Apa itu JanganSerakah.com

Jakarta, 31 May 2008

Blog “Jangan Serakah” ini merupakan sebuah blog yang membahas berbagai topik tentang Investasi. Pembahasan dalam blog ini akan kental dengan warna aliran Value Investing. Bagi yang belum mengenal aliran Value Investing, aliran ini dipelopori oleh Benjamin Graham, seorang investor dan pemikir ilmu investasi. Salah satu nama besar yang menganut aliran ini adalah Warren Buffet, investor no. 1 di dunia saat ini, yang dengan investasinya menduduki posisi orang terkaya di dunia.

Untuk yang tertarik untuk mempelajari Value Investing, bisa memulai dengan membaca buku “The Intelligent Investor” karya Benjamin Graham. Warren Buffet dalam suatu interview mengatakan bahwa buku ini merupakan buku terbaik tentang Investasi.

—–oOo—–

Apa itu Serakah?

Greed, for lack of a better word, is good. Greed is right. Greed works. Greed clarifies, cuts through, and captures the essence of the evolutionary spirit. Greed, in all of its forms, greed for life, for money, for love, knowledge has marked the upward surge of mankind

Gordon Gekko (Wall Street)

Mungkin sebagian pembaca blog ini pernah mendengar potongan dialog dari film “Wall Street” yang saya kutip di atas. Gordon Gekko, sang tokoh fiktif dalam film ini, mungkin adalah salah satu “pendukung” ke-serakah-an yang paling populer. Bagi Gekko, keserakahan, dalam berbagai bentuknya, keserakahan untuk uang, keserakahan untuk hidup, keserakahan untuk cinta dan keserakahan untuk pengetahuan merupakan penyebab utama kemajuan umat manusia.

Apakah benar seperti kata Gekko, Serakah itu baik? Sebenarnya apa itu Serakah? Salah satu definisi Serakah yang umum dipakai adalah

Hasrat atau keinginan yang eksesif/berlebihan untuk sesuatu.

Dalam definisi di atas, kata yang perlu kita garis-bawahi adalah “eksesif/berlebihan”. Setiap orang tentunya mempunyai kebutuhan dan juga keinginan. Adalah suatu hal yang wajar jika kita ingin lebih pintar, lebih cantik, lebih kuat, atau juga lebih kaya. Tetapi tentunya bukan sesuatu yang wajar ataupun sehat jika keinginan-keinginan semacam itu kita ikuti secara berlebihan/eksesif. Segala sesuatu yang eksesif dan berlebihan akan selalu menimbulkan ekses dan dampak yang negatif. Bahkan hal-hal yang “baik” pun jika dilakukan berlebihan malah akan berbalik menjadi “tidak baik”.

Sebagai contoh, setiap orang perlu oksigen untuk hidup. Tetapi terlalu banyak oksigen akan menyebabkan keracunan oksigen. Semua orang tahu bahwa banyak minum air putih bagus untuk kesehatan. Tetapi terlalu banyak minum air putih pun bisa menyebabkan Hyperhydration yang bisa berakibat fatal. Manusia perlu makan, tetapi terlalu banyak makan mengakibatkan obesitas dan berbagai penyakit lainnya. Olahraga itu menyehatkan, tetapi terlalu banyak olahraga malah bisa menimbulkan cedera.

Demikian juga dengan sifat Serakah dalam menjalankan investasi. Sifat Serakah cenderung membuat seseorang mengadopsi perilaku investasi yang kurang baik. Dalam upaya menuruti keserakahannya, orang itu bisa dengan mudah dibutakan oleh janji-janji tingkat keuntungan yang fantastis, yang berujung kepada tindakan Spekulasi atau bahkan lebih parah lagi, menjadi korban penipuan.

(latar belakang lahirnya blog ini..)
(kembali ke halaman utama..)

13 responses to “Apa itu JanganSerakah.com

  1. Jadi kesimpulannya ngeblog juga jangan serakah yaa….. yang sedang2 saja yang paling aman…..

    Ok deh… terims ya telah mampir di blogku!🙂

  2. maaf mas pd salah satu artikel blog sy ada yg meriew blog ini namun kemudian ada salas seorang temen, tigis, menanyakan satu pertanyaan yg sy pribadi ngak bisa jawab. kira kira bgini komentar dia :

    “Tertarik ama judulnya. Gue agak bingung dgn dikotomi itu. Krn di mata gue selama ini investasi sebagian besar memang spekulasi. Kecuali kalo cuman invest di bank dgn bunga yang tetap sepanjang tahun.
    Dgn kata laen, di mata gue, kalo ga pengen berspekulasi ya silakan invest saja di bank. Atau mgkin beli emas (tigis)”

    so, jawabannya apaan ?🙂

    ps : kalau udah dijawab semoga dikasih tau ke email sy yah…biar sy bisa masukin jawaban mas ke blog sy…atau malah mas aja langsung jawab pertanyaan dia🙂 please please please

  3. Sudah saya jawab di blognya mas umiuw. Thanks ya utk supportnya..

  4. makanya kalau orang Islam diperintahkan oleh Nabi Muhammad supaya makanlah setelah lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

    berarti janganserakah itu baik sekali ya.

    Thanks.

  5. poppy andjarwani

    Jadi yang buat blog tidak serakah dong, jadi yang buat blog baik ya.

    Edison: Yg membuat blog cuma manusia, bukan malaikat.🙂 Menulis blog ini bukan sekedar utk mengingatkan orang lain, tetapi juga untuk mengingatkan diri sendiri.

    PS: Meskipun tidak sempurna, tetapi yang buat blog lumayan baik kok orangnya (at least begitu kata anak saya)🙂

  6. Ekou

    Tindak Kejahatan krn tndakan yg brlebihan ?
    Gmn mnrut anda?

    Edison: Kalau ini mungkin sudah keluar agak jauh dari topik pembahasan blog🙂

  7. ekokuntadhi

    Setuju dengan judul blog ini. Seperti kata-kata Gandhi. “Kekayaan bumi masih cukup untuk menghidupi semua manusia, tetapi tidak akan sanggup memenuhi semua keserakahannya…”

  8. WAH NGAK SERU KOK NGAK DI BAHAS LAGI IMF. saya liat cuma blog ini yang anti imf d halamn 1 yg lain iklan ma forum, emang strateginya keren tp bodoh, loooo kok bisa …. See You….

  9. Romario

    hmm..
    iya, saya pernah baca bahwa buku The Intelligent Investor karya Benjamin Graham adalah senjata pamungkas smua investor…hehe….
    wah, jadi pengen bli

  10. Bagus banget desain blog-nya ya? kesan klasik dan unik gitu…

    Yap berlebih – lebihan memang buruk dan jelek, namun kadang saya memiliki kecenderungan untuk hal ini, yaitu kadang extreme.. namun bukan berarti saya serakah.

    berlebih – lebihan dalam mencintai dan membenci, itu buruk namun gimana lagi ya?

    ada solusinya?

  11. bayu.s

    saya setuju sekali dgn jangan serakah.hal ini untuk mengingatkan kita bahwa kita hidup tidak sendiri dan harus berbagi dengan orang lain.keserakahan akan menimbulkan kehancuran,karena akan memperlebar jurang antara si kaya dan si miskin.ingatlah hidup hanya sekali,berbuatlah kebaikan dan JANGAN SERAKAH

  12. jadilah orang yg bijak dari pada jadi orang yg serakah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s