungkinan penurunan BI Rate di masa mendatang masih cukup besar, mengingat ekspektasi inflasi masih cukup rendah dan kalau kita lihat suku bunga USD juga masih akan berkisar 0,25% sampai dengan proyeksi akan terjadi kenaikan sekitar Q3/2010.

    Apakah bisa menjual ORI di pasar sekunder secara mudah?
    Dari pengalaman kalau menjual dengan nominal kecil misal 5jt bisa saja cuma spread harganya sangat lebar bisa mencapai 100bps. Kalau jumlah yg dijual sekitar 1-5milyar, spread tsb akan menurun hingga 10-30bps. Saya sarankan beli ORI dari perantara/penjual ORI yg berhasil menjual dengan jumlah tertinggi. Biasanya mereka mempunyai pengalaman dan cadangan dana cukup besar untuk menampung penjualan2 ORI nominal kecil dari nasabahnya.

    Mudah2an dapat bermanfaat. Terima kasih.
    Aji
    keloladana at gmail dot com

  16. setio

    Terima kasih Pak Aji atas tanggapannya tapi saya tidak tertarik dengan ori 6, saya prefer ori yang sebelumnya, yang sedang discount atau saya pinjamkan uang saya untuk modal dagang di lingkungan saya,sekalian mencari pahala.

    • Aji

      Sama-sama pak Setio. Pendapat saya sih semua ORI menarik untuk dikoleksi asal kita tahu strateginya. Syukur saya mendapat banyak manfaat dari terbitnya ORI tersebut, dan hasilnya bisa saya manfaatkan untuk membantu sesama seperti Pak Setio juga. Siapa tahu suatu saat Pak Setio atau rekan lain tertarik mendalami ORI, saya siap membantu.
      Sukses selalu buat Pak Setio.

  17. siip pak postingannya memang banyak macam investasi,,properti,,dan ORI adalah bentuk investasi yang paling aman karena negara yang menanggung,,sebab itu memang berbeda dgn deposito yang bisa jatuh tempo 1 bulan sekali terkadang ORI mempunyai jatuh tempo yang lama sehingga kalo memang mau invest jangka panjang lebih baik dgn ORI karena program ini memang di peruntukkan untuk investasi…yang efektif

    salam

  18. anakbetawiasli

    wah telat neh. Dananya dah keburu buat beli rumah & indomart.
    Mo tanya, kalo dana investasi untuk tujuan biaya pendidikan anak sebaiknya di deposito ataw RDPT ataw ORI? Thanks buat semuanya.

    • Tergantung dana pendidikannya utk digunakan kpn pak?

      • anakbetawiasli

        Rencananya sih kalo bisa buat sekarang dan seterusnya. Yang masih jadi pertanyaan seputar untung-ruginya. Deposito, jelas lebih rendah yieldnya, tapi lebih fix. Sedangkan ORI, RD atau sukuk khan banyak variablenya dan masih kena potongan ini-itu dan tax-nya ganda pula…cmiww.

      • kalo tujuannya mendapat hasil tiap bulan yang tetap mending cari yang lebih besar yield-nya ya tentunya setelah mempertimbangkan berbagai macam potongan dan pajak kan.

  19. ito

    @ Alina, sy koq ada pendapat ttg ORI ya:

    Kalo memang minat invest di ORI (hold to maturity) apakah tidak lebih baik menunggu RD Terproteksi yg biasanya diterbitkan oleh MI 2 – 3 bln stlh launching date?
    Keuntungannya:
    – Return lebih tinggi : krn masih ada fasilitas bebas pajak
    – Tidak ada biaya penyimpanan

    • alinaprimasari

      @ ito
      Boleh saja kok, ada nilai plus minusnya. Namun yang harus diperhatikan jika membeli RD Terproteksi :
      – Return tidak selalu bisa lebih tinggi bisa jg tidak ada return (jadi pokok saja yang kembali).
      – Biaya penyimpanan memang tidak ada, tapi akan muncul biaya-biaya yang lain (manajemen fee, subscription fee, dll)

  20. newco

    ada yg tahu kapan bukti ORI 006 terbit??

    • alinaprimasari

      Bukti kepemilikan ya mas?
      Klo ga salah 1 bulan setelah penerbitan akan diberikan oleh setiap agen penjual kepada investor.
      Ditunggu saja mas, atau mungkin pembaca yang lain ada yang sudah dapat?

