About me

 

webed1Who’s Edison? He’s an Investor and a student in the art of Investing. He stumbled upon value Investing after a few year of aimless wandering in the realm of investing, which truly changed his perspective on investing.

His journey :

1994-1998: University days, served as assistant lecturer (Indonesia : asdos) for a few semester. Dissatisfied by the prospect and economic benefit of “education career”, he quit the post.

1999: Started his own trading business with his future-wife.

2001: After the first business is pretty much stable, started another business venture which failed, but from which he learnt tons of stuff.

2002: Started his journey in the investing world. About 2 years later, he found “The Intelligent Investor” and Value Investing

2003: Left the trading business in his wife’s care to manage his father’s new  P.E.T bottle-plant.

2008: The bottle-plant running quite smoothly now, he’s starting his apprenticeship in the Shipping and Maritime Industry.

What’s there to know about him?

3 things you can always find in his bag : a copy of “The Intelligent Investor” (a good read and also a great emergency pillow), a harmonica (to scare away hot women with) and 3 juggling balls (Great for relaxing your mind, and wonderful icebreakers with kids)

3 most played songs on his iPod : Una limosnita por amor de Dios (a classical guitar score by Mangore), Canon in D (Classical Music by Pachelbel, or check out the electric guitar version), and Under Pressure (Queen and David Bowie)

3 things he’s most afraid of : height, blood and cow extinction (he loves his beef)

3 famous person he would like to have dinner with : Mother Teresa, Benjamin Graham and Buddha

3 things that he wish he’s better at : playing guitar, investing and mandarin.

3 places he wish to go to before turning 40 : Lhasa, Old Trafford and Greece

 

 

 

You can contact him at edison@janganserakah.com or buzz him on Yahoo Messenger : tpu76@yahoo.com (don’t send any email to this Yahoo address as he rarely checks it)

 

69 responses to “About me

  1. halo Bro,
    gua ngikutin thread lo tp gak pernah post.
    Salut banget deh dengan segala macam yang lo tau.

    Kalau boleh tau, lokasi lo di mana?
    Terus buku2 soal investing yang menurut lo berpengaruh besar ke diri lo selama ini apa aja? Tentunya selain buku Intelligent Investor.

    Thanks!

  2. edison76

    hallo, thanks buat mampir di blog. Lokasi saya di jakarta.

    Bacaan investasi lain yang pengaruhnya besar terhadap pola pikir saya terhadap investasi : laporan tahunan Buffet kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. Saya punya buku kompilasinya, dan sangat bagus buat dibaca.

    Banyak buku lain yang saya suka, tetapi topiknya bukan terbatas ke investasi.

  3. Bro, saya kemaren sempet baca buku “Against The Gods” nya Peter Bernstein. Bagus lho.

    Cerita tentang spekulasi abis yg dimulai dari jaman dulu sampe skrg :p

    Btw, congratz for ur new blog 🙂

  4. edison76

    hallo bro dunkz, thanks, sekalian congrats juga buat blognya bro. Saya juga lagi hunting buku baru…lagi mikir mau beli apa, nanti pas July ke Singapore mau borong buku lagi…

  5. Salam kenal… lagi belajar soal reksadana nih, newbie… selama ini jadi pembaca setia aja di kaskus 🙂

  6. edison76

    Hallo sis, salam kenal juga. thanks buat ngunjungin blog ini ya. Semoga sukses dengan investasi reksadananya

  7. red devil

    Hallo bro, salam kenal.
    Makasih sdh ngasih pencerahan untuk tidak jadi belajar option sehabis baca baca tread bro, mending pelototin saham aja deh.

  8. edison76

    Hallo bro Red Devil.

