Ind Ver – Intelligent Investor: Kata Pengantar [1]

translated by Edison – posted by konobe

Ini adalah terjemahan bebas dari bab Introduction Intelligent Investor oleh Bung Edison yang pernah di posting di thread JS @kaskus. Semoga bisa jadi  bahan bacaan yang berguna🙂

PS: terjemahan ini akan saya bagi menjadi 2 bagian.

———————oOo———————-

THE INTELLIGENT INVESTOR (revised Edition)

KATA PENGANTAR

Tujuan dari buku ini adalah untuk memberikan bimbingan dalam mengadopsi dan melaksanakan kebijakan investasi. Buku ini hanya akan berbicara sedikit tentang teknik analisa sekuritas; Fokus dari buku ini adalah terutama kepada prinsip-prinsip investasi dan perilaku/sikap seorang investor.

Buku ini ditujukan kepada investor (dan bukan kepada spekulator) dan tugas pertama kita adalah untuk menjelaskan perbedaan di antara keduanya. Kami ingin menekankan bahwa ini bukanlah buku “bagaimana mendapatkan $1 juta”. Tidak ada jalan menuju kekayaan yg mudah dan pasti, baik di Wall Street maupun di mana saja. Sebagai pembuktian kalimat di atas, ada baiknya kita melihat sebuah contoh historis dari dunia finansial.

Pd tahun 1929, John J Raskob, seorang tokoh penting di Wall Street, menulis sebuah artikel berjudul “Semua Orang Bisa Kaya”. Teorinya adalah dengan investasi hanya $15/bulan di saham-saham terkemuka -dengan dividen diinvestasikan kembali- akan menghasilkan kekayaan sebesar $80.000, dalam waktu 20 tahun, dari total investasi hanya sebesar $3600.

Apakah teori ini benar?

Perhitungan kasar -berdasarkan atas asumsi investasi dalam 30 stock dalam Dow Jones Index- memberikan hasil bahwa jika kita mengikuti “resep” Raskob di atas dari tahun 1929-1948 (periode 20 thn dari setelah artikel ini ditulis), maka pada awal tahun 1949, portofolio itu akan bernilai sekitar $8500. Tentu saja ini jauh sekali dari $80.000 yg dijanjikan Raskob. Ini menunjukkan bagaimana kita tidak bisa berpegang kepada ramalan-ramalan dan jaminan yg optimistis seperti di atas.

Tetapi, sebagai catatan tambahan, kami juga ingin menyadarkan bahwa tingkat pengembalian dari operasi 20 tahun di atas, mencapai 8%/tahun compounded (bunga berbunga). Dan yg lebih hebatnya lagi adalah tingkat return ini dicapai dalam keadaan dimana ketika program investasi diatas dimulai, Dow Jones Index ada pada nilai 300, dan ketika program investasi ini berakhir, Dow Jones Index berada pada nilai 177. (Nikken: artinya Dow jones lebih rendah dari saat kita memulai. Kita masuk di 300, tetapi setelah 20 thn index ada di 177 alias lebih rendah…tetapi dgn “resep” ini tetap bisa dapat return 8%/thn -dgn perhitungan bunga-berbunga pula)

Hasil di atas bisa kita artikan sebagai suatu pembuktian keampuhan prinsip investasi berkala per bulan dalam saham-saham unggulan, baik di masa “senang” maupun “susah”, – suatu program yg kita kenal sebagai “Dollar Cost Averaging(Nikken: pernah saya singgung dalam satu posting saya)

———————oOo———————-

Karena buku ini tidak ditujukan kepada spekulator, maka buku ini tidak ditujukan utk orang orang yg “trading”. Kebanyakan orang-orang ini dipandu oleh chart atau juga metode mekanik/teknikal lainnya dalam menentukan waktu yg tepat untuk menjual/membeli. Satu prinsip yg berlaku kepada hampir semua “pendekatan teknikal” ini adalah kita harus membeli “KARENA” sebuah saham telah naik, dan kita harus menjual “KARENA” saham itu telah turun. Ini sangat terbalik dari prinsip bisnis yg benar dalam bidang bisnis apa saja, dan praktek di atas kecil kemungkinannya akan bisa memberikan sukses yg berkepanjangan di Wall Street. Dalam pengalaman kami pribadi dan juga berdasarkan pengamatan kami selama 50 tahun, kami belum pernah mengenal satu orangpun yg secara konsisten bisa menghasilkan uang dengan “mengikuti pasar”. Kami bahkan tidak ragu untuk mengatakan metode ini sama sekali tidak bisa dipakai karena tidak benar.

Rontoknya pasar saham pada tahun 69-70 telah membuktikan betapa salahnya sebuah ilusi dalam masyarakat, yaitu bahwa saham bisa dibeli kapan saja dan pada tingkat harga berapa saja, dengan jaminan keuntungan, dan bahkan jika ada penurunan harga pun, akan bisa ditutupi oleh naiknya pasar ke tingkat yg lebih tinggi. Ini tentu saja “terlalu bagus/indah untuk dipercaya“.

Di waktu lalu, kami telah membedakan antara dua tipe investor, – “Defensive/Pasif” dan “Enterprising/Aktif“. Tujuan utama Investor “Defensive” adalah menghindari kesalahan/kerugian yg serius. Tujuan tambahan/sampingan investor ini adalah kebebasan dari kerepotan dalam mengambil keputusan ttg investasi.

Sebuah ciri dasar seorang Investor “Enterprising” adalah kesediaannya untuk mencurahkan waktu dan pikiran untuk menseleksi sekuritas yg AMAN, dan JUGA lebih “atraktif”. Sebagai imbalan atas kerja keras dan waktunya ini, maka investor tipe ini bisa mengharapkan tingkat keuntungan yg lebih tinggi daripada investor “defensive”

bersambung ke bagian 2

5 Comments

Filed under Intelligent Investor

5 responses to “Ind Ver – Intelligent Investor: Kata Pengantar [1]

  1. apakah ada buku bagaimana mendapatkan 1 juta dollar? bila ada, mau dijual dengan harga berapa buku tsb?

  2. Gegey

    setuju, terlalu banyak buku “cara cepat menjadi kaya”, “bagaimana saya menghasilkan $10ribu tiap bulan”. masalahnya, masih banyak bahkan terlalu banyak dari kita yang percaya ada cara seperti itu. jadilah buku itu tetap laris manis.

  3. Untuk menjadi kaya saya rasa tetap berproses. Sama dalam hal berinvestasi harus disiplin (misal dengan metode DCA), sabar dan bersahabat dengan waktu. Don’t Worry Be Happy

  4. belajarmakeupgratis

    kemarin ikut acara investor gathering di BEI ttg fundamental anlisis pembicaranya membahas kalo pelaku pasar itu dibedakan antara investor dan trader. dimana investor itu dibedakan lagi antara growth investor dan value investor. kalau trader dibagi lagi antara momentum trader,swing trader, day trader, intraday trader dan scalper (copet) yang dilihat dari kecepatan mereka membeli dan menjual saham yang dimilikinya. tampaknya hal yg menarik nih utk dibahas sehingga makin jelas perbedaan antara investor dan spekulator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s