Latar Belakang

Meskipun Blog ini baru lahir pada akhir bulan Mei 2008, mungkin bisa dikatakan bahwa konsepsi dari blog ini terjadi di bulan Februari 2008 ketika saya mulai bergabung di forum Business Board Kaskus. Setelah beberapa hari beradaptasi dengan lingkungan forum itu, pada tgl 24 Februari 2008, saya lalu membuat sebuah sebuah thread yang berjudul “Jangan Serakah, Bedakan Investasi dan Spekulasi”.

Lahirnya thread itu sendiri dilatar belakangi kondisi di forum Business Board saat itu yang sedang “ramai” akibat rontoknya program-program “Fund Manager” yang dijalankan oleh beberapa member forum tersebut dengan mengumpulkan dana dari teman-teman di forum. Kerugian yang timbul akibat program-program “Fund Manager” ini sempat membuat saya kaget mengingat nominalnya yang besar (hingga bilangan Milyar), di mana beberapa korban bahkan menderita kerugian hingga beberapa ratus juta.

Berangkat dari situlah thread itu saya buat dengan harapan bisa menjadi tempat untuk berdiskusi mengenai Investasi dan Spekulasi serta pembedaan di antara kedua hal tersebut. Hal ini saya rasakan sangat penting mengingat bahwa pada saat itu, kebanyakan korban program-program di atas ikut program tersebut akibat mempunyai persepsi yang agak rancu mengenai Investasi. Satu faktor personal yang membuat saya terdorong untuk membuat thread tersebut adalah karena seorang saudara dekat saya juga pernah menjadi korban program investasi gadungan hingga menderita kerugian yang besar (AU$100.000,-).

Thread “Jangan Serakah” dalam perkembangannya boleh dikatakan cukup ramai dan menjadi tempat berkumpul para teman-teman yang memang tertarik untuk berdiskusi mengenai topik Investasi. Beberapa member kaskus yang sudah berkecimpung di dunia investasi pun memberikan kontribusi yang besar dengan berbagi pandangan serta pengalamannya dengan teman-teman yang relatif masih baru di bidang ini.

Pada bulan Mei 2008, forum Kaskus terkena serangan hacker dan berujung pada rusaknya database. Akibatnya segala posting dan artikel hasil tulisan saya maupun kontributor lain hilang, meskipun berkat bantuan beberapa pembaca thread, saya berhasil mendapatkan backup dari isi thread tersebut. Atas dorongan dari beberapa teman, akhirnya saya pun mulai mencoba-coba untuk membuat sebuah blog untuk tempat menampung artikel-artikel yang saya tulis. Lahirlah Blog “Jangan Serakah”.

(kembali ke halaman utama..)

5 responses to “Latar Belakang

  1. salam kenal bro.. sebuah keputusan yang tepat untuk menginvestasikan waktu untuk berbagi dan mengedukasi kita2 yang belum dan baru melek invetasi.. dan memang faktanya banyak orang yang keliru tentang investasi dan spekulasi….

    Kayanya lebih mumpunin baca blog2 dari pada berita di koran atau majalah tentang investasi…di blog lebih tajam dan kritis sekaligus memberikan edukasi

    Salam,

    Kata Mutiara

  2. Salam kenal juga bro aji, saya baru sadar ada komentar di page ini🙂

    Blognya penuh quotes ya? Bisa buat bahan ‘WHAT THEY SAID’ yg sering saya pakai di post saya nih

    Thx buat mampir (padahal mampirnya udah sebulan, thxnya baru sekarang..hahaha)

  3. toto_lutu

    Bro ed..
    Gak ngerti nih mau ditaruh di bagian mana..
    Mumpung pas buka page ini, mau nitip pesan (lagi) sedikit..mumpung belum terlanjur..

    Tampilan blognya sudah bagus… sederhana, informatif dan (yg paling penting) mudah dimengerti oleh orang2 yg awam dengan dunia investasi sekalipun (seperti saya).
    Meskipun saya kadang harus mengernyitkan dahi lebih lebih sering..🙂 (mudah2an kamusnya cepat terisi lebih banyak)

    Yg mau saya ingatkan adalah semua nilai plus tadi jangan ‘dikotori’ dengan isi yg tidak perlu.
    Misalnya gambar (yg besar), audio, animasi/video..
    Apalagi jika dipenuhi iklan..

    Pemberian gambar untuk mempermudah ilustrasi jika dirasakan memang perlu sebaiknya menampilkan link atau preview dalam bentuk thumbnail.
    Gambar aslinya (apalagi kalau besar) disimpan di tempat lain saja.
    Ini dimaksudkan agar orang yg ingin membuka blog ini tidak mengalami kesulitan karena lamanya waktu loading…terutama yg bandwidthnya mini..(saya ngacung lagi deh)

    Sebaik apapun apa yg ingin disampaikan tapi kalau tidak dapat sampai atau kalaupun sampai tapi cuma sebagian, kan jadi tidak tercapai dengan baik misinya..

    Edison: thanks atas masukannya🙂.

    Utk iklan, sampai sekarang tidak terpikir ke arah sana (saya bahkan tidak tahu siapa yang mau pasang iklan di sini…hahaha).

    Utk gambar, boleh dikatakan blog ini sangat minim sekali. Saya sendiri kemungkinan besar tidak akan menaruh file gambar yg besar-besar, terlebih mengingat space yg disediakan oleh wordpress cukup terbatas.

    Utk video, kemungkinan besar tidak akan pernah🙂

  4. Halo Bos…Salam Kenal dari bali yah..

    Wah wah…sudah lama lahir website ini…kok malah baru hari ini saya tau ada tempat diskusi ttg Upaya melawan penyakit OL SCAM

    Saya juga sebetulnya pemain Bisnis OL…Malah saya juga berangkat dari Kekecewaan sebuah website Bisnis OL….
    Dimana saat itu, saya pertaruhkan nama baik saya pada teman teman OL untuk merekrut member di bisnis tersebut…

    Lalu ternyata tiba tiba website itu Bermasalah, Komisi di otak atik di dalam website itu sendiri. Yang seharusnya dapat komisi sekian…malah dapat setengahnya….
    Nah pastinya saya di cerca , wah,,pokoknya nggak bagus deh… Akhirnya Web tsb TUTUP.

    Tuk menebus kesalahan, saya buat website tandingan…dimana saya perbaiki kesalahan saya yang meskipun sebetulnya bukan salah saya…

    Respon bagus..Namun pegang Tanggung Jawab kepercayaan sangat Berat..Berat banget..

    Untuk itulah…Saya ancungkan ” JARI JEMPOL KANAN SAYA ” untuk Admin website http://www.JanganSerakah.com.

    Terus maju memerangi SCAM OL..

    Salam Sukses

    Wiwik Juniati
    Advertiser Ol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s