    Menambah pengetahuan tentunya bukan hal yang jelek. Belajar option itu bukan hal yang jelek juga. Hanya saja saya sangat skeptis terhadap berbagai workshop option yang ditawarkan orang-orang. Saya pribadi dulu pernah mengikuti satu workshop option dan saya merasa mendapatkan manfaat yang lebih besar dari membaca literatur dan buku (dan juga jauh lebih murah)

    Memang perlu diingat bahwa option sendiri unsur spekulasinya sangat tinggi dan boleh dikatakan tidak bisa dimasukkan ke kategori investasi. Sebelum masuk ke dunia spekulasi dengan option, kita tentunya harus bertanya apakah kita sudah mempunyai investasi di saham dan obligasi, mengingat saham dan obligasi adalah 2 kelas aset utama utk investasi dalam instrumen keuangan.

  9. boemz

    wah,br liat blognya neh..
    tp G sring ngikutin tulisanny di thread..
    btw,kyny kesukaanny sm neh..
    sm2 sk MU n Queen..
    hakhakhakhakhak.. maaf OOT..
    congratz 4 blog..

  10. edison76

    thanks bro atas supportnya.

    GGMU!! 🙂

  11. Hai,

    Salam kenal pak Edison, blognya bagus dan inspiratif sekali. Saya juga senang mempelajari value investing. Boleh kapan-kapan mampir di blog saya, ada beberapa tulisan juga soal investasi yang saya lakukan. Thx

  12. edison76

    Salam kenal dan thanks utk supportnya bro. Senang bisa ketemu teman “satu aliran”. Nanti saya pasti mampir di blog bro..

  13. Rachmat

    Hi Edison,
    Glad to know someone with the same value-investing principle, so now we can be friends in discussing this topic further…
    I’m also a fan of Benjamin Graham’s book (I even buy his 1936 book of Security Analysis, – thicker than the Intelligent Investor, more like a value-investing textbook to me).
    I knew Ben Graham by reading Warren Buffet’s story.
    Do you know if I can get a copy of your book of compiled Warren Buffet’s letter to Berkshire’s shareholders?
    Thanks – Rachmat.

  14. edison76

    hi bro Rachmat, thanks for visiting my blog. It’s always a great pleasure meeting another Graham’s student 🙂

    The compiled buffet’s annual letter that i had is titled “The Essays of Warrent Buffet : Lessons for Investors and Managers”, by Lawrence A. Cunningham. Revised Edition. This book was also recommended by Buffet himself as the book he would read if he was to pick one from the dozens written about him.

    I bought the book in Singapore (quite pricey, S$150). Frankly i don’t know which bookstore in Indonesia store this book, however i would try Kinokuniya first if i were you.

  15. kilikitik

    happy family 🙂 , very good & nice blog

    selamat deh…….untuk blognya , tambah salut aja untuk berbagi ilmunya…..

    🙂

  16. hi bro kilikitik, lama tidak kelihatan di thread, ke mana aja?

  17. Hello Bro salam kenal…
    Menarik sekali mengikuti tulisan di blog mu. Lugas, fresh dan berbobot.

    Tentang Value Investing yg kmu angkat dan mjd point penting di blog ini banyak membantu gw dlm berinvestasi. Value Investing yg diajarkan Ben Graham baru gw pahami sebatas dari sisi psikologinya. Karena gw blom pernah mempelajari secara serius bukunya dan bru bisa melihat contoh nyata dari penganut Value Investing yg sukses yaitu Warrent Buffet. Menurut gw Warrent Buffet sbg penganut ajaran Ben Graham dpt sukses krn dia punya emosional yg baik. Tetap memakai akal sehat dalam berinvestasi. Dia mampu menempatkan Fear (ketakutan) dan Greedi (serakah/tamak) pada porsinya. Ucapannya yg terkenal “takut ketika org lain tamak, tamak ketika org lain takut”. Dan ada lagi, Kesederhaan dalm gaya hidupnya membuat dia terhindar dari tekanan kebutuhan akan uang dan memberikan pandangan yg luas dalam membangun kekayaan secara perlahan(jangka panjang). Ucapannya yg gw camkan baik2 “diperlukan waktu bagi biji ek untuk tumbuh menjadi pohon”