  21. Anis

    @all
    Sdikit sharing waktu ori 005launch ak coba ambil 20jt di bca.ga kena biaya apa2 tuh…cuman materai n cantumin rek bca sbg tempat masuk kupon bulanan.nah sebulan lalu sy btuh duit dan pgn mencairkannya otomatis pasar sekunder kan??sy hy tengok sekilas di infovesta saat it berapa dan klo ga salah di 103%…wah kebetulan kan paling gak nilaiy gak turun malah naik(kupon otomatis masuk rek tiap bulan).langsung ke bca mengisi form n kena biaya 20rb(pembelian n penjualan ori di pasar skunder 20rb, tp gak tau apakah sama di semua bank n MI)…selesai dana masuk ke rek 2 hari kemudian…n yg menarik saat in kondisi ori006 berada di 96%.nurut saya saat yg pas buat beli dipasar skunder….n klopun ga naik2 nantiy toh kupon berjalan terus n tggu jatuh tempo aja biar pasti 100%.kecuali ditengah jalan nilainya naik lagi ya jual lagi…feel free lah

    • newco

      dapetnya memang 103% atau ada potongan lagi…
      ORI termasuk likuid gak??
      mo jual, langsung bisa hari itu juga ya??

      btw bukti kepemilikan ORI006 gw sudah dapet hari kamis

    • san

      kalo setau saya (ga pengalaman sih cuma sempet tanya ke bank2 penjual ORI) harga di infovesta itu ga sama dengan agen2 penjual. kadang ada spread harga. Kalo masalah penjualannya likuid atau engga kayaknya itu tergantung berapa banyak yang mau kita jual. Kalo yang ritelan atau kecil2an masih bisa kayaknya agen penjualnya menampung dan bisa terjual dengan cepet. Tapi kalo gede jumlahnya kayaknya ya.. rada susah gitu deh. dari ceritanya Anis kayaknya kok ORInya di trade yah??? menguntungkankah? Kalo kita beli ORI yang sedang berjalan misalnya harga 96% pun kan ada biaya kupon bunga berjalan yang mesti diperhitungkan? Maaf kalo matematika saya rada susah kasih angka konkrit untuk bisa jadi bahan pertimbangan😀

  22. fahmi aulia

    Ad yg jual ORI 006 ga? Aq mau beli…hubungi ke email aq yah,famii19@yahoo.com
    Makasih…

  23. fahmi aulia

    Mau numpang tanya..
    Ad yang tau apa ngga ORI 007 kapan terbitnya,siapa tahu ada yg dapet bocoran gitu
    Soalnya kmaren saya sudah tanya2 ke 2 bank BUMN
    Harga ORI 006 saat ini sudah mencapai 103% karna sudah masuk pasar sekunder..dengan dana yg akan saya invest ke ORI 006 ini saya harus menambah 30jt lg,siapa tahu ada yg punya info ttg kpn ORI 007 keluar..jadi saya bisa membeli yg ORI 007 saja
    Terimakasih dan mohon infonya

    • alinaprimasari

      Untuk ORI007 belum ada bocorannya kapan akan keluar. Sebagai alternatif, Fahmi bisa berinvestasi di Sukuk Ritel 2 yang akan (SR002).

      Sukuk Ritel kedua ini akan ditawarkan pada 25 Januari-5 Februari 2010. Penjatahan dilakukan pada 8 Februari dan terbit pada 10 Februari.

      Namun untuk besar kuponnya berapa akan ditentukan pada 21 Januari 2010.

      • Galih

        Lin, nanti dibuatin artikel tersendiri yah kalo kupon Sukuk Ritel 2 dah diumumin. kali aja berminat.
        Soalnya dulu waktu sukuk ritel 1 ketinggalan berita saya. Melihat dari kondisi BI rate kemungkinan kupon SR002 akan lebih kecil dari SR001

      • alinaprimasari

        Iya akan saya buat artikelnya, meskipun sekarang sudah ada beberapa informasi mengenai SUKUK RITEL 2 ini, namun informasi yang paling penting belum ada, yaitu besar kuponnya.
        Sesuai jadwal besarnya kupon akan diumumkan 21 Januari, begitu diumumkan saya akan buatkan artikelnya.
        Saya yakin untuk kuponnya akan jauh lebih kecil dari SR001, kemungkinan dibawah 10% tp kita tunggu saja pengumumannya.