    Mohon pencerahannya dan dikoreksi kl salah.
    Thanks Bro

  18. Hallo bro nikken… 🙂

    mumpung weekend ada waktu nyantai… mampir ke blog bro nikken….. ijin baca baca lagi ya….

    hmm…. blognya semakin ok aja nich…..keep update aja dech….. =)

    RoxaR

  19. hahaha, ada ada aja bro Roxar ini, masak baca blog pakai minta ijin… By the way, asli blognya bro topiknya spesifik dan dalam banget….saya sampai mesti peras otak bacanya..itupun tidak ngerti-ngerti banget… hahaha

  20. Agung Sedayu

    Helo Bro Edison,
    Salam kenal. Saya “dikenalin” blog ini dari portalreksadana.
    Bagus banget isi blognya ini. Saya masih aja bolak-balik bukunya Ben Graham “Intel Invstr”. Dengan bantuan blog ini bisa lebih paham … dunk.

    salam,

  21. salam kenal juga bro Agung, thanks sudah mampir ke blog ini. Salam juga utk bro Lendi (walaupun sudah terlambat 1 bulan lebih… maaf, kelewatan komennya 😀 )

    • ika

      pak edison kalau boleh tau saham terkenal pada tahun 2009 sekarang ini saham apa ya pak?

      • konobe

        waduh.. pertanyaan berat dan cukup ambigu menurut saya ^^
        coba iseng jawab ah.. kalo cuma saham terkenal, coba cari aja daftar saham2 yang masuk LQ45 kali ya…

  22. Saya baru aja ngikutin thread yang di kaskus. Baru sampe hal. 8 .. ini aja udah berdarah2 bacanya .. huehuehue.
    Saya bener2 salut dengan penjelasan2 dari bro nikken, bener2 membuka mata saya mengenai investasi & spekulasi.

    Omon2, kalo liat tag linenya : Jangan Serakah, saya kok jadi inget komik jadul yang judulnya Crazy Guy. Disitu Jurus Jangan Serakah jadi andalan tokoh utamanya (si Crazy Guy) .. hehehe.

    Edison: Wah, ternyata ada yang seusia saya 🙂 Bisa-bisanya tahu komik Crazy Guy..hahaha.. Sewaktu SMP dulu saya juga suka membaca komik itu. Yang hebatnya lagi bro bisa ingat jurus ‘Jangan Serakah’…. saya sudah lupa sama sekali tentang itu… tapi ketika baca komen ini, jadi teringat kembali… jadi mikir jangan jangan ketika membuat thread Jangan Serakah, itu ada pengaruh ingatan alam bawah sadar saya… hahahaha

    Membaca thread di kaskusnya yg baru atau yg lama? Thread yang baru isinya lebih sedikit daripada thread yg lama (yg lebih penuh artikel). Soalnya waktu dan perhatian saya terbagi untuk blog ini, shg aktifitas di kaskus agak berkurang.

  23. Blazy DK

    wah saya sebagai pembaca dr awal ternyata g pernah post bilang selamat ato apa kek tentang terbitnya “harian ini” ya mudah2an penulisnya tetep produktif post2 tulisan/artikel tiap hari 😀
    n diakhir minggu jangan lupa week in reviewnya ya bro 🙂
    tanks for always sharing :beer:

  24. putrie_kmps

    Sama ni om liem
    Put g pernah ngasih ucapan selamat atas terbitnya “newspaper” Jangan Serakah ini
    Moga2 bisa jadi koran investasi beneran dan menjadi pesaing Bisnis Indonesia ataupun Kontan

  25. Tom

    Bung Edi,

    Tanpa mengintip KTP-nya, menurut anda Warren Buffet dan Ben Graham lebih ke Christian, Buddhist, Moeslim atau Atheis?

    No SARA ya.. Just iseng-2.

    Edison:Berteman sama mas Tom-Tom ini sudah 14 tahun, rasanya baru kali ini saya dipanggil “Bung Edi”… jadi merinding… pertanyaan yg nggak nggak aja…

  26. @bro nikken : Im much older than u thought .. 😀
    Tapi ya begitu lah .. kalo bro mau berkunjung ke multiply saya .. disitu hanya ada koleksi komik .. artinya waktu tidak berpengaruh bagi saya .. dari dulu sampe sekarang tetap penggila komik .. 😀

    Kira2 beberapa minggu yang lalu, istri saya komplain tentang banyaknya koleksi komik saya, dan menyarankan saya untuk ‘berubah haluan’. Trus saya coba beli bukunya Tung Desem, disitu saya baru sadar kalo saya selama ini sudah membuang2 waktu percuma. Kerjaan saya memang cukup menghasilkan gaji yang lumayan, tapi sampe sekarang saya tidak punya investasi apa2 .. 😦

    Dari situ lah saya mulai bergerak ke forbiz kaskus (sebelumnya cuma nongkrong di AMH .. huehuheu) .. baca2 dikit dan akhirnya nyantol di thread baru punya bro nikken (jelas thread yang baru dong, orang baru sadarnya juga baru2 ini .. huehuehue).

    Yang terpenting dan menjadi pegangan saya sekarang adalah 3 prinsip investasi yang bro nikken sampaikan. Ini bener2 bisa menjadi pedoman saya untuk berinvestasi kedepannya. 🙂

    Saya akan menjadi pengunjung setia blog ini maupun thread yang ada di kaskus. Emang progress bacanya agak lambat karena saya baru bisa baca2 setelah jam kerja. Tapi saya sangat antusias dalam mempelajari hal ini.
    Mudah2an dalam waktu dekat saya bisa memutuskan untuk investasi di bidang tertentu, sehingga tabungan saya bisa bertambah dan tidak cuma nganggur di bank .. 😉

    Thanks.

    Edison: thanks atas supportnya. Mengenai hobi komik bro, saya sendiri merasa kalau kalau sekedar hobi, tidak apa apa (kecuali kalau sampai jadi ‘otaku’ 🙂 ) Meskipun dalam hidup, kondisi finansial itu penting, tetapi kita perlu juga belajar utk ‘istirahat’ dan menikmati hidup.

    Sehari-hari, ada orang yg hobi memancing, ada orang yg hobi koleksi motor, ada orang yang hobi audio, dll. Bagi orang yg tidak mengerti hobinya, memang terkadang bisa menimbulkan kesan ‘buang-buang waktu percuma’. Tapi menurut saya, semua kembali kepada ‘balancing’… bisa atau tidaknya menyeimbangkan waktu utk hobi dengan waktu untuk ‘kerja’.

    PS: pernah dengar investing in comic? 🙂

  27. waw! Ternyata ada blog nya.
    Saya sudah baca 1 per 1 yang di kaskus. Ternyata ada blog nya juga…

    Tambah 1 blog bermutu yang harus dipasang di link.

    Selamat kepada pemilik blog.

    Tambah 1 pengunjung setia Anda… 🙂

  28. mo_cab™

    salam kenal bro
    baru baca satu artikel, seterusnya betah klik2 yang lain. artikelnya bagus2, cukup membumi untuk org2 spt saya yg belum melek investasi.

    Sekali2 rekuest donk bahasan ttg asuransi kesehatan 🙂

    Edison: Salam kenal juga, thanks atas supportnya. Requestnya akan saya pertimbangkan 🙂

  29. aldo

    Gw baru bulan lalu nemu blog ini, dan langsung jatuh cinta dgn contentnya yg bukan saja informatif, namun sangat mendalam. Apalagi gw ini termasuk awam dalam bidang ekonomi, blog ini gw anggap sebagai guru gw.
    Kalau bisa ilmu-ilmu ekonominya jg sering2 dibahas ya bung, seperti posting mengenai suku bunga itu. Oiya, ada ga referensi blog2 yg membahas mengenai ekonomi dan investasi selain blog ini?