  24. fahmi aulia

    Lin mau nanya’ neh (buat smua jg)
    Bbrp hari lalu saya uda dateng ke mandiri,dan mandiri masi punya persediaan 3,6M untk ORI006 dan saya ingin invest 1M dgn harga sekunder di mandiri 102,75% dan bunga 0,11%
    Berarti saya harus mengeluarkan uang tambahan skitar 30jt,dan misalkan nanti ketika jatuh tempo pada bln agustus 2012 hrg ORI006 sebesar 110% apakah saya mendapat uang kembali 1m 100jt atau tetap 1m sesuai dengan yg saya beli?
    Mohon bantuannya,trimakasih

    • setauku kalo udah jatuh tempo pasti dibayarnya 100% aja walaupun harga pada saat kita beli kita bayar 110% atau 90% atau berapapun.

    • alinaprimasari

      fahmi,

      Untuk bunga 0.11% itu bunga apa ya?
      Ketika jatuh tempo nanti uang yang akan dikembalikan ke kita adalah sesuai dengan jumlah ORI yang dibeli. Jadi, jika kita beli ORU006 sebanyak 1M, maka nanti uang yang dikembalikan juga sejumlah 1M.

  25. Kenapa sih pada seneng ORI…? Padahal kalo ngelihat kondisi makro ekonomi kita tahun2 belakang ini relatif stabil. Menurut saya lebih baik unves di reksadana saham aja. Kan yield (?)nya lebih tinggi…?

    • alinaprimasari

      Rozie,

      Tujuan orang berinvestasi bermacam-macam, oleh karena itu instrumen investasi juga bermacam-macam.

      Saya sendiri termasuk investor obligasi negara jg, bukan ORI tapi Sukuk Ritel. Kenapa saya memilih investasi di instrumen ini?

      1. Untuk diversifikasi.
      Saya memiliki berbagai produk investasi, Reksadana Saham dan Sukuk Ritel termasuk di dalamnya. Untuk proporsinya berubah tergantung kondisi ekonomi.

      2. Tujuan Investasi.
      Investasi ORI merupakan investasi yang aman, ketika investor menginginkan berinvestasi dalam jangka pendek dan aman, ORI merupakan pilihan yang tepat.

      RD saham bisa memberikan yield tinggi, namun hati-hati RD saham juga bisa memberikan lost yang tinggi pula.

  26. fahmi aulia

    0,11 itu kata mandiri sih biaya..gatau lg deh biaya apaan,klo aku tanya di BNI harganya 103% dengan biaya 50rb..tapi rencana aku ingin langsung hubungan dengan bagian treasury-nya aj deh biar dapet special rate gt
    Jadi rugi dong yah klo aku beli sekarang ini..mendingan aku tunggu Sukuk Ritel 002 atau ORI007 aja yah…
    Makasih buat jawabannya

  27. Nurul

    Mo tanya nie sy br mo mulai investasi kecil2an apakah bisa investasi di ORI/Sukuk? Mohon bantuannya ya… Skg sy msh kuliah jd dananya sebatas tabungan aja tdk byk ^^

    • san

      tujuan investasinya buat apa dulu? buat bayar kuliah beberapa tahun kemudian, buat persiapan pensiun atau buat semacam tabungan dana darurat?

  28. tallasa

    q pengen beli ori 006 masih ada gak ya?

    • newco

      tanya aja langsung ke agen penjual-nya
      ada kan list-nya di atas..
      tentang harga, biaya dll bisa langsung tanya..
      klo emang sudah nasabah (bank), lebih enak lagi tanyanya.
      bunga lebih tinggi dikit dari deposito, lebih safety juga..
      tapi dari pengalaman ORI/Sukuk gak terlalu likuid..
      kemaren2 aja mo jual, masih ribet banget. akhirnya jual yg reksadana

  29. tallasa

    ori oo7 terbit kapan ya? bayar royalty gak ke pemilik 007?

  30. tallasa

    pengen beli ori 007 tolong di info klo udah ada ya… trims

  31. melldori

    Ori007 dah keluar dengan bunga imut 7,95. masih lebih tinggi dari deposito sih.
    dibandingkan dengan deposito karena menurut saya sama2 termasuk investasi “aman”.

    walau ORI lebih stabil karena bunga tdk fluktuatif.
    bisa dijual di pasar sekunder kalau kepepet, mudah2an lebih tingi dari pada harga beli, 2 hari cair.
    saya sih berminat dengan ORI karena tdk punya komparasi lebih baik di investasi kelas ini.

    ada yang bisa kasih info untuk bank yang biaya servicenya (jual, beli, kustodian) paling kecil.

    denger2 ada juga yang nga pake biaya service tapi diumpetin di harga ORInya, ogah kalo gitu mah

  32. meme

    bu alina (or siapa aja yg mengerti), mau tanya kl mau beli ORI 006 di psr sekunder, minimal transaksi berapa ya? apa msh boleh 5 jt spt pembelian di psr perdana?
    thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s