  30. Mumu

    Hmm..
    Sepertinya bakal jadi pengunjung tetap nih..

    Menyenangkan sekali baca postingan” anda.. Membuka pikiran..

    Salam kenal ya bro..

    (Btw.. Saya juga Pecinta ManUtd.. Glory.. Glory Manchester United..)

    Edison: Salam kenal juga bro, GGMU! 🙂

  31. agungndaru

    salute..! great blog bung. i’m lovin’ it..:)

  32. biru

    Bener juga ya, udah ngintipin blognya tapi ga pernah ngasih selamat. Bro Edison, selamat untuk blognya semoga tambah aktif nulis. Terimakasih atas ilmu investasi yang diberikan, akan sangat bermanfaat untuk saya yang masih bau kencur di dunia persilatan. 🙂

  33. DenBaguse

    Nice blog. Salam kenal

  34. Salam
    Lam kenal blognya asyiek euy sangat2 nambah wawasan thx 🙂

  35. esa

    sangat menarik ulasannya..
    inspiratif dan bisa memperkaya tulisan ekonomi properti saya. kebetulan saya jurnalis ekonomi properti di sebuah surat kabar nasional di Jakarta. Btw kenapa nggak coba mengirim ke media cetak?

    salam kenal,
    esa

    Edison: Salam kenal juga. Sebenarnya tertarik juga mengirim ke media cetak, tetapi kalau ke harian besar, selama ini mental melulu 🙂 Mungkin karena kredensial saya kurang… hahaha

  36. broo , lam kenal , blog loe seh bagus bgt loh tulisannya …

  37. wah senang ketemu blog ini. jarang2 orang indonesia yg suka dengan benjamin graham. saya juga lagi belajar mengenai value investing. sejauh ini pegangan saya masih lebih basic: burton malkiel, jack bogle, william bernstein

  38. AmadNanda

    Blognya keren.. Menambah wawasan..
    Mudahan tetep bisa disampaikan dng tata bahasa yg simple dan tidak memusingkan kaum awam seperti saya.

    Vielen Danke..

    Salam Kenal

  39. Salam kenal bung Edison, blognya mantap.Tadinya saya kirain blog tentang apa isi dalamnya, penasaran saya klik rupanya threadnya bagus-bagus.Semoga sukses..

  40. Een

    Akhirnya….
    Setelah surfing ngalor-ngidul
    ketemu jg ma sesama penggemar Benjamin Graham
    Bro, aku mw nanya
    Kalo qt mw invest in Graham ways itu gmn ya??
    soalnya kebanyakan perusahaan sekuritas/futures itu kan cuma trader aja (speculating,not investing)
    Salam Kenal n JBU

  41. Januar

    Salam kenal ya….

    Jadi pengen nyari buku The Intelligent Investor nih…hehehe

  42. bagus nih blognya bro,
    sering2 update ya bro, hehe
    sukses ye.

  43. mangstab benar n banyak ilmu yang bisa di dapat di blog ini , semoga TS tidak bosan2 share ilmu dan pengalamannya di blog ini

  44. nice blog,,, sukses deh buat blognya…

    ~btw ini blog di hosting di wordpress cuma bli domain sendiri ya???

    Edison: Iya 🙂 Soalnya lebih simple dan tidak repot…cocok utk kebutuhan saya

  45. Salam kenal Bung Edison,
    tampaknya kita memiliki beberapa kesamaan pandangan dlm investing.

  46. Pingback: Advetorial: Genius Laundry-Pusatnya Laundry Kiloan di Ponorogo « Awalbarri’s Blog

  47. soyjoy76

    Halo mas Edison,
    Saya lagi blogwalking pas mampir di blog anda. Tulisan2 anda sangat menarik buat saya dan kebetulan blog saya (totally newbie) juga nyangkut2 sama pembahasan mas. Boleh saya link di blog saya ya. Silahkan mampir di soyjoy76.wordpress.com

  48. lam kenal bro, saya juga tertarik dengan konsep value investing-nya Ben Graham ataupun Warren Buffet. Soalnya saya pernah terjebak dalam kubangan investasi (baca:spekulasi) saham yang ujung2nya bikin bangkrut.

    Ijin dijadiin blogroll saya ya…

  49. halo oom, jangan serakah dan jadilah santun, itu kunci untuk jumawa dan sederhana 🙂

  50. thanks dah mampir ke blog saya. Edison Datang, Manchester United menang Piala Liga 😀 GLory Glory Man United

    EDISON: Wah sesama fans Man Utd?? GGMU!! 🙂 Tidak percuma bergadang sampai jam 2…

  51. sampean TS yang di sticky itu ya 😀

    EDISON: Iya, saya yang memulai thread Jangan Serakah di kaskus…

  52. panda

    salam kenal ya mas edison…
    pengen belajar ilmu investasi dari mas edison, mg2 ada saran dari mas edison agar saya bisa memulainya dari mana…

    salam hangat

  53. ie_wane46

    Salam kenal bung edison….
    Blog ini sangat bermanfaat buat saya dan pekerjaan saya. Mohon untuk selalu di update, terutama untuk wacana-wacana yang sedang berkembang saat ini

  54. JImmy

    Hi,

    Saya sdg tertarik investasi ala Buffett.
    Di mana bisa dapat buku intelligent investornya Graham?
    Ada yang versi Bahasa indonesia nya?
    Thaks..

    • ada pak Jimmy aku udah beli di Gramed tuch. tapi kayaknya tinggal sedikit jd hub aja customer service di tokonya langsung karena ga ada di pajang di rak-nya. kl udah baca. bareng2 belajar ya.

  55. afif

    salam,
    tolong gua nih,
    cariin yang punya dana dan suka membantu orang untuk maju.
    saya pns, gol 2c, sudah berkeluarga dengan 2 anak.
    gaji nggak cukup, korupsi takut, pengen usaha tapi nggak ada modal.

  56. Fenny L J

    Pak Edison,

    Nama saya Fenny. Saya pemula dalam hal investasi.
    Saya berencana untuk investasi di produk reksadana. Saya pemegang polis unit link prudential dan commonwelath life. Tapi sekarang saya mau beli produk reksada langsung.
    Bisa kasih suggest pak cara pilih perusahaan reksadana dan bagaimana cara memilih produk suatu perusahaan reksadana. Saya lihat beberapa perushaan punya lebih dr 1 macam produk misalkan 2 produk untuk reksadana saham.
    Saya juga tertarik dgn indeks (terus terang saya gak punya pengetahuan ttg reksadana indeks tp saya baca beberapa pendapat blogger bahwa reksadana indeks semestinya lebik baik). Saya baca ttg kresna indeks 45, LQ45, indeks syariah.
    Terima kasih.
    Fenny L J

  57. wah,bagus sekali situsnya pak edison,baru tau saya kalo ada situs yang sedetail ini membahas masalah2 investasi. maklum,saya akhir-akhir ini sedang tertarik isu2 seperti ini. 😀

  58. Polar Bear

    halo Akang Edison,

    Saya sangat salut dengan website ini…tapi saya mau nanya bagaimana cara korupsi dengan investasi yang tepat?

  59. Permisi…, blog ini sudah tidak aktif kah? Sayang sekali kalau demikian, soalnya saya termasuk pembaca setianya :).

  60. Dani

    Salam,,nyesel baru mampir sekarang,,dah gitu lama gak di update yah?mudah2an ada tulisan baru lagi,,mencerahkan soalnya,,

  61. Maya

    Knock…knock…Mas Edi, kenapa tidak di update lagi..

Leave a comment